Sudah Buntu Mencari Cara Membayar Hutang Perhatikan ini

Sudah Buntu Mencari Cara Membayar Hutang? Perhatikan ini

Bisa mengetahui bagaimana cara membayar hutang sampai lunas ketika kondisi keuangan sedang terjepit adalah hal yang sangat penting sekali. Karena bisa hidup bebas dari segala hutang membuat semua orang merasa nyaman. Mereka tidak perlu membayar tagihan bulanan untuk membayar angsurannya, kecuali untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

Sayangnya hal seperti ini sangat sulit di era pandemi sekarang ini. Biaya hidup yang mahal tanpa diimbangi dengan kenaikan gaji dan tambahan penghasilan memaksa setiap orang mengajukan pinjaman. Akibatnya bukannya masalahnya berakhir namun hutangnya menumpuk di semua platform pinjaman online.

Lebih buruknya lagi adalah bisa sudah seperti ini, ingin berinvestasi dan menabung terasa mustahil. Karena uang gajian habis untuk melunasi tagihan setiap bulan. Bahkan bila berhasil lunas, mereka terkadang masih mengajukan pinjaman lagi untuk memenuhi hidupnya. Sehingga hutangnya tidak pernah ada habisnya karena selalu berputar.

Baca Juga :  Alokasi Aset Stratejik vs Taktis, Pilih Mana?

Bila kamu mengalami kebuntuan dalam melunasi hutang, maka kami punya solusinya. Jadi jangan hanya berpikir bahwa hutang itu selalu berakhir buruk. Asalkan kamu memperhatikan beberapa cara membayar hutang di bawah ini, dijamin pinjamanmu segera lunas. Berikut adalah tips melunasi hutang ketika jalan sudah buntu:

Cari Pekerjaan Sampingan dan Manfaatkan Tabungan Investasi

Salah satu solusi paling utama ketika sudah tidak ada jalan keluar untuk membayar hutang adalah harus segera mencari pekerjaan sampingan. Sekarang ini ada banyak lapangan pekerjaan terbuka lebar dimana-mana. Tergantung bagaimana caramu memanfaatkan keadaan tersebut untuk mendapat tambahan uang bulanan.

Baca Juga :  Cara Membuka Rekening Saham dengan Benar dan Aman

Misalnya saja seperti menjadi dropshipper dan freelancer sesuai bidangmu sendiri. Meski terlihat receh, namun bila hal tersebut ditekuni, hasilnya akan menggiurkan bahkan bisa lebih besar dari penghasilan utamamu. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara membayar hutang dari hasil pekerjaan sampinganmu tersebut.

Bila kamu sudah berhasil mendapat pekerjaan sampingan yang gajinya besar, maka itu bisa dimanfaatkan untuk investasi dan ditabung. Namun bila ternyata kecil, maka manfaatkan uang gajianmu tersebut untuk membayar hutang. Karena memang dari awal tujuan mencari pekerjaan sampingan adalah meringankan beban hutang setiap bulan.

Sementara itu, bila kamu memiliki tabungan sebelumnya, maka salah satu solusi terbaik untuk melunasi pinjamanmu adalah segera cairkan tabunganmu sekarang juga! Jadi bila uang gaji bulanan dan pekerjaan sampingan masih belum cukup, maka tidak ada salahnya gunakan tabungan untuk melunasinya.

Baca Juga :  Apa Saja Investasi Untuk ibu Rumah Tangga yang Paling Menguntungkan?

Untuk yang satu ini, kamu tidak perlu langsung mencairkan semua tabunganmu untuk membayar tagihannya. Namun ambil saja sedikit supaya tagihannya lebih ringan dari sebelumnya. Jadi tabungan hanya dipakai ketika kondisi keuangan sudah tidak memungkinkan. Itu saja yang diambil sedikit dan sekali saja supaya tidak tergerus.

Jual Barang Tidak Penting dan Manfaatkan Keberuntunganmu

Selain mencari pekerjaan sampingan dan menggunakan uang tabungan untuk melunasi hutang. Maka kamu juga bisa menjual barang yang sudah tidak terpakai sebagai salah satu cara membayar hutang paling mudah. Jadi tidak ada salahnya kamu melakukan hal tersebut untuk mendapat tambahan uang demi melunasi tagihannya.

Baca Juga :  Macam-macam Investasi untuk Pemula yang Aman Dicoba

Dengan cara ini akan membuat pemasukanmu bertambah setelah mendapat pekerjaan sampingan dan kemudian menjual barang yang tidak dibutuhkan lagi. Supaya lebih mudah proses penjualannya, jual saja barang tersebut secara online di beberapa marketplace gratisan atau melalui akun media sosialmu di sejumlah forum online.

Dengan cara ini maka jangkauan pasar penjualannya lebih luas dan kemungkinan mendapat harga jual terbaik semakin besar. Selanjutnya, untuk mendapat tambahan uang lagi, maka cobalah memanfaatkan keberuntungan dengan mengikuti kuis berhadiah. Seperti yang terlihat sekarang ini semuanya serba modern.

Kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan cara ikut serta undian berhadiah secara online. Bila beruntung, kamu bisa mendapat banyak doorprize menarik seperti uang tunai yang bisa digunakan untuk tambahan membayar angsuran hutang. Apa saja hadiahnya pasti menguntungkan bila kamu berhasil menjadi pemenangnya.

Baca Juga :  5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Bila kamu mendapat hadiah berbentuk barang dan ada nilai jualnya, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk dijual kembali dengan harga lebih murah dari pasarannya. Sehingga bisa cepat laku dan hasilnya dapat dirasakan untuk membayar hutang yang belum lunas.

Jadi seperti itulah beberapa hal yang bisa dicoba supaya cicilannya segera lunas. Yang pasti meski kondisi keuanganmu bermasalah, kamu harus tetap membayar hutang hingga lunas. Kamu bisa mencoba beberapa cara membayar hutang di atas untuk melunasi angsurannya agar keuanganmu lebih stabil.