cara klaim asuransi mobil aca

Cara Klaim Asuransi Mobil Aca Mudah dan Tidak Ribet

Asuransi Central Asia atau yang lebih dikenal ACA adalah perusahaan asuransi kendaraan. Asuransi ini  menyediakan asuransi untuk kendaraan roda dua dan roda empat (motor dan mobil). Jika kendaraan mobil yang dimiliki mengalami kecelakaan maka bisa mengajukan klaim asuransi. Cara klaim asuransi mobil aca juga sangat mudah asalkan sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Sebelum mengklaim asuransi yang disediakan siapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan. Jadi, saat terjadi hal yang tidak diinginkan, maka akan lebih cepat mencairkan asuransinya. Jika belum paham mengenai cara klaim asuransi yang disediakan oleh Aca, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Hubungi Call Center

Untuk mengklaim asuransi kendaraan roda empat yang dimiliki hal pertama yang harus dilakukan adalah hubungi call center. Pengguna asuransi harus menghubungi call center lebih dulu untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan yang dimiliki. Tujuan menghubungi call center ini adalah agar pengguna bisa diarahkan lebih lanjut bagaimana proses pencairan asuransi yang diinginkan. Adukan hal-hal atau kerugian yang dialami oleh mobil yang dimiliki agar call center lebih mudah menanganinya dengan memberikan nomor pengaduan.

2. Nomor Pengaduan

Setelah selesai mengadukan keluhan kepada call center, maka call center akan memberikan nomor pengaduan. Segera hubungi nomor pengaduan yang telah diberikan oleh call center. Pada saat menghubungi nomor pengaduan maka pengguna akan diminta untuk melengkapi  dokumen untuk pengajuan klaim. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan klaim agar proses pencairan semakin cepat.

3. Lengkapi Syarat Pengajuan Klaim

Cara klaim asuransi mobil ACA yang selanjutnya adalah lengkapi syarat pengajuan untuk klaim. Ada tiga jenis kerusakan yang bisa di cover oleh asuransi ACA. Mulai dari kerusakan ringan, berat sampai kerusakan total. Untuk kerusakan ringan pengguna harus menyiapkan LKKB yang lengkap, Fotocopy SIM, STNK dan juga Fotocopy polis asuransi yang dimiliki.

Jika mobil yang dimiliki mengalami kerusakan ringan maka dokumen yang harus disiapkan adalah LKKB yang lengkap dan juga polis asuransi asli yang dimiliki. Namun, jika mobil mengalami kerusakan total atau rusak yang mencapai 75% maka pengguna harus menyiapkan berkas yang lebih banyak lagi. Mulai dari LKKB, Polis asuransi asli, Surat keterangan dari kepolisian setempat, Faktur, Bukti Pembayaran, STNK dan BPKB asli serta Fotocopy SIM.

4. Survei Dari Pihak ACA

Setelah pengguna yang ingin mengklaim asuransi kendaraan melengkapi dokumen, serahkan dokumen tersebut pada pihak ACA. Nantinya pihak asuransi ACA akan mengutus stafnya untuk melakukan survei pada kendaraan yang diajukan asuransinya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kejadian yang terjadi serta mendokumentasikan atau memverifikasi kerusakan pada kendaraan yang rusak.

Biasanya pihak ACA akan mengambil foto di bagian-bagian mobil yang mengalami kerusakan dan juga foto mobil secara keseluruhan. Dengan mengambil foto kendaran yang rusak inilah pihak asuransi akan melihat dan segera mengurus pengajuan klaim asuransinya.

5. Tunggu Keputusan

Jika semua tahapan untuk mengajukan klaim asuransi telah dilakukan, maka pengguna harus menunggu keputusan dari pihak ACA. Apakah klaim asuransi yang diajukan terpenuhi atau tidak serta berapa lama waktu yang akan dibutuhkan untuk melakukan proses pencairan asuransinya. Jangan khawatir tidak terpenuhi klaimnya, jika memang kendaraan mengalami kerusakan yang sesuai dengan prosedur ACA kemungkinan pihak ACA akan mencairkan klaimnya. Pengguna asuransi hanya tinggal menunggu keputusan seberapa lama waktu pencairannya.

Itulah cara klaim asuransi mobil ACA yang mudah dilakukan. Pastikan berkas atau dokumen untuk melakukan pengajuan klaim sudah dilengkapi agar tidak mengulur waktu lebih lama. Selain itu jangan sampai telat dalam melakukan pelaporan kerusakan. Biasanya tiap perusahaan asuransi memiliki batas waktu yang sudah ditentukan untuk melakukan klaim asuransi pada kendaraan.

Jadi bila kendaraan mengalami kerusakan sebaiknya segera siapkan berkas dokumen pengajuan dan laporkan pada pihak ACA. Semakin cepat pelaporan dilakukan, maka akan semakin cepat pihak ACA mengurus dan mencairkan klaim asuransinya.

yang di cari pengunjung asuransi mobil aca,klaim asuransi mobil,perpanjang asuransi mobil aca,tips klaim asuransi mobil
Baca Juga :  5 Cara Menjadi Agen Asuransi Untuk Mencapai Keuntungan Besar