magang di bank indonesia

Cara Magang di Bank Indonesia Paling Tepat

Menempuh pendidikan sarjana memang bukan persoalan yang mudah dan semua orang bisa melakukannya. Selain harus memenuhi semua target sks, mahasiswa pun harus melakukan magang sebelum lanjut ke skripsi. Salah satu yang sering dipertanyakan oleh kebanyakan mahasiswa ialah tips magang di Bank Indonesia.

Pasanya bank ini menjadi lembaga keuangan yang terbesar, sehingga pasti akan mendatangkan keuntungan bagi para mahasiswa yang berhasil magang disana. Meskipun hanya sebuah magang, namun ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Berikut ini penjelasan secara lengkap dan terperinci.

Ikuti Langkah Ini Jika Ingin Magang di Bank Indonesia

1. Mempersiapkan proposal magang atau PKL

Sebelum melakukan magang di Bank Indonesia, hal pertama yang harus Anda penuhi adalah mempersiapkan proposal PKL atau magang. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatika disini, seperti tujuan (latar belakang ingin magang disana, input dan output yang ingin dilakukan).

Baca Juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Bank Dijamin Lolos

Disamping itu jangan lupa untuk memastikan berkas-berkasnya lengkap. Adapun beberapa berkas tersebut seperti :


  • Map
  • Foto berwarna dengan ukuran 4 x 6
  • Surat pernyataan
  • KHS atau Kartu Hasil Studi semester lau
  • CV (Curiculum Vitae) atau data pribadi
  • Surat pengantar fakultas.

Usahakan untuk semua berkas tersebut tidak ada yang hasil copy paste atau salah input. Pasanya semua proposal akan dibaca secara terpercinci, dan dijadikan acuan untuk penempatan posisi. Usahakan pula untuk membuat CV yang menarik, dan sebagus mungkin.

2. Tanamkan sikap disiplin, mematuhi semua aturan, dan tidak terlambat

Setelah pengajuan magang di Bank Indonesia dan diterima, biasanya Anda akan mendapatkan panggilan via telpon untuk mendatangi lagi kantor BI pada hari jam kerja dengan pakaian yang sopan serta rapi. Yakni memakai atasan putih, bawahan hitam, dan berheals jika cewek pantofel untuk cowok.

Baca Juga :  Tips Menjadi Teller Bank, Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melamar di Bank

Saat inilah Anda harus menunjukkan perfoma saat mulai memasuki kantor. Utamakan attitude, karena itu akan menambah poin plus di mata pihak bank. Ketika dipanggil, Anda biasanya akan langsung diberitahukan pada bagian mana diposisikan serta langsung menjalankan tugas.

3. Selalu berusaha menjadi yang terbaik

Meskipun Anda saat itu hanya sedang magang di Bank Indonesia namun selalu berusahalan untuk menjadi yang terbaik. Pasalnya setelah keluar dari kantor tersebut akan ada banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh. Jadi jangan sampai sia-siakan kesempatan emas tersebut.

Kalau memang tidak mengerti, tetap usahakan tanya kepada pegawai yang sudah ahli di bidangnya. Namun jangan sampai terihat norak karena itu bisa membuat Anda dinilai kurang profesional. Akan lebih baik jika sebelum Anda mendapatkan panggilan, belajarlah dengan baik.

Keuntungan Anda Magang di BI

Meskipun nanti tidak diterima, namun setidaknya Anda juga mendapatkan ilmu dari proses belajar yang dilakukan. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat magang di BI seperti berikut ini :

  • Memperoleh uang saku dari pihak bank
  • Jaringan pengalaman akan lebih luas
  • Melatih diri untuk bekerja di bawah tekanan
  • Mengerti tata cara beker di kantoran
  • Belajar beretika baik saat menjalin hubungan denga rekan kerja.
  • Bisa belajar banyak tentang perbankan, dan jika beruntung Anda dapat menjadi pegawai di BI.
Baca Juga :  4 Tips Interview Lolos Kerja di Bank Bagi Fresh Graduate

3 tips untuk magang di Bank Indonesia harus Anda coba. Sebenarnya bukan hanya saat ingin magang di Bank Indonesia saja, namun Anda dapat mengaplikasikannya ketika mengajukan di kantor lainnya.