5 Rekomendasi Buku Saham untuk Investor Saham Pemula

Investasi dengan menggunakan saham saat ini banyak diminati. Pasalnya investasi saham memiliki peluang return yang tinggi dan berkelanjutan. Tapi, untuk sebelum berinvestasi saham, investor pemula harus lebih dulu memahami dunia saham. Untuk mengenal seluk-beluk saham ada beberapa buku saham untuk pemula yang cocok dibaca.

5 Rekomendasi Buku Saham untuk Pemula

Di antara banyaknya buku saham terdapat 5 rekomendasi buku saham yang akan diulas di sini. Masing-masing buku akan memberikan ilmu baru mengenai dunia saham pada calon investor. Jadi baiknya simak dengan cermat, agar tidak ketinggalan sedikitpun informasi yang diberikan!

1. #Yukbelajarsaham Untuk Pemula

Buku yang pertama akan kita bahas adalah buku dari Investor Saham Pemula atau ISP. Secara umum buku ini akan membantu calon investor untuk memahami seluk beluk dunia saham sebelum terjun di dalamnya. Tak hanya memberi latar belakang ilmu terkait saham, buku ini juga mengajak pembacanya untuk terjun langsung mencoba investasi saham.

Untuk para investor pemula juga akan diajarkan mekanisme RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Serta beberapa dasar pengetahuan terkait saham lainnya. Pembaca buku ini diharapkan dapat memahami dunia saham dan langsung dapat langsung menjadi investor saham.

2. Investasi is Easy

Bahasan buku investasi saham untuk pemula kali ini akan membedah lebih lanjut mengenai cara pandang yang terbaik saat akan mulai berinvestasi dalam bentuk saham. Selain itu, juga akan dibahas mengenai berbagai strategi yang diterapkan oleh investor. Hal tersebut disertai penjelasan secara lengkap mengenai cara menganalisa saham secara tepat dan akurat.

Investor akan diajari untuk menggunakan tiga strategi dalam berinvestasi saham. Mulai dari strategi jual beli saham, pengelolaan untuk portofolio investor, hingga memanajemen dana yang dimiliki investor. Buku ini dilengkapi juga dengan CD Tool yang dapat digunakan untuk melakukan analisa saham.

3. Workbook Analisis Teknikal

Buku saham untuk pemula yang ketiga adalah Workbook Analisis Teknikal dari penulis Ryan Filbert. Pada buku kali ini Ryan Filbert akan membedah secara lebih lengkap melalui berbagai analisis terhadap teknikal saham. Selain itu pembaca buku diajak mengembangkan kemampuannya untuk menjadi trader andal.

Setelah membaca berbagai materi yang ada di buku ini, pembaca juga dapat mengevaluasinya melalui soal-soal yang disediakan. Soal-soal yang disediakan pun sangat beragam, mengikuti alur pemberian materi yang ada pada buku tersebut.

Terakhir, pembaca buku ini nantinya juga akan diajak untuk memahami cara melakukan pengambilan keputusan dalam proses jual beli saham. Sejak dirilis pada tanggal 10 Mei 2019 lalu, buku ini dapat ditemukan di pasaran serta berbagai toko online penyedia jasa e-book.

4. The Happy Investor

Berinvestasi saham secara nyaman dan aman bukan sebuah hal yang mustahil. Melalui The Happy Investor calon investor diajak untuk merencanakan investasi saham yang anti pusing. Caranya dengan mengenalkan seluk beluk mengenai persiapan investasi saham serta paduan memilih saham dengan mempertimbangkan analisis-analisis yang mendasar.

Perhitungan valuasi saham juga dibahas secara detail dan lengkap di sini. Pelan tapi pasti, melalui buku ini investor pemula akan diajak menjadi sleeping investor yang memiliki passive income, melalui deviden serta capital gain besar.

5. Investment Guide Series (IGS)- First Steps in Fundamental Analysis (FSFA)

Ingin mencari buku saham yang berbeda serta mudah dipahami? Seri buku komik Investement Guide nampaknya cocok jadi pilihan. Dalam buku ini seputar dunia investasi saham akan dijelaskan dengan cara mudah serta menyenangkan, melalui ilustrasi komik yang keren.

Dalam buku ini ada beberapa poin penting ulasan. Utamanya adalah cara mempelajari laporan perusahaan untuk memprediksi kondisi faktual perusahaan. Ini nantinya dapat menjadi pegangan investor saat akan memilih saham untuk investasi.

Baca Juga: 5 Platform Investasi Reksadana Terbaik untuk Pemula

Demikian, kelima buku saham untuk pemula di atas dapat menjadi pegangan bagi investor pemula yang ingin menjelajahi dunia saham. Berinvestasi di bidang saham butuh ketelitian serta perencanaan yang matang, namun di sisi lain hal tersebut juga sebanding dengan return yang didapat investor.