Jenis Jenis Asuransi dan Contohnya yang Ada di Indonesia

Jenis Jenis Asuransi dan Contohnya yang Ada di Indonesia

Asuransi merupakan kesepakatan antara perusahaan asuransi dan pengguna asuransi atau nasabah mengenai suatu perlindungan finansial. Di Indonesia asuransi ada beragam jenisnya. Biasanya asuransi akan digunakan oleh orang yang merasa memiliki risiko yang besar di bidang tertentu. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai jenis jenis asuransi dan contohnya yang ada di Indonesia, sehingga bisa memilih sesuai kebutuhan.

1. Asuransi Kesehatan

Yang pertama ialah asuransi kesehatan. Asuransi ini merupakan asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Orang yang menggunakan asuransi ini mulai dari masyarakat umum hingga para pekerja. 

Asuransi kesehatan akan memberikan jaminan dan ganti rugi untuk sakit, terluka, dan kematian. Contoh perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan ialah Allianz, AXA, dan Manulife.

2. Asuransi Jiwa

Yang kedua adalah asuransi jiwa. Ini merupakan asuransi yang sangat penting bagi kepala keluarga atau yang menjadi penanggung jawab keluarganya. Asuransi jiwa sangat berguna saat penanggung jawab keluarga meninggal dunia. 

Maka asuransi jiwa dapat dicairkan untuk menutupi biaya kehidupan yang tidak dapat diberikan lagi oleh penanggung jawab keluarga. Asuransi jiwa juga dapat digunakan saat seseorang sudah tidak dapat mencari nafkah lagi. 

Contoh perusahaan asuransi jiwa adalah Prudential, Allianz Life, dan CIGNA. Dengan menggunakan asuransi jiwa maka hidup akan menjadi lebih tenang.

3. Asuransi Pendidikan

Yang ketiga adalah asuransi pendidikan. Asuransi ini menjadi penjamin pendidikan anak di dalam sebuah keluarga. Semakin banyak orangtua yang berminat menggunakan asuransi pendidikan ini. 

Asuransi pendidikan dapat dibuat bahkan sebelum anak tersebut masuk ke dunia pendidikan. Contoh asuransi pendidikan yang ada di Indonesia ialah asuransi pendidikan BRI Life, asuransi pendidikan Manulife, dan asuransi pendidikan BCA.

4. Asuransi Properti

Jenis asuransi yang keempat adalah asuransi properti. Asuransi yang satu ini ditujukan untuk menjamin properti seperti rumah dan aset dalam kehidupan. Nantinya asuransi ini akan berguna ketika properti yang digunakan hilang atau rusak. 

Rumah kebakaran hingga pencurian dapat ditanggung oleh asuransi properti ini. Contoh perusahaan asuransi properti di Indonesia ialah AXA Mandiri, PAR BCA, dan AIG Insurance Indonesia.

5. Asuransi Bisnis

Jenis asuransi yang kelima ialah asuransi bisnis. Asuransi ini dapat digunakan oleh semua pelaku bisnis atau usaha. Mulai dari bisnis mikro hingga bisnis korporasi multinasional. 

Perlindungan akan diberikan untuk aset bisnis seperti alat-alat kerja, karyawan, dan semua aset yang ada di dalam bisnis tersebut. Contoh perusahaan asuransi bisnis ialah AXA Mandiri, Allianz, dan Cigna.

6. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi yang keenam adalah asuransi kendaraan. Jaman sekarang banyak pemilik kendaraan yang mengasuransikan kendaraannya. Kendaraan yang rusak hingga hilang dicuri dapat ditanggung atau dijamin oleh asuransi ini. 

Sehingga para pemilik kendaraan akan semakin merasa aman dengan adanya asuransi ini. Contoh perusahaan asuransi kendaraan ialah Jasa Raharja Putera, Asuransi Mobil Sinarmas, dan Asuransi Garda Oto.

7. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi yang ketujuh ialah asuransi perjalanan. Asuransi yang satu ini sangat cocok untuk seseorang yang menyukai hobi traveling. Manfaat yang didapatkan adalah ketika ada musibah kecil seperti kehilangan tas atau barang saat perjalanan tersebut. Itulah kegunaan asuransi perjalanan. Contoh asuransi perusahaan perjalanan ialah ACA, AXA Mandiri, dan asuransi perjalanan Chubb.

Itulah tadi jenis jenis asuransi dan contohnya yang ada di Indonesia. Asuransi ini sangat bermanfaat untuk kehidupan. Karena dapat menjamin jika terjadi suatu musibah atau kecelakaan yang tiba-tiba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk mengetahui jenis jenis asuransi dan contohnya.

 

Baca Juga :  Beberapa Tips Investasi Rumah Kontrakan Bagi Pemula