Asuransi kebakaran adalah

Asuransi Kebakaran Adalah? Temukan Jawabannya di Sini

Berbagai jenis asuransi bisa dirasakan dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Asuransi kebakaran adalah salah satu dari beragam jenis asuransi tersebut. Kebakaran bisa terjadi dimana saja tanpa memandang kondisi dan lingkungan. Perlu adanya pencegahan dini agar tidak terjadi hal seperti ini.

Pencegahan sangat penting dilakukan karena kebakaran bisa menimbulkan berbagai kerugian. Salah satunya adalah kerugian finansial. Asuransi kebakaran bisa menanggulangi risiko kerugian yang mungkin akan terjadi.

Pengertian Asuransi Kebakaran

Secara umum, asuransi kebakaran adalah sebuah produk yang memberikan jaminan finansial untuk bangunan, harta, atau benda yang terdampak kebakaran. Tentunya semua objek tersebut harus sudah terdaftar dalam perusahaan asuransi. Kebakaran adalah salah satu bencana yang sulit dikendalikan dan sangat merugikan. Maka, perlu adanya asuransi yang bisa meminimalisir kerugian itu.

Kriteria yang harus dipenuhi agar bisa membeli salah satu produk asuransi kebakaran tidak terlalu rumit. Rumah yang akan didaftarkan harus terbuat dari beton baja dan maksimal dua lantai. Hal ini disebabkan kebakaran di area perumahan sering sekali terjadi. Rumah juga harus berpenghuni, tapi bukan sedang disewakan.

Jenis-jenis Polis Asuransi Kebakaran

Jenis polis asuransi kebakaran juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Polis dasar asuransi kebakaran adalah jenis pertama, dan masih terbagi menjadi asuransi kebakaran industri dan non-industri. Sudah jelas jika asuransi kebakaran industri menanggung kerusakan pada bidang industri. Sedangkan non-industri, seperti kerusakan yang terjadi pada rumah tinggal.

Jenis lainnya adalah polis dengan pemulihan nilai, yaitu mengganti kerugian dengan lokasi dan tipe harta benda yang sama. Polis tanpa pemulihan nilai adalah kebalikannya, kerugian yang ditanggung adalah nilai harga pembelian dikurangi penyusutan. Polis mengambang berbeda lagi, hanya menanggung barang di beberapa lokasi saja.

Pentingnya Asuransi Kebakaran dan yang Membutuhkan

Asuransi kebakaran memberi banyak manfaat bahkan dengan premi yang terjangkau. Bayangkan saja jika rumah dilalap jago merah, dan belum sempat menyelamatkan harta benda. Kesialan tidak berhenti ketika sadar sudah tidak memiliki tempat tinggal. Asuransi kebakaran menjamin tidak ada kebingungan akan tempat tinggal, karena akan disediakan sementara oleh pihak asuransi.

Tentu saja semua kalangan perlu asuransi kebakaran, baik orang pribadi maupun perusahaan. Terlebih lagi jika tinggal di area perumahan atau pemukiman padat penduduk. Perusahaan juga perlu mengasuransikan bangunan dan harta bendanya. Karena asuransi kebakaran juga akan menanggung biaya tambahan untuk pembayaran gaji karyawan.

Perlindungan yang Diberikan dan yang Tidak

Tidak perlu khawatir, karena asuransi kebakaran adalah asuransi yang memberi banyak perlindungan. Kebakaran yang disebabkan oleh petir, halilintar, hingga kejatuhan pesawat terbang masuk dalam jaminan. Ditambah jika kerusakan disebabkan oleh kerusuhan, terorisme, gempa bumi, tsunami, dan meletusnya gunung api.

Kerusakan karena luapan air sungai atau laut juga tidak luput dari asuransi. Sedangkan risiko yang tidak dijamin juga ada, seperti kebakaran yang disengaja. Terjadinya perang sipil yang menyebabkan kerusakan juga tidak dijamin oleh asuransi kebakaran.

Asuransi Kebakaran Menanggung Beberapa Hal

Biaya akomodasi untuk sementara akan ditanggung oleh asuransi kebakaran, jadi tidak perlu pusing tentang tempat tinggal. Kerusakan harta benda tentu menjadi tanggungan asuransi kebakaran, asal tidak dikecualikan dalam polis asuransi. Saat terjadi kematian, juga akan mendapat ganti rugi untuk jaminan isi rumah.

Asisten Rumah Tangga juga akan mendapat jaminan jika mengalami kerusakan pada harta. Tanggung jawab hukum pribadi tidak dikecualikan oleh pihak asuransi kebakaran. Semua bisa didapat dengan ketentuan yang telah disepakati dengan perusahaan asuransi.

Sesuai penjelasan tersebut, asuransi kebakaran adalah salah satu asuransi yang sangat penting. Tentu semua orang tidak mengharapkan mengalami sebuah musibah, tapi tidak ada salahnya jika memiliki jaminan terlebih dahulu. Pastikan memahami penawaran polis dengan seksama agar mendapat perlindungan sesuai kebutuhan. Jangan sampai lengah dan merasa kurang maksimal dalam penggunaannya.

Baca Juga :  Jenis Jenis Asuransi dan Contohnya yang Ada di Indonesia