Bagaimana Cara Menabung Emas Antam

Bagaimana Cara Menabung Emas Antam? Baca Ulasan Berikut!

Emas antam adalah emas yang dikeluarkan oleh perusahaan perseroan yang bernama Aneka Tambang (PT Aneka Tambang TBK), yaitu salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan. Berikut akan dijelaskan tentang bagaimana menabung emas Antam.

Pada masa sekarang ini, istilah menabung tidak hanya dikaitkan dengan menyimpan dana untuk waktu tertentu sehingga bisa menghasilkan uang dengan jumlah banyak ataupun setara dengan harga barang tertentu. Menabung emas bisa dikatakan membuka tabungan emas ataupun membeli emas sebagai tabungan.

Emas antam keluaran terbaru menggunakan sertifikat berupa chip, serta emas yang dicetak press dan dilaminasi. Hal ini untuk memudahkan pemilik emas antam agar bisa dengan mudah dibawa beserta sertifikatnya sekaligus, tergantung kebutuhan. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menabung emas di Antam dengan mudah dan efektif, cara-caranya adalah:

MENUJU TOPIK

1. Mengecek Harga Emas Antam yang Ada di Website Resmi Antam

Gunanya tentu saja untuk mengetahui harga emas antam yang berlaku saat itu. Inilah yang menjadi bekal dalam mempersiapkan dana yang harus dikeluarkan untuk menabung emas di antam. Untuk menabung emas antam, bisa diartikan membeli emas antam yang bisa dijadikan sebagai investasi atau tabungan, yang nantinya bisa dijual kembali disaat membutuhkan.

Ada beberapa bentuk emas antam yang sengaja dikeluarkan untuk kebutuhan  menabung emas, diantaranya dengan berat 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram hingga maksimal 100 gram.

2. Mendatangi Kantor Antam

Untuk mengetahui dimana kantor antam terdekat bisa melalui aplikasi antam online. Disana tercatat semua lokasi outline antam yang ada di seluruh Indonesia. Pastikan bahwa kantor antam yang akan didatangi adalah kantor antam yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal, ataupun sesuai domisili.  Nantinya petugas antam akan menanyakan kartu identitas dan persyaratan lainnya yang tentunya akan dicocokkan dengan domisili.

3. Mengambil Nomor Antrian

Jika merasa kerepotan untuk mengambil nomor antrian sendiri, bisa memakai jasa security yang selalu siap membantu. Selagi menunggu, diharapkan untuk mengecek kembali persyaratan yang harus dibawa. Pastikan untuk membawa semua persyaratan yang diminta.

4. Siapkan Dokumen yang diperlukan

Dokumen yang dimaksud adalah kartu identitas diri (KTP) serta NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Dokumen tersebut juga berfungsi sebagai penanda faktur berupa data diri yang akan disertakan bersamaan dengan jumlah emas yang akan diperoleh untuk menabung emas.

5. Setelah Pengisian Formulir, Maka Selanjutnya Akan Diarahkan ke Loket Tempat Penyerahan Emas untuk Menabung Emas di Antam

Untuk tahap ini, seseorang tinggal menyerahkan uang sebesar harga emas antam serta jumlah emas antam yang akan dibeli. Ruangan loket penyerahan antam ini sengaja dirancang tertutup, untuk menjamin keamanan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mulailah dengan melakukan pembelian dengan berat dan nominal kecil, lalu beralih ke berat emas antam yang lebih besar. Hal ini agar tidak membebani dalam pembelian emas antam, karena membeli emas antam dengan berat yang lebih besar sudah pasti memerlukan biaya yang tidak kecil.

Selalu memantau harga emas di pasaran. Karena harga emas antam cenderung berubah setiap waktu, meskipun tidak secara signifikan. Berhati-hati dalam membawa maupun menyimpan emas Karena emas antam fisik yang disatukan dengan sertifikat cenderung mengundang orang-orang jahat untuk mengambil atau merampas emas antam secara lebih mudah.

Itu tadi adalah beberapa cara  yang bisa dilakukan untuk menabung emas  di antam. Dengan mengetahui cara-cara tersebut, setidaknya kita tidak akan kebingungan mengenai bagaimana menabung emas. Karena seperti halnya berinvestasi di tempat lain, menabung emas di Antam juga bisa dijadikan solusi berinvestasi yang menjanjikan.

 

 

 

Baca Juga :  Cara Bermain Saham untuk Pemula Agar Raup Untung