perlengkapan usaha jus buah

5 Perlengkapan Usaha Jus Buah yang Harus Diketahui Pelaku Bisnis

Jus buah menjadi peluang usaha yang banyak digemari oleh pelaku bisnis, bahkan sering kali dijadikan langkah awal terjun ke dunia bisnis. Berjualan jus buah juga dapat menjangkau semua kalangan dari anak kecil sampai dewasa. Sebenarnya perlengkapan usaha jus buah juga tergolong mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Pelaku bisnis ini tidak pernah berhenti dan terus melakukan inovasi untuk menarik perhatian pelanggan. Berbagai inovasi seperti mix and match rasa juga dilakukan. Peralatan utama dalam bisnis ini adalah blender sebagai mesin utama. Pada saat melakukan bisnis, tentulah memiliki barang-barang pelengkap sebagai penunjang usaha, antara lain:

MENUJU TOPIK

1. Cup atau Gelas 

Cup maupun gelas adalah perlengkapan usaha jus buah yang harus disiapkan saat membuka usaha minuman termasuk jus buah. Perlengkapan satu ini bisa menjadi penunjang utama setelah blender sebagai tempat kemasan minuman. Gelas bisa digunakan bila usaha yang dilakukan bertema kedai rumahan atau mini coffee. 

Sedangkan untuk cup bisa digunakan jika pembeli memilih membawa pulang jus buah. Berdasarkan fungsi dan kepraktisannya, cup plastik juga biasa digunakan untuk pelaku usaha franchise. Penggunaannya yang praktis dan sekali pakai membuat cup plastik juga mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan atau di e-commerce

2. Sedotan 

Perlengkapan selanjutnya yang harus disiapkan adalah sedotan. Benda ini bisa dipilih sebagai pelengkap kemasan dalam cup plastik yang digunakan. Pastikan sedotan yang digunakan berukuran sedang dan lebih panjang dari cup plastik. 

Hal ini untuk antisipasi supaya sedotan dapat menjangkau sampai bagian dasar cup. Selain itu penggunaan sedotan sedang juga bisa dikatakan akan lebih praktis digunakan karena tekstur jus buah yang lembut jadi tidak memerlukan ukuran sedotan besar. 

3. Sendok Takar  

Sendok takar juga bisa menjadi penunjang penting dalam usaha jus buah. Meskipun sendok makan dan sendok teh juga bisa digunakan sebagai alat takar. Namun, penggunaan sendok khusus sebagai penakar akan lebih efektif. Hal ini bertujuan untuk mengetahui takaran gula atau susu kental manis  yang sama dan sesuai dalam setiap satu cup jus buah. 

4. Gelas Takar 

Selain sendok takar, gelas takaran air juga akan penting digunakan dalam usaha jus buah. Hampir sama fungsinya dengan sendok takar, gelas ini juga berfungsi sebagai penyesuai setiap takaran air dalam satu cup jus buah. 

Perkiraan jumlah air yang digunakan secara tepat pada pembuatan jus buah akan menjadi penentu rasa dan tekstur jus buah yang dibuat. Hal itulah yang membuat gelas takar ini juga penting dimiliki oleh pelaku usaha jus buah. 

5. Kantong Plastik 

Penggunaan kantong plastik juga bisa membantu dalam penjualan jus buah. Perlengkapan satu ini akan memudahkan pembeli saat memilih untuk membawa pulang jus buahnya. Persiapkan kantong plastik dengan tiga ukuran, mulai dari kantong plastik kecil, sedang dan juga berukuran besar. Adanya tiga ukuran itu dalam usaha jus buah akan memudahkan penjual dalam mengemas cup-cup jus buah yang dipesan sesuai dengan jumlah. 

Itulah penjelasan 5 perlengkapan usaha jus buah yang harus dimiliki saat membuka usaha jus buah. Kelima perlengkapan di atas hanyalah sebagian kecil dari alat pelengkap yang bisa digunakan untuk berjualan jus buah. Selain itu, tingkat kebersihan juga akan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh penjual untuk menjaga produk tetap higienis. Jangan sampai perlengkapannya sudah lengkap akan tetapi kebersihan kurang diperhatikan. 

yang di cari pengunjung yang penting dalam bisnis jus