Prosedur Pelunasan Kredit Bank yang Perlu Dipahami Nasabah

Prosedur Pelunasan Kredit Bank yang Perlu Dipahami Nasabah

Bagi sebagian orang hutang kredit di Bank adalah solusi untuk mengatasi masalah finansial dan ekonomi termasuk untuk mendapatkan modal usaha. Oleh karena hal tersebut, prosedur pelunasan kredit Bank perlu diketahui oleh para nasabah minimal sebelum mulai melakukan peminjaman.

Nah, bagi nasabah yang kadung meminjam dan sudah waktunya pelunasan tetapi masih belum mengetahui teknik dan prosedurnya, maka di bawah ini akan dijelaskan secara detail. Silahkan disimak lalu terapkan teknik tersebut ketika sudah ada di Bank. Ini prosedur yang dimaksud:

MENUJU TOPIK

1. Datang Ke Bank Membawa Identitas Pribadi

Prosedur pelunasan kredit Bank yang pertama adalah silahkan datang ke Bank dengan membawa identitas pribadi seperti KTP. Jangan lupa bawa juga buku tabungan, Bukti Permohonan Kredit, Slip Pembayaran Terdahulu dan ATM (kondisional) lalu datang ke CS sampaikan keinginan untuk melakukan pelunasan.

2. Mengisi Blangko Pengambilan Dokumen

Langkah yang berikutnya ialah nasabah mengisi blangko pengambilan dokumen yang biasanya disertai dengan blangko pelunasan. Silahkan isi kertas-kertas tersebut dengan benar dan ditanyakan pada CS jika ada format yang tidak dipahami.

3. Proses Pengecekan Biaya Pelunasan oleh CS

Setelah mengisi blangko pelunasan CS akan mengecek berapa biaya pelunasan yang harus dibayarkan oleh nasabah. Silahkan cermati prosedur ini termasuk menghitung biaya secara cermat agar tidak ada yang dirugikan.

4. CS Membuat Surat Pelunasan

Setelah proses kalkulasi selesai maka CS akan membuat surat pelunasan yang akan diberikan kepada nasabah atau dikirimkan ke alamat nasabah. Ini biasanya tidak butuh waktu lama karena satu hari surat pasti selesai dibuat.

5. Nasabah Akan Mendapatkan Surat Rincian Pelunasan

Setelah CS menganggap kalau kalkulasi biaya pelunasan sudah fix, maka nasabah akan diberikan surat rincian pelunasan. Silahkan cek kembali apakah sudah sesuai dengan kesepakatan atau dengan kalkulasi pembayaran kredit sebelumnya.

6. Cek Stempel Lunas pada Dokumen Pelunasan

Prosedur pelunasan kredit Bank yang keenam adalah silakan cek terlebih dahulu apakah blangko tersebut sudah ada bukti pelunasan atau tidak. Biasanya berbentuk stempel lunas yang dibubuhi oleh pihak bank. Ini penting sekali juga untuk selalu diperhatikan secara detail.

7. Silakan Foto Copy Dokumen Pelunasan

Prosedur berikutnya ialah silakan foto copy dokumen pelunasan atau dokumen apapun yang nasabah dapatkan dari CS. Sebab, dokumen tersebut masih dibutuhkan untuk verifikasi oleh pejabat bank terkait kredit yang disebut load admin.

8. Datangi Load Admin di Bank

Prosedur yang kedelapan ialah mendatangi load admin di Bank. Jabatan inilah yang akan melakukan verifikasi terhadap blangko pelunasan yang sudah nasabah terima dari CS Bank sebelum pelunasan benar-benar telah disahkan. Lalu kemudian setor foto copy dokumen ke load admin. Pastikan tidak ada berkas yang tertinggal supaya proses pelunasan bisa lebih cepat.

9. Load Admin Melakukan Pemeriksaan Berkas

Jika foto copy dokumen sudah ada di load admin maka selangkah lagi nasabah sudah bisa melakukan pelunasan kredit. Sebab yang dibutuhkan hanya pemeriksaan dokumen saja setelah itu akan dilanjutkan dengan proses pelunasan. Nah prosedur yang terakhir adalah biasanya nasabah harus menunggu terlebih dahulu selama 3 hari untuk proses verifikasi. Jika proses ini sudah selesai maka berarti pelunasan yang dilakukan sudah fix.

Itulah beberapa prosedur pelunasan kredit Bank yang perlu diketahui oleh calon nasabah. Sebuah teknik pelunasan yang sederhana dan mudah tetapi sangat sistematis dan simpel sehingga nasabah bisa menutup kredit dengan nyaman tanpa rasa was-was.

 

Baca Juga :  Masih Awam tentang trading? Lakukan Tips Sukses Ini