Ingin Berinvestasi? Simak Tips Berinvestasi Emas di Bawah Ini!

Ingin Berinvestasi? Simak Tips Berinvestasi Emas di Bawah Ini!

Emas adalah jenis logam mulia yang tak lekang zaman, karena harga emas yang cenderung tinggi. Dengan alasan tersebut, maka sebagian masyarakat lebih memilih untuk berinvestasi emas dibandingkan dengan investasi lainnya. Namun ada tips berinvestasi emas yang patut diketahui sebelum melakukan berinvestasi emas dengan lebih jauh.

Ada 2 jenis berinvestasi emas yang sering dipilih masyarakat, yaitu berinvestasi emas berupa logam mulia, serta berinvestasi emas berupa perhiasan. Jika ingin berinvestasi emas, sebaiknya lakukan tips-tips berikut ini:

MENUJU TOPIK

1.Tentukan Jenis Emas  serta Resikonya

Hal ini dikarenakan berinvestasi emas berupa perhiasan akan mengalami penyusutan biaya. Ini tentunya akan dikenakan menyangkut biaya produksi emas dan juga kerusakan yang sering terjadi akibat pemakaian perhiasan emas. Tak hanya itu, juga ikut serta biaya reparasi kerusakan yang diakibatkannya berikut potongan harga emas saat penjualan.

2. Tetapkan Tujuan Berinvestasi Emas

Tips ini untuk membuat target dan rencana yang jelas dan terarah.  Mengenai jangka waktu berinvestasi emas berikut jumlah emas yang harus dimiliki sebagai aset investasi. Contohnya, jika berinvestasi untuk biaya kuliah anak maupun ongkos naik haji, maka yang ditentukan adalah jangka waktu yang menjadi acuan. Misalnya diperlukan waktu 10 tahun dengan jumlah emas sebesar berapa gram untuk mencapai harga yang sesuai untuk biaya kuliah maupun ongkos naik haji.

3. Selalu Memantau Harga Emas 

Ini penting, mengingat seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa harga emas sering mengalami perubahan. Meskipun tidak cenderung signifikan, namun hal ini bisa berpengaruh pada harga emas saat emas yang dimiliki akan dijual.

4. Membeli dan Menjual Emas di Saat Yang Tepat

Usahakan untuk membeli emas pada saat harga emas mengalami penurunan, dan menjual emas pada saat harga emas naik. Hal ini tentu saja untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Mungkin ini terdengar sepele, namun tips berinvestasi satu ini juga sangat mempengaruhi keberhasilan investasi.

5. Tentukan Jumlah Uang yang Harus Dikeluarkan

Sebenarnya hal ini tidak terlalu menjadi masalah jika memilih berinvestasi emas berupa logam mulia dibandingkan dengan berinvestasi emas berupa perhiasan emas. Untuk berinvestasi emas berupa logam mulia, beberapa perbankan banyak membuka layanan tabungan emas dan cicilan emas, yang mana memudahkan nasabah untuk memiliki emas dengan cara diangsur dan dicicil.

Berbeda dengan membeli perhiasan emas yang harus menggunakan uang tunai dalam melakukan perhiasan emas sesuai dengan jumlah emas yang akan dibeli. Namun yang menjadi masalah utama dalam berinvestasi emas berupa logam mulia dengan cara dicicil ini adalah adanya tujuan ganda yang sama-sama diprioritaskan.

Misalnya jika tujuan semula berinvestasi emas adalah untuk renovasi rumah, maka tujuan utamanya sekarang adalah bagaimana melunasi cicilan emas berupa logam mulia serta tujuan merenovasi rumah dari keuntungan berinvestasi emas yang akan didapat di kemudian hari.

6. Memilih Tempat Pembelian Emas yang Terpercaya

Tips ini ditujukan terutama pada cara berinvestasi emas berupa perhiasan. Karena umumnya setiap toko/gerai perhiasan menerapkan harga potongan yang berbeda-beda untuk setiap emas yang dijual konsumen.

Sedangkan untuk berinvestasi emas dengan logam mulia biasanya menggunakan perbankan ataupun PT ANTAM TBK dan UBS dan sejenisnya yang sudah terbukti kredibilitas atau likuiditasnya. Likuiditas yang dimaksud adalah kemampuan perusahaan/badan usaha untuk menanggulangi atau mengatasi masalah dalam jangka waktu pendek.

7. Tetap Fokus Pada Tujuan

Tips ini dimaksudkan agar terhindar dari kebuntuan/terhenti ditengah jalan dari tujuan semula. Hal ini bisa diakibatkan dari kebosanan karena jangka waktu yang lama dalam berinvestasi emas, ataupun karena adanya tujuan baru yang ingin dicapai sebelum tujuan semula terlaksana. Misalnya tujuan semula adalah berinvestasi emas untuk biaya naik haji, namun kemudian terganjal dari keinginan atau tujuan baru untuk merenovasi rumah.

Itu adalah tips-tips berinvestasi emas yang perlu diketahui untuk anda yang ingin berinvestasi emas. Tentunya, dengan tips-tips ini diharapkan agar investasi yang dilakukan bisa berjalan mulus, serta dapat  menghasilkan keuntungan yang diharapkan dan terhindar dari resiko kegagalan.