Pentingnya Memperhatikan Biaya Aplikasi Kredit tanpa Jaminan dan Contohnya

 

Tanpa disadari bahwa pinjaman bebas agunan itu meski terlihat mudah dan menggiurkan, namun ada biaya aplikasi kredit tanpa jaminan yang dibebankan kepada nasabahnya. Bahkan biayanya tersebut dihitung diluar dari suku bunga yang dibebankan pinjamannya. Maka dari itu sebelum meminjam, cari tahu dulu biayanya.

Jangan sampai terjadi salah paham hanya karena kamu tidak membaca ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank. Karena umumnya sebelum pengajuanmu diterima, ada surat kontrak yang perlu ditandatangani dimana semua ketentuan dan informasi biaya selengkapnya akan ditulis secara detail disana. Sehingga sebagai calon peminjam harus jeli.

Kamu harus membaca daftar rinciannya sampai benar-benar memahaminya dengan baik. Karena semakin mudah pengajuannya biasanya hal tersebut selalu sejalan dengan biaya dan bunga yang telah dibebankan. Setiap lembaga keuangan tentunya mempunyai peraturan khusus terkait dengan hal ini selain harus sesuai dengan Bank Indonesia.

Baca Juga :  5 Pilihan Pinjaman Modal Usaha Online Tanpa Jaminan

MENUJU TOPIK

Contoh Biaya Aplikasi Kredit Tanpa Jaminan

Jadi sebagai calon nasabah harus memperhatikan dengan baik seputar suku bunga, dan beberapa biaya kredit tanpa jaminan lainnya supaya tidak merasa kecewa dan kemudian terkejut karena melihat tagihan angsuran sangat banyak. Maka dari itu berikut kami jelaskan seputar biaya kredit dan perlu diperhatikan, antara lain:

Biaya Provisi dan Tahunan Kredit. Biaya yang satu ini disebut juga dengan administrasi dan umumnya hanya dikenakan ketika proses pencairan berlangsung. Jadi misalnya saja kamu meminjam sebesar Rp1 juta, maka uang yang dicairkan tidak akan genap senilai itu. Namun ada potongan lain dibebankan berdasarkan besaran pinjamannya.

Baca Juga :  Modus Penipuan Aplikasi Kredit Tanpa Jaminan dan Contoh Aplikasinya

Potongan plafon pinjaman ini dilakukan untuk membuktikan bila proses pencairan uangnya langsung diterima oleh orang yang bersangkutan sebagai peminjamnya. Namun untuk besaran provisi tersebut umumnya tidak sama antara masing-masing lembaga keuangan. Hanya saja beban yang dikenakan umumnya maksimal 4%.

Sementara itu untuk cara menghitung biaya aplikasi kredit tanpa jaminan tahunan tersebut sesuai dengan namanya. Jadi biayanya dihitung berdasarkan tahunan dan periode pinjamannya. Untuk nominal bebannya bervariasi jadi tidak selalu sama. Bahkan ada juga beberapa pihak sengaja tidak membebankan poin ini ke dalam pinjamannya.

Baca Juga :  Aplikasi Kredit Tanpa Jaminan yang Perlu Diketahui

Untuk jumlah biayanya biasanya senilai 1 hingga 2% dari plafon tahun pertama pinjamannya. Setelah itu, jumlah beban diberikan setiap tahunnya akan dihitung tetap senilai Rp50 ribu. Jadi misalnya saja plafonnya Rp5 juta dengan beban tahunan 2% di tahun pertama, kemudian berikutnya dikenakan Rp50 ribu.

Maka perhitungannya adalah bila tenornya 2 tahun, jadi 2% x Rp5 juta adalah Rp100 ribu. Beban tahunan ini nanti biasanya langsung ditambahkan pada angsuranmu di bulan ke 12. Setelah itu tahun berikutnya akan dikenakan beban Rp50.000 masuk dalam perhitungan angsuran di bulan ke-24.

Alasan Memilih Aplikasi Kredit dengan Biaya Transparan 

Setiap orang tentunya ingin mendapatkan platform pinjaman tanpa agunan yang biaya aplikasi kredit tanpa jaminan transparan sejak awal. Maka dari itu bila mencari aplikasi seperti itu, Indodana jawabannya. Aplikasi KTA online ini siap membantu para nasabah yang membutuhkan dana segar namun tidak memiliki kartu kredit.

Baca Juga :  Pinjaman Online Tanpa Bunga, Bagaimana Cara untuk Mendapatkannya

Menariknya lagi adalah jumlah pinjaman yang ditawarkan cukup besar, mencapai Rp8 juta. Itu saja tenornya bisa dimulai 3 sampai 6 bulan. Sehingga cukup lama dan tidak memberatkan nasabahnya. Tidak hanya itu saja, Indodana sering memberikan reward kepada konsumennya sepanjang waktu seperti voucher belanja, pulsa, dll.

Sehingga tidak heran bila kepopulerannya cepat meningkat. Dalam hal ini untuk bisa menjadi nasabahnya, kamu harus menyiapkan KTP dan NPWP dulu. Selanjutnya tinggal tunggu waktunya saja, bila datamu valid dan memenuhi syarat, maka kamu bisa mendapat pinjaman dengan bunga dan angsuran yang ringan.

Baca Juga :  Kenali Jenis Fintech Ilegal, Jangan Mudah Tergiur dan Tertipu

Setiap biaya yang dibebankan juga jelas dari awal jadi lebih aman. Karena beberapa aplikasi biasanya ada yang memberikan biaya tersembunyi sehingga sangat merugikan konsumen. Kemudian untuk metode pembayarannya bisa lewat virtual account. Sehingga lebih praktis.

Nah itu tadi adalah sedikit ulasan tentang salah satu contoh aplikasi pinjaman online tanpa agunan dan contoh biayanya. Maka dari itu supaya tidak merasa terbebani dengan biaya aplikasi kredit tanpa jaminan yang tersembunyi, sebaiknya pilih layanan yang transparan sebelum kamu benar-benar melakukan permohonan pinjaman tersebut.