Tips memilih asuransi kesehatan

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Aman

Asuransi Kesehatan atau jaminan Kesehatan bisa jadi suatu tabungan yang sangat penting untuk dimiliki saat ini. Bertambahnya mobilitas dan kemungkinan penyakit membuat Kesehatan akan sangat terpengaruh. Sehingga perlu rasanya untuk memilih badan atau penjamin asuransi yang aman dan mampu menangani masalah Kesehatan yang dialami. Berikut ini akan membahas tips memilih asuransi kesehatan yang aman.

Bentuk asuransi Kesehatan bisa banyak dan beragam namun salah satu yang kita tau adalah asuransi Kesehatan milik pemerintah atau BPJS. BPJS akan menjamin Kesehatan pada taraf umum bagi masyarakat yang terdaftar. Namun sebenarnya masih banyak asuransi Kesehatan di luar BPJS yang juga bisa digunakan. Untuk memilih asuransi Kesehatan yang lebih baik, berikut sejumlah tip yang bisa di coba.

MENUJU TOPIK

1. Memahami Produk Asuransi

Tips memilih asuransi kesehatan yang pertama adalah mengenali produk asuransi yang diterima atau ditawarkan. Secara umum ada dua jenis produk asuransi yang biasa ditawarkan. Yang pertama ada Hospital Benefit, jenis ini akan memberi asuransi pada biaya yang dikeluarkan saat dirawat di rumah sakit.

kedua ada Hospital Cash Plan, asuransi ini hanya akan memberikan biaya yang sesuai dengan perjanjian awal. Sehingga jika ada biaya yang melebihi batas bisa jadi itu ditanggung oleh pasien sendiri. Kedua produk ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pilih mana yang paling sesuai dengan keadaan yang terjadi atau sering terjadi.

2. Memahami Fasilitas Kesehatan Serta Fasilitas Yang Mendukung Asuransi

Tidak semua fasilitas Kesehatan atau rumah sakit memiliki fasilitas yang sama dan ditanggung asuransi. Sejumlah penyelenggara asuransi biasanya akan bekerja sama dengan fasilitas Kesehatan atau rumah sakit tertentu, ini dilakukan sebagai mitra asuransi Kesehatan. sehingga ada baiknya sebelum menentukan pilihan Asuransi terlebih dahulu memahami fasilitas Kesehatan apa saja yang akan ditanggung. Agar sesuai dengan kebutuhan yang seharusnya.

3. Memilih Premi Yang Sesuai Dengan Kondisi Keuangan

Bagi beberapa orang pembayaran premi asuransi terasa sedikit memberatkan atau bahkan menjadi beban. Untuk mengangsur biaya asuransi, terdapat banyak asuransi dengan premi yang beragam. Agar tidak merasa terbebani dengan pengeluaran asuransi, lebih baik untuk mencari harga yang sesuai. Sehingga pembayaran Premi tidak dirasa cukup berat dan bisa lunas sesuai target.

4. Melihat Kepercayaan Atau Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Perusahaan Asuransi memiliki peran besar besar untuk menghimpun dana nasabah kemudian menyalurkan nya sesuai perjanjian. Oleh karena itu penting untuk mengechek Track Record dari perusahaan asuransi yang akan dituju. Jangan sampai dana yang sudah dikumpulkan untuk keperluan Kesehatan jatuh ke pihak yang salah. Berhati-hati di awal saat mulai memilih perusahaan asuransi sangatlah penting.

5. Perhatikan Sistem Klaim Yang digunakan

Sebenarnya ada dua acara umum dalam klaim asuransi, namun yang cukup umum membuat orang merasa ditipu adalah sistem Reimbursement. Sistem ini mengharuskan nasabah membayar dulu biaya kesehatannya kemudian baru bisa klaim asuransi dengan bukti pembayaran sebelum nya. Banyak orang yang mengira bahwa asuransi akan langsung mengcover dana sejak awal.

kemudian untuk sistem lainnya adalah sistem Cashless, dimana pasien akan membayar biaya rumah sakit menggunakan kartu asuransi khusus. Sistem ini terkesan lebih praktis dengan penggunaan kartu yang mirip kartu ATM. Inti nya kedua sistem ini merupakan cara klaim asuransi yang sangat berbeda, dan Kembali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan masing-masing.

Nah itulah sejumlah tips memilih asuransi kesehatan yang aman. Kembali lagi dalam penentuan pilihan akan lebih baik jika menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan. Berbagai macam asuransi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi pilih mana yang paling sesuai.