cara klaim asuransi tokopedia

Berbagai Cara Klaim Asuransi Tokopedia yang Wajib Dipahami

Ketika melakukan belanja barang di marketplace seperti Tokopedia, yang menjadi perhatian adalah kemudahan klaim asuransinya. Seperti yang diketahui,  sebagai salah satu marketplace yang memiliki banyak pengguna, Tokopedia telah menyediakan cara klaim asuransi Tokopedia yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah terkait barang yang diperoleh dari belanja online di marketplace ini.

Tentu keberadaan fitur asuransi ini sangat penting adanya karena apapun bisa saja terjadi dalam dunia perdagangan online. Misalkan saja adanya barang hilang, rusak, tidak sesuai pesanan dan sebagainya. Nah, untuk memahami lebih jelas mengenai cara klaim asuransi khususnya di Tokopedia, maka akan dibahas lengkap di bawah ini:

1.  Memahami syarat dan ketentuan Asuransi Tokopedia

Hal pertama namun wajib diperhatikan dalam berbelanja online adalah memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberlakukan di marketplace, khususnya Tokopedia. Syarat dan ketentuan ini juga perlu untuk diperhatikan sebagai bagian dari cara klaim asuransi Tokopedia. Pastikan untuk selalu membaca dengan cermat S&K di awal, agar saat klaim asuransi tidak mengalami kendala.

2. Asuransi Barang Hilang di Pengiriman

Masalah yang mungkin saja terjadi adalah barang hilang saat pengiriman barang ke alamat pembeli. Cara klaim asuransi Tokopedia untuk kasus ini adalah dengan melaporkan pada pihak Tokopedia melalui fitur Resolusi. Pihak marketplace akan melakukan investigasi pengiriman barang dan pembeli biasanya diminta untuk mengisi data.

Jika barang yang dibeli benar-benar hilang dalam pengiriman biasanya akan diproses kurang dari 2 hari kerja. Selanjutnya, uang yang terlanjur dibayarkan untuk pembelian akan dikembalikan dalam bentuk saldo di akun Tokopedia pembeli.

3. Asuransi Barang Rusak Karena Pengiriman

Kasus kedua ini juga sering kali terjadi dalam pengiriman barang khususnya barang elektronik. Pembeli dalam hal ini bisa mengajukan komplain ke Tokopedia dan pihak Tokopedia akan melakukan investigasi terhadap dua hal. Pertama yakni investigasi kurir pengiriman, dan kedua investigasi ke penjual atau pelapak.

Banyak kasus barang rusak ini bisa dibicarakan dengan penjual melalui chat terlebih dahulu. Selanjutnya jika memang  tidak menemukan titik temu maka disarankan untuk komplain melalui fitur resolusi. Perlu untuk diingat, selalu menyiapkan video unboxing menjadi penting sebagai cara klaim asuransi tokopedia.

4. Fitur Retur Barang Gratis

Apabila barang yang terlanjur dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Maka dapat dilakukan return baik refund maupun tukar barang lain secara gratis. Pembeli dapat mengajukan hal ini melalui fitur resolusi yang tersedia.

Biasanya, hal ini seringkali dialami ketika pembeli mendapatkan barang yang kurang sesuai dengan keinginannya. Meski fitur ini bisa digunakan, maka sebaiknya memang selalu membaca deskripsi secara cermat. Kesalahan karena tidak membaca deskripsi dengan baik bisa berakibat klaim tidak diterima oleh Tokopedia.

5. Estimasi Waktu Klaim Tokopedia

Pertanyaan yang sering muncul adalah tentang estimasi waktu yang diperlukan oleh tokopedia dalam menangani klaim asuransi. Saat ini dari pihak asuransi memberikan jaminan untuk melakukan investigasi pengiriman hilang, kurang dari 1 x 24 jam setelah klaim diterima. Namun untuk keterlambatan pengiriman waktunya bervariasi mulai 3 hingga 7 hari kerja.

Adanya fitur asuransi di marketplace besar seperti Tokopedia membuat kepuasan konsumen lebih terjamin. Jika dulu, baya-bayang ketakutan berbelanja online sering menghantui maka kini hal tersebut sedikit teratasi dengan adanya asuransi. Demikianlah ulasan tentang cara klaim asuransi Tokopedia ini dan pastikan selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum berbelanja. Semoga bermanfaat!

yang di cari pengunjung cara klaim asuransi tokopedia,Pengalaman klaim asuransi Tokopedia
Baca Juga :  5 Perbedaan Asuransi dan Dana Pensiun yang Harus Diketahui