Pertimbangan Membeli Saham Online yang Harus Kamu Lakukan

Pertimbangan Membeli Saham Online yang Harus Kamu Lakukan

Pertimbangan membeli saham online agar investasi dan trading yang dilakukan bisa berjalan dengan aman menjadi hal wajib dipahami untuk investor, atau mereka yang baru saja masuk ke dalam dunia investasi saham. Tujuannya, tentu saja agar investasi ini bisa menghasilkan keuntungan menggiurkan di masa mendatang.

Sebelum membahas mengenai pertimbangan saham, lebih baik meluruskan pemahaman mengenai permainan saham, banyak orang yang kurang tepat ketika memahami investasi saham dan menyebut pembelian saham sebagai bermain. Meskipun memiliki sebutan bermain, tapi tetap saja kamu harus melakukan hal ini secara serius.

Dengan pemahaman yang tidak matang dan sekedar coba-coba, investasi ini bisa disebut sebagai coba-coba peruntungan. Selain itu tanpa dilandasi pemahaman yang benar, kamu bisa rugi. Kamu harus ingat jika ada uang yang akan kamu masukkan di sini, dan jumlah uang tersebut tentu tidak sedikit, apalagi jika memiliki tujuan untuk dana pensiun.

Di investasi saham, ada uang yang kita masukkan di sini, sehingga bila kamu tidak memiliki komitmen kuat, tentu saja hasilnya tidak bisa maksimal. Meskipun diberikan kemudahan untuk melakukan pembelian secara online, tetap saja ada berbagai macam pertimbangan membeli saham online yang harus diperhatikan dengan baik.


Pertimbangan Membeli Saham yang Utama adalah Tujuan

Sebelum melakukan pembelian saham, kamu harus mempertimbangkan, sebenarnya apa tujuanmu melakukan pembelian saham ini, apakah tujuanmu untuk jangka pendek atau tujuan jangka panjang. Jika hanya jangka pendek, berarti kamu akan melakukan trader, namun bila tujuannya untuk jangka panjang, berarti kamu akan melakukan investasi.

Menentukan tujuan menjadi sangat penting. Jika tujuanmu untuk jangka panjang, tentu saja kamu harus memilih saham-saham yang nantinya akan memiliki prospek baik kedepannya, bahkan produk yang mereka miliki secara terus menerus digunakan. Sehingga nantinya, saat sudah 10 atau 15 tahun berlalu, nilai investasimu bisa mengalami kenaikan.

Bahkan bukan hanya itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati pembagian deviden. Tetapi berbeda jika tujuanmu untuk jangka pendek. Trading atau bermain saham dengan jangka pendek ini memiliki risiko yang tinggi, dan tentu saja akan lebih melelahkan.

Melakukan trading jangka pendek membuatmu harus mengetahui batas rendah saham yang ingin kamu incar, oleh sebab itu selain melakukan pemantauan dri industri portal berita, kamu juga harus mencermati kenaikan dan penurunan saham. Pertimbangan membeli saham online utama tentu saja ketika harganya mengalami penurunan.

Dengan membeli saham pada harga paling rendah, kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga di atas 5%, ketika mendapatkan keuntungan tersebut, kamu harus lekas-lekas menjualnya sebelum harga mengalami penurunan. Ada juga yang menjual saham ketika sudah untung 3%.

Trader saham memang kurang cocok untuk investor pemula, tetapi jika ingin “mye,plung”, untuk sekedar coba-coba bukan menjadi masalah, asalkan kamu tidak sembarangan memilih perusahaan dengan fundamental yang kurang jelas, atau mencatatkan kerugian dalam beberapa waktu terakhir.

Pertimbangan Membeli Saham Online, Waktu

Investasi sebenarnya harus dimulai sedini mungkin sehingga nantinya kamu akan mendapatkan hasil yang besar di masa mendatang. Waktu menjadi pertimbangan utama ketika ingin membeli saham online. Apalagi, dengan melakukan pembelian secara online, kamu seperti dimudahkan karena bisa melakukan pembelian dengan secepat kilat.

Bila tujuanmu membeli saham untuk melakukan investasi, kamu bisa membeli saham setiap 3 bulan sekali, artinya kamu kamu membeli saham di setiap kuartal. Tetapi, di waktu tertentu, kamu bisa memilih saham yang memiliki harga murah meriah, asalkan tetap mempertimbangkan fundamental saham.

Waktu terbaik melakukan pembelian ada di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Di bulan tersebut, mereka akan merilis laporan keuangan sehingga bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan ketika perusahaan memiliki keadaan yang baik. jadi, pastikan kamu sudah mengidentifikasi analisis sederhana.

Analisis tersebut bisa kamu peroleh dari berita mengenai kondisi perusahaan yang sedang berkembang. Selain itu kamu juga harus mencari tahu apakah perusahaan yang kamu incar sedang mengalami keuntungan atau kerugian. Jangan lupa melihat kinerjanya dengan baik sebelum melakukan pembelian.

Waktu bisa menjadi sahabat yang baik ketika kamu ingin melakukan investasi, sehingga jangan pernah menyia-nyiakannya. Kamu tidak perlu melakukan pembelian dalam jumlah yang besar terlebih dahulu ketika ingin mencoba, kamu bisa melakukan pembelian dengan jumlah kecil, dan melakukan pertimbangan membeli saham online.