platform investasi reksadana

5 Platform Investasi Reksadana Terbaik untuk Pemula

Investasi reksadana sekarang menjadi pilihan tepat bagi pemula untuk memulai investasi. Apalagi saat ini sudah banyak platform investasi reksadana yang bermunculan di beberapa tahun terakhir. Dengan hal tersebut, calon investor tidak perlu lagi mengunjungi bank ataupun perusahaan aset, bila hanya ingin untuk membeli reksadana.

5 Platform Investasi Reksadana Terbaik untuk Pemula dan Tutorialnya

Lantas platform apa sajakah yang bisa dijadikan oleh para pemula untuk sarana investasinya? Sebaiknya sisihkan sedikit waktu untuk menyimak beberapa platform berikut ini, agar semakin yakin untuk segera mulai berinvestasi!

1. Bibit

Tentunya sudah tidak asing dengan platform investasi reksadana yang satu ini. Bibit sudah mendapatkan lisensi dari OJK pada tahun 2018. Meskipun masih termasuk platform baru, namun Bibit berhasil menarik perhatian para investor.

Bagaimana tidak, Bibit menawarkan bantuan kepada investor pemula agar dapat langsung membeli produk reksadana sesuai dengan toleransi risiko yang ada. Bahkan platform ini juga menawarkan fitur Robo Advisor di mana Bibit akan memilih reksadana mana yang tepat untuk digunakan investor. Yakni berdasarkan penghasilan, umur, target tujuan hidup, dan lainnya.

Menariknya, modal awal yang digunakan untuk investasi melalui Bibit cukup kecil yaitu mulai Rp.10.000,- saja. Bahkan Bibit juga tidak melakukan penarikan fee jual, fee beli, ataupun biaya, jika penggunanya sqitching reksadana.

2. Bareksa

Platform Bareksa merupakan platform investasi reksadana yang sudah dimulai sejak tahun 2013. Melalui platform ini, investor dapat memilih reksadana apapun secara bebas. Untuk top-up atau pembayaran investasi dapat dilakukan melalui Link Aja atau OVO. Dengan demikian investor tidak perlu melakukan transaksi pembelian maupun penjualan reksadana ke kantor investasi atau bank.

Dalam Bareksa, investor dapat melihat produk reksadana mana sajakah yang akan memberikan return dengan hasil yang tinggi. Karena, platform ini selalu update urutan produk reksadana terbaik berdasar jenisnya. Jumlah produk reksadana yang ditawarkan oleh Bareksa pun sudah lebih dari 150 produk dengan jumlah manajer investasi lebih dari 40.

Yang menarik dari platform ini adalah investor dapat merencanakan program investasi dengan fitur kalkulator investasi yang sudah disediakan. Dengan fitur ini, investor dapat memperkirakan perhitungan return atau hasil yang akan didapatkan selama reksadana tersebut berlangsung. Sama halnya dengan Bibit, investasi di Bareksa juga dapat dimulai dari Rp. 10.000,- saja.

Baca Juga: Jadikan Investsi Reksadana Sebagai Dana Darurat, Seberapa Pentingkah

Baca Juga :  Panduan Daftar Transaksi Saham Online dengan Mudah

3. Ajaib

Salah satu platform investasi reksadana yang cukup menarik di kalangan anak muda adalah Ajaib. Selain branding nya yang luar biasa, platform yang dikembangkan oleh Ajaib Group ini juga menawarkan fitur-fitur yang menarik. Investor dapat memilih langsung produk reksadana yang diinginkan dengan menjawab 6 pertanyaan yang sudah disediakan.

Sedangkan untuk produk, reksadana yang ditawarkan Ajaib lebih dari 150 produk. Untuk melakukan investasi melalui Ajaib juga tidak dipungut biaya apapun. Namun, kembali lagi kepada setiap manajer investasi yang dipilih. Karena kebijakan biaya setiap manajer investasi akan berbeda-beda. Maka dari itu, investor harus membaca prospektus terlebih dahulu sebelum menentukan produk investasi reksadana.

4. IPOT

Selain dikenal sebagai platform saham, IPOT juga melayani transaksi investasi reksadana. Melalui IPOTFund, investor dapat memilih berbagai produk reksadana serta manajer investasi yang diinginkan. IPOTFund sendiri sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2014 sehingga platform ini aman digunakan untuk sarana investasi.

Selain itu investor tidak hanya dapat memilih produk reksadana saja di IPOT, melainkan juga dapat memilih produk EFT serta saham. Dengan platform ini, investor juga dapat membandingkan setiap produk reksadana yang ada. Sehingga dana kelola, kinerja reksadana yang ingin dibeli, hingga unitnya, dapat dilihat dengan jelas.

5. POEMS ID

Philip Sekuritas menjalankan sebuah platform investasi yang diberi nama POEMS ID. Melalui platform ini, investor tidak hanya dapat melakukan investasi reksadana saja, melainkan juga dapat melakukan investasi saham. Sehingga hal tersebut akan menguntungkan para investor karena dapat dilakukan melalui satu platform saja.

POEMS ID menawarkan berbagai fitur untuk pembelian produk reksadana salah satunya adalah fitur Profunds. Sudah tersedia lebih dari 100 produk reksadana yang dapat dipilih para investor. Untuk jumlah investasi yang dapat dilakukan mulai dari Rp 50 ribu saja dan investor dapat memantau perkembangan investasi tersebut secara real-time.

Selain fitur Profund dalam POEMS ID juga menawarkan fitur SmartStart yang akan membantu para investor pemula. Dalam fitur ini terdapat berbagai paket reksadana yang direkomendasikan untuk pemula dengan menyesuaikan profil risiko setiap investor. Sehingga dapat diketahui, apakah investor termasuk konservatif, moderat, ataupun agresif.

Baca Juga: 5 Cara Investasi Reksadana Modal Kecil Melalui Aplikasi Ajaib

Baca Juga :  Bermain Saham Online dengan Modal Kecil Juga Ada Triknya

Melalui platform investasi reksadana yang disebutkan di atas semua orang dapat segera memulai investasinya. Namun, sebelum melakukan investasi, tentunya perlu menentukan tujuan dari investasi terlebih dahulu. Dengan tujuan yang jelas, maka perhitungan investasi dapat dilakukan dengan benar dan akurat!