Apa Saja Investasi Untuk ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan?

Apa Saja Investasi Untuk ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan?

Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal, dengan harapan suatu saat nanti bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk diantaranya ibu rumah tangga, yang notabene melakukan kegiatan sehari-harinya hanya di dalam rumah saja. Apa saja investasi untuk ibu rumah tangga? Berikut penjelasannya.

Apakah Ibu Rumah Tangga Boleh Berinvestasi?

Jika ada yang berpikir bahwa ibu rumah tangga tak bisa melakukan investasi, dan hanya mengandalkan uang pemberian suami saja, maka anggapan itu keliru. Banyak ibu rumah tangga yang terjun ke dunia investasi, seperti halnya ibu yang bekerja.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu rumah tangga dalam memilih jenis investasi hingga bagaimana melakukan investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak semua investasi cocok untuk ibu rumah tangga.

Jenis Investasi yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga.

Apa saja investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga ? Nah, berikut ini akan disajikan mengenai jenis investasi yang sekiranya cocok untuk ibu-ibu dan tentunya bisa dijadikan referensi:

1. Investasi Emas

Berinvestasi emas  merupakan investasi untuk ibu rumah tangga yang tak lekang waktu, karena investasi ini tak pernah berkurang peminatnya. Investasi emas terbagi kedalam 2 jenis, yaitu investasi logam mulia dan perhiasan emas.

Investasi logam mulia bisa dilakukan dengan melakukan pembelian logam mulia maupun dengan tabungan emas ataupun cicilan emas. Tabungan emas ataupun cicilan emas adalah cara lain untuk memiliki emas dalam bentuk logam mulia dengan cara menabung atau mencicil.

Investasi emas berupa perhiasan emas adalah jenis investasi emas yang banyak dipilih oleh banyak ibu rumah tangga. Namun bagi sebagian ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan keuntungan besar,  investasi  emas bukanlah solusi.

Mengapa? Karena saat melakukan penjualan perhiasan emas, akan dikenakan biaya potongan dan biaya-biaya lainnya. Seperti biaya pembuatan, serta ongkos reparasi jika ternyata ditemukan sejumlah kerusakan pada perhiasan emas yang dijadikan investasi.

2. Investasi Saham

Investasi saham dikenal juga dengan investasi surat-surat berharga (efek), yakni kegiatan jual beli saham yang dilakukan di pasar saham (bursa saham atau efek). Dalam investasi saham dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu :

  • Sebagai trader. Yakni jenis investasi dimana penanam modal berperan sebagai trader ( pedagang ) yang menjual saham segera setelah pembelian, dengan keuntungan langsung diterima ( capital gain ) dari selisih harga jual dengan harga beli saham.
  • Investor. Yakni jika penanam modal melakukan penahanan terlebih dulu (hold) terhadap saham yang telah dibeli, dengan harapan keuntungan bisa didapat lebih besar. Keuntungan yang diterima berupa dividen, dan tidak diberikan secara keseluruhan (hanya sebagian).

3. Properti

Selanjutnya properti bisa menjadi pilihan investasi untuk ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan seiring berkembangnya zaman, dimana setiap orang memerlukan tempat tinggal. Ini menjadi faktor mengapa harga properti semakin hari semakin mahal. Dengan alasan ini pula, maka tak salah kiranya jika properti bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga.

4. Reksadana

Reksadana merupakan kumpulan beberapa investasi yang berasal dari beberapa investor, untuk dikelola oleh Manajer Investasi.  Alasan mengapa reksadana sangat cocok untuk ibu rumah tangga dalam melakukan investasi adalah karena reksadana bisa dilakukan (top up) hanya dengan modal kecil.

Dengan minimal uang sebesar 10 ribu saja, ibu rumah tangga sudah bisa melakukan investasi reksadana, dengan ketentuan penanam modal melakukan top up secara berkala. Hal ini dikarenakan, modal yang kita setor akan dikumpulkan dengan investor-investor lainnya.

5. Surat Utang Negara ( SUN )

Untuk surat utang negara merupakan surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang bertujuan untuk mencari dana pembiayaan APBN. Skema investasi jenis ini adalah, investor dan penanam modal meminjamkan sejumlah modal kepada negara/pemerintah. Untuk imbalannya, investor tersebut akan menerima kupon sebagai bukti atau jaminan penanaman modal.

Investasi surat utang negara ( SUN ) ini dianggap cocok untuk ibu rumah tangga, karena tidak terlalu berisiko. Walaupun akhirnya mengalami kegagalan, semua kegiatan investasi dijamin oleh pemerintah.

Itu adalah beberapa jenis investasi untuk  ibu rumah tangga yang tidak mempunyai kemungkinan risiko dengan jumlah kecil, karena jenis-jenis investasi tersebut umumnya tidak memerlukan modal besar, bahkan ada beberapa investasi yang dijamin pemerintah, misalnya Surat Utang Negara (SUN).

Baca Juga :  Kenali Tips Aman Berinvestasi Reksadana Online untuk Investor