cara bayar first media lewat m banking bca

Cara Bayar First Media Lewat M Banking BCA dan Mengatasi Gagal Bayar

Saat ini membayar First Media bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari ATM, e-wallet, hingga Indomaret. Namun paling mudah adalah cara bayar First Media lewat m banking BCA, karena tidak perlu repot ke luar rumah.

Hanya dengan smartphone, kini bayar tagihan First Media pun jadi lebih praktis dengan beberapa kali klik layar ponsel. Untuk pelanggan yang mungkin belum mengetahui cara pembayaran dan mengatasi gagal bayar, simak selengkapnya sebagai berikut:

Biaya Admin dan Denda Pembayaran

Untuk setiap transaksi semacam ini biasanya pelanggan akan dikenakan tambahan biaya berupa administrasi, sama halnya ketika transfer antar bank. Adapun biaya administrasi yang ditanggung oleh pelanggan adalah Rp3.500, tetapi biaya bisa berubah sewaktu-waktu sesuai regulasi. 

Sebaiknya jangan sampai melakukan penundaan atau lupa melakukan pembayaran karena pelanggan akan dikenakan denda sebesar Rp30.000 tiap bulan. Denda yang dikenakan dari First Media tersebut akan otomatis diakumulasikan pada tagihan di bulan berikutnya.

Cara Membayar dari M Banking BCA

Siapkan nomor pelanggan First Media, biasanya tercantum di aplikasi My First Media atau di email yang digunakan pendaftaran. Pastikan pula bahwa saldo yang tersisa di rekening masih mencukupi untuk membayar tagihan beserta biaya admin.

Untuk dapat melakukan pembayaran, harus menunggu pada tanggal tertentu dan mungkin bisa berbeda pada setiap pelanggan. Ada yang disesuaikan dengan tanggal pemasangan, tetapi ada pula yang bisa mulai membayar pada rentang tanggal 1-10 tiap bulan.

Sebelum menerapkan cara bayar First Media lewat m banking BCA, pengguna perlu memasang aplikasi BCA mobile di ponsel. Lalu melakukan tahap aktivasi BCA mobile dengan mengisikan nomor kartu, masa berlaku, dan digit di belakang kartu.

Bagi pelanggan yang ingin tahu langkah pembayaran yang bisa ditempuh melalui m banking BCA dapat menyimak uraian di bawah ini:

  • Pada aplikasi BCA mobile, login ke menu m-BCA.
  • Pilih m-Payment, cari opsi Lainnya.
  • Nama Perusahaan pilih FIRSTMED.
  • Isikan No. Pelanggan, tekan OK, lalu Send.
  • Muncul notifikasi jumlah tagihan, klik OK.
  • Masukkan PIN m-BCA, lalu OK.

Pelanggan bisa melakukan screenshot pada notifikasi transaksi pembayaran yang telah berhasil, tetapi tidak perlu khawatir bila terlanjur lupa. Kelak saat sewaktu-waktu membutuhkan bukti pembayaran, bisa cek kembali pada inbox yang ada di menu m-Payment.

Kendala dan Cara Mengatasi Gagal Bayar

Ada kalanya melakukan proses pembayaran melalui mobile banking akan mengalami kendala yang disebabkan oleh hal tertentu. Beberapa kendala mungkin bisa timbul dari faktor perangkat pengguna, jaringan internet, sistem bank, hingga sistem First Media, misalnya:

  • Aplikasi mobile banking belum update. Coba lakukan update aplikasi BCA mobile ke versi terbaru. Ada kalanya setelah proses update aplikasi, mengharuskan seseorang melakukan tahap aktivasi ulang sebelum bisa bertransaksi kembali.
  • Ada kesalahan pada nomor pelanggan. Bagi pelanggan baru mungkin ada yang mengalami nomor pelanggan tidak ditemukan, hal ini bisa karena kesalahan nomor atau nomor belum masuk di sistem. Silakan laporkan ke petugas atau hubungi call center First Media (1500595).
  • Maintenance pada sistem mobile banking BCA atau First Media. Tidak ada salahnya menghubungi call center BCA (1500888) atau First Media tergantung jenis masalah yang dihadapi. Bila ternyata ada maintenance pada sistem, biasanya pelanggan akan diminta menunggu selama beberapa waktu untuk kemudian bisa bertransaksi kembali.

Demikian tentang cara bayar First Media lewat m banking BCA serta mengatasi kendala pembayaran yang mungkin terjadi. Kelak pelanggan bisa melakukan pembayaran dari mobile banking dan mampu menemukan solusi bila terjadi permasalahan dengan cara praktis.

Baca Juga :  Cara Membatalkan Asuransi BCA Life