cara cek saldo btn lewat sms

Ketahui Cara Cek Saldo BTN Lewat SMS dan Lainnya Dengan Mudah!

Mengecek saldo rekening kini lebih mudah, termasuk juga Bank BTN. Terlebih cara cek saldo BTN lewat SMS sangat memudahkan nasabahnya terutama bagi yang tidak mengerti cara menggunakan aplikasi

Pengembangan layanan perbankan dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi. Cek saldo dengan cara konvensional seperti cek melalui ATM juga masih bisa dilakukan namun melalui SMS cukup bisa digunakan oleh semua kalangan.

Cek Saldo Lewat SMS

Seperti diketahui bahwa SMS pernah menjadi layanan pesan singkat yang sering digunakan sebelum kemunculan media sosial seperti sekarang ini. Banyak bank yang menyediakan layanan ini untuk melakukan pengecekan saldo.

Tidak hanya cek saldo, nasabah juga bisa melakukan pembayaran tagihan, isi ulang saldo hingga transfer. Jika dengan penggunaan aplikasi harus memiliki jaringan internet yang bagus, begitu pula dengan SMS nasabah harus memiliki cukup pulsa.

Selain itu, pastikan juga nomor yang digunakan nasabah tidak dalam masa tenggang kartu. Apabila kartu memasuki masa tenggang atau tidak ada pulsa cukup maka segala transaksi tidak dapat digunakan. Untuk menggunakan SMS, ikuti langkah berikut:

  • Gunakan nomor yang sudah terdaftar di BTN sebagai pengguna SMS banking atau lakukan pendaftaran di kantor cabang.
  • Ketik *141# dan ketik lagi angka “15” lalu kirim.
  • Pilih menu info dengan ketik angka “1”.
  • Jika sudah, input 16 digit nomor rekening BTN yang dimiliki dan kirim.
  • Masukkan pin yang dimiliki lalu kirim kembali.
  • Tampilan saldo akan muncul pada halaman selanjutnya.

Pengecekan saldo lewat SMS tidak hanya dapat dilakukan dengan cara lain. Nasabah dapat menggunakan cara lainnya yaitu dengan mengirim SMS ke nomor 3555 dengan format “Cek Saldo BTN”. Nasabah akan menerima balasan berisi informasi saldo.

Cek Saldo Lewat Layanan Perbankan

Seperti diketahui bersama kini banyak kemudahan lainnya untuk mengecek saldo. Tidak hanya mengetahui cara cek saldo BTN lewat SMS saja, namun terdapat alternatifnya yaitu sebagai berikut:

1. Melalui ATM

Cara ini adalah cara umum yang digunakan sebelum adanya layanan seperti sekarang. Nasabah harus datang ke mesin ATM BTN yang tersedia. Untuk menggunakan cara ini, nasabah cukup menggunakan kartu ATM.

Setelah berhasil masuk ke ATM, pilih menu transaksi informasi saldo. Secara otomatis akan muncul saldo yang dimiliki pada layar mesin ATM. Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM.

2. Melalui Internet Banking

Untuk menggunakan cara ini, pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai pengguna internet banking. Jika sudah terdaftar, nasabah cukup membuka web internet banking di internetbanking.btn.co.id/retail/login/loginrequest. 

Barulah langkah selanjutnya, masukkan user ID dan password yang nasabah dapatkan saat pendaftaran. Pilih menu rekening dan lanjutkan dengan informasi rekening. Nantinya akan muncul rincian saldo yang diminta.

3. Melalui Mobile Banking

Sama seperti mobile banking lainnya pada bank yang lain, disini pengguna perlu mengunduh aplikasi BTN Mobile terlebih dahulu. Seperti internet banking, nasabah juga harus mendaftarkan diri dulu melalui ATM atau ke kantor cabang.

Nasabah cukup membuka aplikasi BTN Mobile dan login dengan memasukkan password. Nantinya akan muncul informasi saldo yang dimiliki. dengan mobile banking, nasabah dapat melakukan transaksi lainnya.

Cara cek saldo BTN lewat SMS tentu menjadi cara yang paling mudah dan digunakan untuk semua kalangan, terutama bagi nasabah yang “gaptek”. Namun jika ingin menggunakan cara lainnya, pastikan untuk menjaga kerahasiaan PIN.

Baca Juga :  Kenali Aplikasi Kredit Tanpa Jaminan ini sebelum Mengajukan Pinjaman