Berbahaya! Hindari Aplikasi Investasi Ilegal Agar Terhindar dari Kerugian

Berbahaya! Hindari Aplikasi Investasi Ilegal Agar Terhindar dari Kerugian

Investasi memang sedang gencar – gencarnya dilakukan khususnya oleh generasi muda, namun perlu hati – hati dengan aplikasi investasi ilegal. Nampaknya kesadaran untuk mengatur keuangan, memikirkan persiapan dana di masa depan, dan ketertarikan anak muda untuk memulai berinvestasi dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Adanya fenomena ini tentunya menjadi sebuah ancaman terhadap kelangsungan ekonomi serta perlindungan terhadap para investor. Terutama investor pemula yang kecenderungan melihat dari sisi keuntungannya dulu. Akan tetapi Indonesia dalam menghadapi potensi ini telah berusaha melakukan proteksi dengan melakukan pengawasan serta edukasi.

Di Indonesia terdapat lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertugas untuk mengawasi berbagai kegiatan terkait finansial. Dengan harapan akan terlaksana berbagai transaksi yang transparan dan aman bagi masyarakat. Sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan atau penipuan. Dengan demikian masyarakat sebagai konsumen akan terlindungi.

Keberadaannya sangat penting sekali bagi bangsa Indonesia. Mengingat sejak zaman dahulu, bangsa ini menjadi sasaran empuk akan permainan uang atau investasi bodong lainnya. Memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat terkait penanaman modal, hingga akhirnya menjebak dan membawa kabur dana yang telah terhimpun tersebut. Tidak tanggung – tanggung, bisa mencapai triliunan.

Ciri-ciri Aplikasi Investasi Ilegal

Sebenarnya untuk melihat atau menilai apakah sebuah investasi merupakan sebuah penipuan atau tidak, dapat diketahui dengan mudah. Perlu sedikit pengamatan atau kejelian untuk mengenalinya. Karena biasanya investasi ilegal memiliki kesamaan ciri – ciri, meskipun bentuk praktiknya sedikit bervariatif. Namun apabila sudah memahami cirinya patut untuk curiga.

1. Tidak memiliki legalitas

Salah satu langkah atau upaya preventif menghindari aplikasi investasi ilegal adalah memeriksa legalitasnya. Biasanya apabila sudah resmi atau terdaftar terdapat logo OJK pada berbagai halamannya. Selain itu juga bisa di periksa melalui website resmi OJK. Apabila belum terdaftar, maka patut dicurigai sebagai tindakan ilegal.

2. Hasil imbal atau keuntungan tidak wajar

Hasil imbal atau keuntungan adalah bonus yang didapatkan ketika memberikan sebagian modalnya pada perusahaan tertentu. Bentuknya bisa bermacam – macam, seperti deviden contohnya. Tetapi terkadang pertumbuhannya tidak bisa naik drastis, bahkan membutuhkan waktu tidak sebentar. Apabila ada penawaran dengan keuntungan tinggi dalam waktu singkat, perlu waspada.

3. Memiliki skema ponzi

Skema ponzi merupakan langkah untuk menarik anggota sebanyak – banyaknya. Orang yang join akan diminta untuk mengajak orang lain agar bergabung juga. Terus demikian hingga muncul banyak sekali membernya. Tetapi yang mendapatkan keuntungan adalah yang awal – awal join saja, karena yang terakhir join tentunya akan kesulitan mendapatkan member baru.

4. Menawarkan harga lebih murah

Harga murah tidak selamanya buruk, tetapi terkadang ketika harganya sangat njomplang perlu diwaspadai. Biasanya melakukan permainan uang untuk menutupi kekurangan di pembayaran member awal menggunakan pembayaran member di belakangnya. Rakyat Indonesia sudah beberapa kali terjebak dengan model penipuan ini. Sehingga perlu waspada terlebih dahulu.

Bahaya Menggunakan Aplikasi Investasi Ilegal

Salah satu bahaya dalam berinvestasi pada platform ilegal atau tidak resmi adalah berpotensi mendatangkan kerugian material. Biasanya ketika awal – awal join, tidak akan terasa tingkat kerugiannya bahkan seolah – olah untung, tetapi ketika sudah cukup lama join dan semakin besar dana yang dikeluarkan. Baru menyadari bahwa telah mengalami kerugian.

Selain material, juga menimbulkan kerugian privasi. Terlebih dalam berbagai transaksi biasanya mengharuskan mengirimkan kartu identitas dan berbagai informasi privasi lainnya. Jika memang niatnya untuk buruk atau kepentingan pribadinya oknum, maka tidak kecil kemungkinan kalau data tadi akan dimanfaatkan atau bahkan dijual ke pihak lainnya.

Bahkan lebih parahnya bisa dimanfaatkan untuk menjatuhkan, memeras, dan memanfaatkannya demi mendapatkan keuntungan tambahan. Sedangkan korbannya tidak bisa berbuah apa-apa dan pasrah diintimidasi oleh penipunya. Bahkan beberapa kasus, berbagai informasi pribadi disebar melalui internet. Tentu saja jejak digitalnya akan sulit dihapuskan.

Berbagai kerugian lainnya juga berpotensi terjadi apabila sembarangan membagikan atau bergabung pada beragam jenis aplikasi tidak resmi bahkan ilegal. Kesadaran untuk tidak serakah, fokus pada perencanaan finansial, serta jeli mengamati dan melakukan riset bisa menjadi tameng agar  tidak terjebak pada beragam jenis penipuan.

Investasi merupakan salah satu solusi untuk mampu memenuhi atau mencapai target finansial seseorang. Namun perlu dipahami bahwa ketika berinvestasi perlu memiliki berbagai pengetahuan, pemahaman, serta kemampuan melakukan riset terlebih dahulu. sehingga ketika menemukan aplikasi investasi ilegal bisa segera terhindar dan melaporkannya ke pihak berwajib.