Ketahui Begini Syarat Pembuatan ATM BNI!

Ketahui Begini Syarat Pembuatan ATM BNI!

Apa saja yang harus dipenuhi sebagai syarat pembuatan ATM BNI memang harus diketahui para calon nasabahnya. Hal ini dikarenakan memang setiap Bank di Indonesia memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing meskipun ada beberapa poin yang serupa. 

Namun tidak ada salahnya jika pengguna harus mencari informasi terlebih dahulu untuk mempermudah proses pembuatan ATM di kantor Bank. Untuk itu berikut akan diberikan beberapa persyaratan dalam membuka sebuah akun BNI yang harus diketahui:

1. Merupakan Warga Negara Indonesia

Bernama Bank Negara Indonesia, sudah pasti nasabah yang ada di dalamnya dikhususkan untuk warga negara Indonesia saja. Sehingga segala bentuk transaksi di dalamnya akan selalu mudah dengan menggunakan rupiah sebagai mata uang yang digunakan.

Dalam hal ini, warga negara Indonesia yang memutuskan untuk membuat ATM BNI tentu saja tidak sembarangan. Melainkan warga negara dengan yang sudah berusia 17 tahun atau wajib datang bersama dengan pendamping untuk usia di bawahnya. 

2. Memiliki Kartu Identitas

Syarat pembuatan ATM BNI berikutnya adalah dengan memiliki kartu identitas seperti KTP, SIM, atau Paspor. Hal ini digunakan sebagai pembuktian jika data yang diinput pada sistem adalah benar dan tidak ada suatu tindakan kebohongan data. 

Kartu identitas ini nantinya akan dibawa saat pengajuan pendaftaran pada cabang terdekat dengan membawa tanda fisiknya dan memberikannya. Pastikan juga jika pengguna membawa cadangan berupa fotocopy atau scan fisik dari beberapa dokumen penting tersebut. 

3. Mengisi Formulir Pendaftaran

Ini menjadi syarat yang sangat umum harus dilakukan ketika pengguna pertama kali masuk dalam kantor cabang terdekat. Biasanya security langsung mengarahkan calon nasabah untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan keperluan seperti membuka ATM misalnya. 

Dengan begitu nantinya calon nasabah akan diminta untuk mengisi data yang akan diinput dengan sistem secara benar dan teliti. Nantinya formulir tersebut yang akan diserahkan kepada admin dengan melampirkan beberapa dokumen penting yang diminta. 

4. Memberikan Setoran Awal

Dalam peraturan pembukaan ATM maka ada yang dinamakan dalam pemberian setoran awal dengan nominal yang beragam. Seperti BNI misalnya yang memiliki banyak kelas dan jenis ATM yang bisa diikuti dengan setoran awal yang berbeda.

Setoran awal ini tidak serta merta diambil alih oleh pihak Bank, namun akan langsung masuk dalam rekening pengguna. Berikut adalah beberapa jenis setoran awal yang dibedakan melalui kelasnya pada ATM BNI:

  • BNI Taplus dengan setoran awal 500 ribu untuk wilayah JABODETABEK dan sebesar 250 ribu untuk wilayah di luar tersebut. 
  • BNI Simpanan Pelajar sejumlah 5 ribu. 
  • BNI Taplus Muda dengan sejumlah 50 ribu.
  • BNI Haji memiliki setoran awal 100 ribu. 
  • BNI Taplus Bisnis yang memiliki setoran awal sejumlah 1 juta. 

5. Membawa Surat Kuasa Jika Mewakilkan

Jika calon nasabah memang sedang benar-benar dalam keadaan berhalangan hadir, maka BNI memberikan keringanan untuk dapat diwakilkan. Pihak Bank akan meminta yang mewakilkan untuk memberikan surat kuasa dengan tanda tangan langsung dari yang diwakilkan tersebut. 

Surat kuasa tersebut berisikan jika yang mewakilkan memang benar-benar ditunjuk sebagai seseorang yang menggantikan dirinya untuk hadir. Hal ini dilakukan agar tidak ada penyalahgunaan data oleh siapapun sehingga Bank tidak ingin mengambil resiko terlalu jauh. 

Demikian penjelasan terkait apa saja sebenarnya syarat pembuatan ATM BNI yang harus diketahui dan dipenuhi oleh para nasabahnya. Pastikan juga untuk beberapa dokumen penting agar membawanya dan tidak tertinggal di rumah saat proses pembuatan berlangsung. 

Baca Juga :  Inilah Jenis Tabungan dan Persyaratan Membuat Rekening Mandiri, Calon Nasabah Wajib Tahu!