Macam-Macam posisi di Bank

Macam-Macam Posisi Di Bank Yang Banyak Jadi Incaran Orang

Banyak orang yang menginginkan kerja di Bank karena tampak keren dan menawarkan gaji yang cukup besar. Apalagi macam-macam posisi di Bank menawarkan jenjang karir yang jelas untuk bisa naik jabatan.

Bekerja di Bank juga biasanya tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu. Justru kebanyakan lowongan kerja di Bank menawarkan posisi untuk lulusan dari berbagai jenis disiplin ilmu.

Kemampuan teknis yang dibutuhkan oleh Bank bisa dipelajari secara umum dan soft skill yang sesuai. Dengan begitu Anda bisa bersaing dengan pegawai lain untuk mendapatkan posisi di Bank.

6 Posisi di Bank Yang Banyak Jadi Incaran Orang

Tertarik untuk bekerja di sektor perbankan? Maka cari tahu terlebih dahulu macam-macam posisi di Bank sesuai minat dan keahlian Anda.


1. Teller

Posisi teller mungkin menjadi posisi yang mudah dikenali karena bertugas di bagian counter. Tugas utamanya melayani nasabah atau calon nasabah yang hendak melakukan berbagai transaksi seperti penarikan uang, setor, transfer atau yang lainnya.

Baca Juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Bank Dijamin Lolos

Lebih jelasnya, teller itu bertanggungjawab untuk melakukan serangkaian transaksi seperti menerima simpanan atau mencairkan cek. Kemudian melakukan tanda tangan pengesahan kasir untuk satu dokumen transaksi yang dibutuhkan. BACA SELENGKAPNYA tips menjadi Teller Bank

2. Customer Service

Karyawan yang bekerja di bagian depan juga salah satunya adalah Customer Service. Fungsi utamanya sebagai resepsionis atau penerima tamu atau melayani aplikasi yang diajukan nasabah.

Selain itu juga dalam hal menerima keluhan nasabah, customer service diharapkan bisa menjadi pendengar yang baik sekaligus memberikan solusi dari masalah yang dihadapi nasabah. Dengan demikian, bank terkesan memberikan layanan prima terhadap nasabahnya.

3. Account Officer

Dari macam-macam posisi di Bank, posisi yang satu ini sebenarnya bisa dibilang berperan sebagai sales dan marketing. Orang tersebut menjalankan fungsi penjualan dan pemasaran untuk berbagai produk perbankan.

Baca Juga :  Syarat Kerja di Bank yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mendapatkan nasabah yang akan menggunakan produknya, account officer juga perlu melakukan analisa pemberian kredit bagi calon debitur. Tak lupa juga bertugas memantau kelancaran pembayaran debitur setiap bulannya.

Account officer juga dituntut untuk menjaga hubungan baik antara bank dengan nasabah. Sisi positifnya, dari posisi ini Anda bisa memiliki jaringan kenalan yang lebih luas.

4. Sales Officer

Hampir mirip dengan account officer yang berkaitan dengan jenis produk perbankan yang ditawarkan. Namun tugas seorang sales officer bank hanya pada sampai mencari nasabah, tidak memiliki tanggung jawab untuk menganalisanya.

Tentu saja posisi ini membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik agar bisa closing ketika menawarkan produk Bank ke nasabah.

5. Analis Kredit

Seorang analis kredit memiliki tanggungjawab untuk mengumpulkan data dan menganalisa keuangannya. Baik itu dari kebiasaan membayar, tabungan, pendapatan hingga aktivitas pembelian.

Baca Juga :  Kenalan Dengan Jabatan Back Office Bank

Data yang terkumpul menjadi acuan analis kredit untuk melakukan evaluasi dan menentukan tindakan yang tepat bagi nasabah bank. Contohnya pengguna kartu kredit yang pernah atau sering gagal melunasi tagihan, maka analis kredit bisa merekomendasikan pengurangan limit kreditnya bahkan penutupan kartu.

6. Staf Administrasi

Dari posisinya saja sebagai administrasi, maka tugasnya pun berkaitan dengan kegiatan mencatat, mendukung dan menyimpan berbagai data perusahaan.

Seorang administrasi Bank memiliki tugas seperti memasukkan data, rekapitulasi data, dokumentasi, mengelola kas kecil dank as besar. Dengan demikian data keuangan bisa diperoleh dengan mudah karena laporan keuangannya tersusun dengan baik.

Salah satu dari macam-macam posisi di Bank ini mengharuskan Anda untuk memahami program komputer seperti Microsoft Office. Terutama Microsoft Excel lengkap dengan rumus-rumusnya yang sering digunakan ketika menyajikan laporan keuangan.

Itulah macam-macam posisi di Bank yang mungkin menarik minat Anda untuk mencobanya. Siapkan lamaran dan segera ajukan posisi mana yang sedang membutuhkan pegawai.