Cara Menghindari Penipuan

Wajib Tahu, Begini Cara Menghindari Penipuan Tagihan Pinjaman Online!

Modus penipuan memang tidak pernah bisa diselesaikan. Bahkan hal ini bisa datang dari mana saja bahkan melalui media sosial. Melalui zaman yang terus berkambang ini ternyata penipuan juga ikut berkembang secara massive. Salah satunya adalah penipuan tagihan pinjaman online yang sering muncul melalui SMS. 

Hal seperti ini tentunya akan menjadi gangguan yang tidak menyenangkan bagi kebanyakan orang. Apalagi bila ternyata orang yang mendapatkan pesan singkat dari lembaga-lembaga ilegal seperti ini. Nah, lalu bagaimana sih cara menghindari penipuan seperti ini? Simak ulasannya berikut ini: 

MENUJU TOPIK

1. Pastikan Lembaga Tersebut Ilegal atau Legal 

Hal pertama yang harus dilakukan bila hal seperti ini terjadi adalah melakukan cek atas nama lembaga dari pinjol yang mengirimkan pesanan. Apakah lembaga tersebut terdaftar dalam OJK atau tidak. Apabila lembaga tersebut tidak terdaftar maka, dapat disimpulkan bahwa nomor tersebut memang bentuk penipuan. Biasanya lembaga ilegal yang melakukan penawaran pinjaman atau menagih hutang tanpa adanya pinjaman sebelumnya adalah kedok dari penipuan online. 

2. Blokir Nomor Tidak Dikenal 

Hal paling umum yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan tagihan pinjaman online adalah memblokir nomor yang mengirimkan pesan. Langkah ini bisa dilakukan setelah memastikan bahwa lembaga tersebut memang bukan lembaga legal. Pastikan juga bahwa memang tidak ada tagihan yang dibebankan melalui pinjaman online. 

Melakukan pemblokiran pada nomor tidak dikenal seperti ini bisa menjadi solusi tepat supaya nomor tersebut tidak lagi bisa menghubungi. Tentunya nomor tersebut juga tidak akan bisa untuk mengirimkan pesan serupa dalam bentuk penipuan. 

3. Jangan Mudah Percaya 

Modus penipuan yang terjadi di media sosial memang sangat banyak. Biasanya pihak yang disasar adalah orang tua yang memang akan lebih mudah. Bila hal ini terjadi maka, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah jangan mudah percaya. Pastikan dahulu semua riwayat pinjaman yang dilakukan serta lembaga mana saja yang telah bersangkutan. Kroscek seperti ini akan sangat penting dilakukan supaya tidak menjadi korban penipuan.

4. Jangan Asal Beritahukan Nomor Rekening 

Penipu akan selalu memiliki berbagai macam cara untuk mengelabui korban. Hal paling sering terjadi adalah mengirimkan pesan palsu. Tidak jarang para penipu ini akan meminta korban untuk mengirimkan nomor rekening pada nomor yang dituju. Modus lain yang sering terjadi juga adalah menyuruh korban mengirimkan nomor ATM serta kode OTP yang dikirim melalui SMS. 

Nah, bila hal-hal seperti ini terjadi maka, akan lebih bijak bila korban tidak begitu saja memberikan nomor yang diminta. Tolak dengan tegas supaya pihak yang menipu juga tahu bahwa korban tidak mudah untuk dikelabui.  

5. Abaikan 

Solusi paling mudah yang bisa dilakukan oleh korban adalah dengan menggunakan berbagai macam pesan yang dikirimkan. Langkah ini merupakan langkah mudah yang bisa dilakukan supaya tidak terperangkap dalam jebakan tagihan palsu seperti ini. 

Apalagi bila memang pihak yang dikirimi SMS ternyata memang tidak pernah melakukan pinjaman online pada pihak lembaga yang mengirimkan pesan. Bila memang pesan tersebut sudah berupa spam maka, silahkan blokir nomor tersebut supaya tidak lagi bisa mengirim pesan teror. 

Nah, itulah tadi cara mudah supaya tidak terperangkap dalam penipuan tagihan pinjaman online yang marak terjadi di era digital ini. Menjadi generasi kritis di era modern memang penting supaya tidak begitu saja bisa didoktrin bahkan oleh penipu sekalipun. 

 

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Pinjaman Online yang Menumpuk agar Segera Lunas!