cara mengetahui bank dari nomor rekening

Inilah Cara Mengetahui Bank Dari Nomor Rekening yang Mudah dan Cepat

Saat akan melakukan transaksi, nasabah dengan bank yang sama akan lebih mudah melakukan transaksi. Bank yang digunakan bisa diketahui dengan cara mengetahui bank dari nomor rekening nya. Untuk itu, mari ketahui bank yang digunakan dengan cara berikut:

1. Melihat Kode Bank di Nomor Rekening

Setiap nomor rekening sudah pasti memiliki kode bank di dalamnya. Dengan melihat kode bank ini, bisa diketahui nomor rekening tersebut diterbitkan oleh bank mana. 

Yang perlu dilakukan oleh nasabah adalah mencari daftar kode pada nomor rekening setiap bank. Setelahnya, cocokkan dengan kode yang ada di nomor rekening. Dari situlah, bank yang digunakan untuk nomor rekening yang dimiliki bisa diketahui.

2. Memperhatikan Jumlah Digit Nomor Rekening

Selain dari kode, bank yang digunakan juga bisa dilihat dari jumlah digit pada nomor rekening. Setiap bank menerapkan jumlah digit tertentu pada nomor rekeningnya. Jumlahnya berada pada kisaran 10 angka hingga paling banyak 15 angka.

Dengan mengetahui jumlah digit yang diterapkan oleh masing-masing bank, nasabah bisa mendapatkan perkiraan bank apakah yang digunakan pada nomor rekening tersebut. Setelahnya, akan lebih mudah untuk mencocokkan dengan kode bank atau hal lainnya.

3. Melakukan Pengecekan Saldo di ATM

Jika nasabah tidak tahu mengenai nomor rekeningnya, apa yang harus dilakukan? Beberapa nasabah hanya akan membawa kartu ATM nya tanpa membawa buku tabungan. Di kartu ATM sudah tentu tidak tertera nomor rekening yang dimiliki.

Namun tenang saja, cara mengetahui bank dari nomor rekening tetap bisa dilakukan dengan mengecek saldo. Saat melakukan pengecekan saldo, akan dimunculkan informasi berupa saldo rekening beserta nomor rekeningnya.

4. Melihat Resi Tarik Tunai

Selain melalui pengecekan saldo, solusi untuk nasabah yang hanya membawa kartu ATM saja adalah dengan melakukan tarik tunai. Tarik tunai bisa dilakukan di ATM mana saja yang terjangkau.

Ketika melakukan tarik tunai, jangan lupa untuk memilih opsi cetak resi. Dalam resi ini nantinya akan terlihat keterangan transaksi. Nominal transaksi, saldo, dan nomor rekening akan dimunculkan dalam resi ini.

5. Melihat Buku Tabungan

Cara yang paling pasti bisa banyak membantu adalah dengan melihat di buku tabungan nasabah. Saat membuat rekening tentu nasabah akan diberi buku tabungan dan kartu ATM untuk melengkapi kepemilikan rekening.

Pada buku tabungan, semua informasi rekening akan dimuat. Mulai dari nama nasabah, identitas, hingga bank yang meluncurkannya. Dari sini, nasabah akan bisa mengetahui nomor rekening dan bank apa yang digunakan.

6. Memanfaatkan Mobile Banking

Hampir semua bank kini sudah melengkapi pelayanannya dengan E-Banking, Mobile Banking, dan semacamnya. Platform seperti ini akan memudahkan nasabah untuk mendapatkan segala informasi tentang bank yang digunakan.

Jika memiliki akses ke platform ini, tentu mengecek bank yang digunakan oleh rekening akan dengan mudah bisa diketahui. Tinggal melakukan registrasi pada platform terpilih saja.

7. Melihat dari Rekening Koran

Yang terakhir adalah melalui rekening koran. Rekening koran adalah pelaporan informasi rekening dan transaksi yang bisa diminta ke bank. Pada rekening koran ini akan dimuat segala informasi tentang rekening yang digunakan oleh nasabah.

Caranya cukup mudah, tinggal minta aja rekening koran untuk rekening yang digunakan. Pada rekening koran ini akan dimuat semua informasi transaksi dan informasi rekening. Nantinya, dari informasi yang dimuat akan diketahui bank yang digunakan.

Itulah beberapa cara mengetahui bank dari nomor rekening yang bisa dilakukan oleh nasabah bank. Dengan begitu, bisa diketahui bank apa yang digunakan sebelum melakukan transaksi sehingga transaksi tidak terkena biaya tambahan untuk transaksi.

Baca Juga :  Asuransi Allianz Adalah? Ini Informasi Lengkapnya