daftar bank penyedia kredit usaha rakyat
daftar bank penyedia kredit usaha rakyat

Daftar Bank Penyedia Kredit Usaha Rakyat

Sebelum membahas daftar Bank Penyedia Kredit Usaha Rakyat mari kita bahas apa itu KUR. KUR adalah program penyaluran dana pemerintah yang bertujuan untuk membantu pembiayaan bagi warga yang memiliki usaha. Program tersebut telah mendapatkan persetujuan sekaligus di awasi oleh pihak otoritas jas keuangan atau yang sering kita sebut OJK dan BPKP.

Program KUR mempunyai dampak positif bagi warga yang memiliki usaha sedang berjalan ataupun ingin memulai tapi terkendala modal yang belum mencukupi. Disamping itu program tersebut terkesan sangat murah, murah dalam artian kali ini ialah bunga yang di tawarkan sangatlah rendah jika di bandingkan degan pinjaman biasa.

Pada setiap tahunnya program tersebut selalu di tingkatkan oleh pemerintah , itu semua tak lain bertujuan guna mendukung penuh dalam membantu perkembangan ekonomi serta menurunkan angka kemiskinan.

Berbicara mengenai daftar bank penyedia kredit usaha rakyat yang ada di fikirkan sebagian orang atau bahkan kamu salah satunya, yang menyediakan hanyalah bank umum milik Negara (BUMN) seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan bank lainnya. Jika anggapan tersebut benar, maka selama ini kamu salah besar. Pasalnya ada beberapa bank swasta yang di percaya dan berkontribusi dalam program tersebut seperti Bank BCA, Bank Bukopoin dan masih banyak lainnya.


Daftar Bank Penyedia Kredit Usaha Rakyat (KUR) BUMN

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Bank BRI merupakan salah satu jasa keunagan milik Negara yang di dirikan oleh Raden Bei Wiraatmadja pada tahun 1895. Sudah tak asing lahi mengenai bank yang satu ini, tak lain karena bank tersebut sudah banyak tersedia di berbagai daerah di lingkup kecamatan bahkan di tempat perbelanjaan pun tersedia. Bank BRI sering kali berkontribusi dalam program pemerintah slah satunya Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bank Negara Indonesia

Jika di lihat dari namanya suda terlihat jelas bahwa bank BNI milik Negara. Yah itu benar, BNI didirikan pada tahun 1945 oleh Margono Djojohadikoesoemo yang kantornya berlokasi di Jakarta pusat . sebagai bank milik Negara BNI juga ikut menfasilitasi program KUR yang di adakan oleh pemeritah. BNI KUR adalah layanan kkredit dari Bank Negara Indonesia yang berfokus membantu masyarakat dalam pembiayaan serta pengembangan usahanya.

Bank Tabungan Negara (BTN)

Namanya sih mungkin tak se polpuler BRI dan BNI, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu BTN. Bank tabungan Negara (BTN) adalah jasa keungan milik Negara yang didirikan pada tahun 1897. Meskipun tak se popular kedua bank tersebut , pasalnya jasa keuangan yang satu ini juga sering kali ikut serta dalam program pemerintah salah satunya KUR.

Baca Juga :  5 Resiko Usaha Cuci Motor yang Tidak Boleh Disepelekan

Bank Mandiri

Sama seperti jasa keuangan sebelumnya, mandiri juga sama – sama milik Negara yang pada kuartal tiga tahun 2020 lalu mencatatkan nilai asset yang cukup besar yaitu kurang lebih 1,405 Juta Triliun, nilai tersebut meningkat sekitar 10.28% jika di bandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Mandiri juga termasuk penyedia kredit usaha rakyat yang dapat kamu coba.

4 daftar bank diatas adalah jasa keuangan milik Negara yang menyalurkan program KUR. Seperti yang kita bahas pada awal postingan ada beberapa bank milik swasta yang juga di beri mandat untuk menyalurkan program pemerintah tersebut. Yuk lanjut kita bahas.

Daftar Bank Swasta Penyedia KUR

Bank Central Asia (BCA)

Namanya sangat familiar di kalangan masyarakat tapi siapa sangka bank tersebut bukan termasuk badan usaha milik Negara (BUMN) melainkan bank swasta. BCA adalah jasa keuangan yang di dirikan oleh sudiono salim yang berdiri pada tahun 1957 dan berkantor di Jakarta pusat.

Baca Juga :  Pinjaman Online Tanpa Bunga, Bagaimana Cara untuk Mendapatkannya

Dilansir melalui situs resminya, pada akhir maret tahun lalu 2020 bank BCA  telah melayani kurang lebih 22 juta rekening serta memproses jutaan transaksi di setiap harinya.

Bank Bukopoin

Meskipun tak termasuk dalam daftar jasa kauangan milik Negara, bank bukopoin di beri kepercayaan oleh pemerintah untuk membantu menjalankan program kredit usaha rakyat. Tentunya bukan tanpa alasan hal tersebut tak lain karena mengingat selama ini bank tersebut selalu berkomitmen dalam membantu keuangan masyarakat utamanya bagi warga yang memiliki usaha mikro.

Selain bank di atas masih ada beberapa bank swasta yang di pilih pemerintah namun tak akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Selanjutnya apa saja sih syarat mengajukan pinjaman KUR?

Syarat – syarat Pengajuan Kredit Usaha Rakyat

Sebelum kamu melakukan pinjaman KUR baiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja sih persyaratan yang harus di penuhi di antaranya.

  1. Memiliki identitas diri (KTP)
  2. Tidak sedang memiliki tanggungan pembiayaan pemerintah
  3. Memiliki surat keterangan usaha (SKU)
  4. Memilik Usaha
  5. Individu ( perorangan)

Cukup mudah bukan untuk persyaratannya, untuk kamu yang belum mempunyai surat keterangan usaha, kamu dapat meminta bantuan aparat pemerintah desa untuk membuatkannya, tentunya tanpa biaya sepeserpun alias gratis.