5 Tips Menabung Di Rumah yang Paling Aman

5 Tips Menabung Di Rumah yang Paling Aman

Untuk meningkatkan semangat menabung perlu tips menabung di rumah secara khusus. Paling tidak supaya aktivitas menabung bisa dilakukan setiap hari atau sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan sebelumnya. Nah, bagi siapapun yang ingin menabung tetapi tidak tahu cara untuk menjaga rutinitas silahkan simak artikel finansial berikut ini. Semuanya ditujukan untuk masyarakat yang ingin mengatur keuangan dengan cara menabung sebagian penghasilan. Ini tips yang dimaksud:

1. Tanamkan Niat Terlebih Dahulu

Tips pertama adalah tanamkan niat terlebih dahulu kalau uang yang ditabung tidak akan diambil sebelum tiba waktu sesuai rencana. Jika niat ini saja tidak ada berarti keinginan untuk menabung tidak serius yang berpotensi membuat aktivitas dilakukan dengan asal.

Niat yang kuat untuk menabung adalah unsur terpenting dari keberhasilan menabung. Pasalnya jika tekad ini dijaga dengan baik tentu keinginan untuk mengambil uang tabungan menjadi hilang sama sekali. Makanya pastikan terlebih dahulu kalau ada uang sisa perbulan yang bisa ditabung. Jika tidak ada lebih baik alokasikan dulu ke kebutuhan lain atau meminimalkan pengeluaran agar ada sisa yang bisa ditabungkan.

2. Beli Celengan yang Mahal

Tips yang berikutnya adalah silakan beli celengan yang mahal yang sekiranya merasa rugi jika harus dipecahkan kecuali tabungan sudah banyak. Ini juga tips yang bisa dicoba dan 100% berhasil. Selanjutnya terserah yang mau menabung bersedia atau tidak untuk mengeluarkan biaya besar untuk membeli celengan. Jika sudah tekadnya bulat dan bersedia silahkan beli sekarang juga lalu mulai menabung esok hari.

Jika tips ini dijalankan tentu keinginan untuk mengambil uang tabungan yang masih sedikit bisa ditahan. Bisa dibayangkan jika harga celengan Rp100.000, sedangkan isi tabungan masih Rp50.000 masihkah akan dipecahkan hanya untuk membeli bensin!

3. Titip Tabungan Kepada Keluarga

Tips menabung di rumah agar hasil banyak yang ketiga adalah titip tabungan kepada keluarga yang bisa dipercaya. Jangan lupa untuk menyampaikan kalau suatu saat uang tersebut akan diminta jangan diizinkan apalagi tanpa alasan yang jelas. Jika menggunakan teknik ini si penabung tidak akan melihat celengan karena sudah disembunyikan keluarga yang lain.

Namun, bukan berarti tidak bisa melihat berapa jumlah uang yang sudah ditabung karena saat menabung nominalnya tercatat secara lengkap. Artinya jika ingin ditabungkan oleh keluarga jangan lupa setiap menabung nominalnya dicatat. Ini yang nantinya menjadi bukti pada saat uang tabungan diambil ternyata ada selisih yang mencurigakan.

4. Menabung Uang Receh tetapi Rutin

Tips yang berikutnya adalah menabung uang receh tetapi dilakukan dengan rutin. Ini lebih baik dibandingkan nominal besar tetapi tidak istiqomah yang justru membuat semangat menabung di rumah menjadi turun. Sekalipun uang receh tetapi jika menabungnya setiap hari tentu lama kelamaan hasilnya juga banyak. Bahkan bisa mengalahkan orang yang menabung dengan nominal besar tetapi tidak rutin.

Oleh sebab itu, mulailah menabung tanpa melihat nominal besar atau kecil. Yang terpenting adalah bisakah aktivitas tersebut dilakukan setiap hari untuk waktu yang lama. Karena ini yang nantinya menjadi penyebab uang yang ditabungkan semakin banyak.

5. Tulis Kata Motivasi Menabung di Celengan

Menabung itu mudah sedangkan yang sulit adalah mencegah diri untuk mengambilnya demi dibelanjakan barang-barang yang tidak penting. Maka dari itu diperlukan tips khusus supaya motivasi menabung tetap tinggi. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menulis kata motivasi di celengan agar setiap kali ingin mengambil kalimat tersebut terbaca dengan jelas. Akhirnya keinginan untuk mengambil uang tabungan menjadi batal.

Itulah beberapa tips menabung di rumah yang aman dan pasti berhasil. Apalagi ketika menabung disertai dengan tekad bulat kalau tabungan tersebut tidak akan diambil sebelum jumlahnya sesuai dengan target yang direncanakan.

 

Baca Juga :  Kenali Beragam Jenis Investasi Reksadana yang Bisa Dicoba