Cara Membatalkan Asuransi BCA Life

Cara Membatalkan Asuransi BCA Life

Asuransi adalah cara lain untuk menabung harta guna kebutuhan mendadak di masa depan. Bahkan, hingga saat ini telah banyak perusahaan terkait jasa tersebut yang berdiri seperti prudential, BCA dan lain sebagainya. Namun, bagaimana jika terlanjur daftar namun ingin berhenti? Untuk itu artikel berikut akan mengulas cara membatalkan asuransi BCA life.

Mengapa Menutup Polis Asuransi?

Bagi sebagian orang, mungkin asuransi tidak selalu membantu. Terlebih yang memiliki keuangan tidak stabil. Sebab, konsep asuransi sendiri adalah menabung uang untuk bisa digunakan beberapa tahun setelahnya sesuai kontrak yang disepakati bersama.

Jadi, sudah pasti asuransi ini tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Kemudian entah karena alasan tersebut maupun hal lainnya yang mendesak, banyak orang pada akhirnya memutuskan untuk membatalkan asuransi.

Bisa jadi karena apa yang diasuransikan tidak sesuai dengan kebutuhan, terlalu banyak tanggungan sehingga kewalahan sendiri setiap bulannya. Bahkan tak jarang sebagian orang justru merasa rugi tatkala mengikuti asuransi.

Cara Membatalkan Asuransi BCA Life

BCA Life adalah salah satu asuransi jiwa yang disediakan oleh instansi tersebut. namun, terkadang banyak hal yang menjadi pertimbangan sehingga orang-orang tidak jadi mengikutinya. Untuk itu, jika benar-benar telah memiliki keputusan bulat, maka berikut ini cara membatalkan asuransi BCA life:

1. Tanyakan Apa Saja Syaratnya

Sebelum melakukan pembatalan asuransi, pemohon akan dimintai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya yaitu, berkas yang diajukan harus benar dan jujur dengan melampirkan polis asli dan jika hilang, maka wajib meminta surat keterangan dari kepolisian yang ditandatangani di atas materai. Kemudian identitas pribadi pemohon.

2. Menyiapkan Berkas

Hal utama sebelum menghubungi pihak asuransi BCA Life adalah dengan menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan. Diantaranya yaitu nomor polis, identitas pemilik asuransi seperti KTP, paspor dan sejenisnya. Kemudian mereka juga memerlukan lampiran keterangan atau alasan berhenti dan juga nomor rekening untuk pengambilan premi.

3. Hubungi pihak terkait

Langkah selanjutnya yaitu dengan menghubungi langsung pihak BCA apabila asuransi ini terhubung dengan mereka. Memang untuk BCA Life harus mengarah ke sini terlebih dahulu sehingga pihak bank dapat melanjutkan prosesnya.

Setelah itu baru mengajukan permohonan kepada AIA sehingga bisa segera diproses. Namun, sebelum itu, pemohon akan diberikan formulir pembatalan. Untuk itu, isikan dengan sebenar-benarnya supaya bisa diterima.

4. Mengosongkan Saldo

Mengosongkan saldo ini merupakan jalan terakhir apabila ketika melakukan pengajuan pembatalan prosesnya terlalu ribet dan dipersulit. Sebab, tak semua perusahaan akan terima begitu saja apabila kliennya ingin berhenti.

Apabila pemohon memilih untuk mengosongkan rekening yang menjadi rujukan iuran dana asuransi, maka secara otomatis di bulan-bulan berikutnya tidak akan terbayar. Sehingga pihak asuransi akan menghubungi dan menanyakan kelanjutan dari asuransi tersebut.

5. Menutup Rekening

Menutup rekening adalah cara lanjutan dari mengosongkan saldo. Setelah hal tersebut dilakukan, maka pemohon dapat mengajukan penutupan kepada BCA. Namun, jika ternyata pihak bank bekerja sama dengan perusahaan asuransi, maka pemohon bisa langsung mengatakan jika tidak ingin melanjutkannya.

6. Ada Biaya Administrasi

Saat pemohon mengajukan pembatalan asuransi BCA life, maka akan dikenakan biaya asuransi oleh perusahaan. Hal tersebut digunakan untuk mengganti ganti rugi yang mereka rasakan.

Biaya tersebut berupa administrasi pembatalan polis dan pemeriksaan kesehatan apabila ada atau pernah melakukannya. Kemudian, pemohon juga akan dikenakan biaya administrasi bank dan pengiriman dana atau transfer.

Memang ada berbagai alasan yang mendasari sehingga para pemilik asuransi memiliki tekad bulat untuk membatalkannya. Namun, supaya tetap memiliki dana simpanan usahkan telah terdaftar BPJS maupun menabung secara mandiri.

 

Baca Juga :  Mengenal BPJS Kesehatan dan Cara Mendaftar BPJS Kesehatan
yang di cari pengunjung asuransi mobil bca,pengajuan pembatalan asuransi bca