Jurusan yang Bisa Kerja di Bank

Ini Loh 5 Jurusan yang Bisa Kerja di Bank, Mahasiswa Wajib Tahu!

Jika Anda tetarik untuk bekerja di suatu bank, maka sebaiknya pilih jurusan yang bisa kerja di bank karena tidak semua jurusan kuliah bisa diterima kerja di bank. Namun, apa Anda tahu jurusan apa saja yang bisa kerja di bank? Jika belum tahu, simak ulasannya berikut ini.

1. Jurusan Manajemen

Jurusan yang bisa kerja di bank yang pertama yaitu jurusan manajemen. Jurusan manajemen mempunyai peluang kerja yang luas, seperti di perusahaan maupun bank. Nah, salah satu konsentrasi jurusan manajemen yang diperlukan keilmuannya di bank yaitu manajemen keuangan.

Konsentrasi manajemen keuangan adalah ilmu yang mempelajari analisa dan teknik pengolahan keuangan. Jadi, ilmu ini sangat sesuai dengan perbankan. Nah, bagi Anda yang ingin bekerja di bank setelah lulus kuliah, maka pilihlah jurusan manajemen.

Baca Juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Bank Dijamin Lolos

Para sarjana lulusan manajemen akan diterima di posisi yang berhubungan dengan ilmu manajemen, seperti marketing, SPPUR, enabler, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, stabilitas sistem keuangan, dan lain sebainya.

2. Jurusan  Hukum

Orang awam mungkin belum banyak yang tahu bahwa jurusan hukum adalah salah satu jurusan yang bisa kerja di bank. Salah satu contoh posisi di bank yang bisa dilamar oleh lulusan hukum yaitu posisi enabler.

Posisi enabler ini tidak hanya terbatas pada satu bidang saja, namun juga masuk ke ranah auditor risiko dan umum, auditor hukum, dan dukungan organisasi. Oleh karena itu, banyak bank di Indonesia yang akan membutuhkan lulusan jurusan hukum.

Baca Juga :  Macam-Macam Posisi Di Bank Yang Banyak Jadi Incaran Orang

3. Jurusan Psikologi

Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, sehingga jurusan psikologi juga menjadi salah satu yang memungkinkan lulusannya bisa bekerja di bank.

Jurusan ini juga tak kalah banyak peminatnya dengan jurusan manajemen. Khususnya, karena sekarang banyak orang yang  mulai sadar atas pentingnya kesehatan mental.

Salah satu keunggulan dari jurusan psikologi adalah banyak dibutuhkan di perusahaan besar, seperti BUMN, pemerintahan swasta, dan bank. Pada umumnya, lulusan jurusan psikologi bisa bekerja di bank di posisi personalia.

Baca Juga :  4 Tips Interview Lolos Kerja di Bank Bagi Fresh Graduate

Personalia adalah posisi dimana tugasnya membantu mengelola sumber daya manusia. Selain itu, lulusan jurusan psikologi juga  biasanya memiliki fungsi assesment atau penilaian yang kuat, sehingga cocok untuk ditempatkan di bagian personalia.

4. Jurusan Hubungan Internasional

Selain jurusan psikologi, jurusan yang bisa kerja di bank adalah hubungan internasional (HI). Pada umumnya, sarjana lulusan HI melamar pekerjaan di bank untuk bagian moneter.

Bagian moneter adalah orang yang bertanggung jawab dengan kondisi ekonomi makro dan mikro secara internasional, sehingga sangat dibutuhkan.

5. Jurusan Ekonomi Syariah

Selain beberapa jurusan di atas, jurusan yang bisa kerja di bank yaitu jurusan ekonomi syariah. Indonesia adalah salah satu negara yang ada  di peringkat 10 besar terkait urusan ekonomi syariah. Tepatnya, Indonesia ada di posisi pertama dalam hal jumlah konsumen keuangan syariah dan perbankan syariah dan.

Baca Juga :  Cara Magang di Bank Indonesia Paling Tepat

Hal ini karena banyaknya masyarakat Indonesia yang beralih dari bank konvensional ke bank syariah yang sesuai dengan hukum islam. Bank syariah di Indonesia pun semakin bertambah dan menjadi yang terbanyak di dunia. Oleh karena itu, peluang lulus ekonomi syariah untuk kerja di bank sangat besar.

Nah, itulah penjelasan tentang sejumlah jurusan yang bisa diterima kerja di bank dengan berbagai posisi yang bermacam-macam. Anda bisa memilih salah satu jurusan di atas sesuai dengan posisi yang Anda minati, ya.

Baca Juga :  Tips Menjadi Teller Bank, Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melamar di Bank
yang di cari pengunjung https://www asetpintar com/2262/ini-loh-5-jurusan-yang-bisa-kerja-di-bank html,https://www asetpintar com/2262/ini-loh-5-jurusan-yang-bisa-kerja-di-bank html#:~:text=Jurusan yang bisa kerja di bank yang pertama yaitu jurusan di bank yaitu manajemen keuangan,https://www asetpintar com/2262/ini-loh-5-jurusan-yang-bisa-kerja-di-bank html#:~:text=di bagian personalia - 4 Jurusan Hubungan Internasional di bank untuk bagian moneter,https://www asetpintar com/2262/ini-loh-5-jurusan-yang-bisa-kerja-di-bank html#:~:text=Pada umumnya, lulusan jurusan psikologi membantu mengelola sumber daya manusia,https://www asetpintar com/2262/ini-loh-5-jurusan-yang-bisa-kerja-di-bank html#3_Jurusan_Psikologi,https://www asetpintar com/2262/ini-loh-5-jurusan-yang-bisa-kerja-di-bank html#:~:text=Pada umumnya, sarjana lulusan HI secara internasional, sehingga sangat dibutuhkan,jurusan sarjana yang dibutuhkan bank,kerja dibank bergaji tinggi harus jurusan apa?,lulusan apa bisa kerja di bank