Tips Belajar Saham untuk Pemula agar Cepat Sukses

Ada tips belajar saham untuk kamu yang ingin menabung uang dan mendapatkan keuntungan besar. Sebut saja Warren Edward Buffett, panutan terkemuka kelas dunia yang sukses dalam memainkan saham dan pernah menjadi orang terkaya ketiga dunia.

Indonesia juga memiliki Lo Kheng Hong, pemain saham sukses yang dielu-elukan dan dianggap sebagai Buffett-nya Indonesia. Dalam bermain, ada dua istilah, pertama investor dan kedua trader. Kamu dapat memilih satu diantaranya setelah lebih dulu mempelajari.

Keduanya harus dipahami secara benar agar pada saat pelaksanaan tidak terjadi kegagalan karena salah pemahaman. Setelah paham betul, jenis investasi seperti ini memang sangat menjanjikan karena ibarat kata ditinggal tidur saja berpotensi menghasilkan uang banyak.

Salah satu bocoran tips belajar saham yang benar adalah ketika praktiknya sama sekali bukan sesuatu yang rumit. Namun, tidak bisa juga dianggap sepele karena kurangnya pengetahuan akan membawa investor dan trader pada kerugian amat besar nilainya.

Baca Juga :  Kenali Jenis-Jenis Investasi Terbaik untuk Masa Depanmu

Adapun tips lainnya dapat dilihat dari beberapa hal berikut ini:

Mulai dari Nilai yang Berjumlah Sedikit

Mulailah dengan jumlah tidak terlalu besar untuk media belajar demi menghindari adanya resiko kerugian yang sangat besar. Perlu dipahami dalam permainan ini adalah semakin besar nilai yang diinvestasikan maka semakin tinggi juga risiko yang akan diambil.

Baca Juga :  4 Risiko Investasi Saham yang Bisa Bikin Kamu Bangkrut

Contoh buruknya ketika harus mengalami kerugian dari total uang Rp10.000.000 dengan kerugian dari total uang Rp100.000.000, tentu rasanya sangat berbeda. Coba saja dulu mulai dari nilai Rp10.000.000 dengan menyisihkan uang kira-kira Rp500.000 per bulannya.

Menentukan jumlah yang diinvestasikan adalah salah satu tips belajar saham secara tepat untuk selanjutnya menanam investasi yang lebih besar. Menabung sedikit lama-lama bisa menjadi bukit lebih menjanjikan daripada terpancing semangat yang sangat berlebihan.

Mengamati Politik dan Ekonomi yang Mempengaruhi Bisnis di Dunia

Ketika terjun untuk menabung dengan keuntungan yang berjumlah besar, mau tidak mau kamu sudah terlibat dalam pergolakan politik yang mempengaruhi bisnis dan ekonomi. Meskipun sebatas sebagai pengamat, namun politik akan mempengaruhi kerajaan bisnis di seluruh dunia.

Baca Juga :  Tren Trading Anak Muda, Kamu Wajib Coba

Sebagai tips belajar saham dalam menghadapi pergolakan politik, pastikan kamu rajin mengikuti berita politik, ekonomi, dan juga bisnis. Ketiganya akan berkesinambungan, terutama jika isu politik yang berkembang melibatkan perusahaan dimana kamu menanam uang.

Kondisi dimana politik mempengaruhi keadaan ekonomi terjadi di seluruh dunia. Indonesia hanya menjadi salah satu dari sekian negara dengan adaptasi berulang terhadap pergolakan politik, terutama pada saat pemilihan umum tiba.

Memahami Industri Perusahaan dengan Benar

Untuk tips belajar saham yang satu ini merupakan dasar sekali karena tidak mungkin kamu menanam uang pada perusahaan yang tidak diketahui bagaimana seluk-beluknya. Setidaknya untuk mencegah terjadinya kerugian dalam jumlah besar, menyelami perusahaan itu perlu.

Trik serupa diaplikasikan juga oleh Lo Kheng Hong, pemain saham terkenal dari Indonesia yang namanya merentang hingga ke seluruh negeri. Sebelum menabung uang untuk keuntungan tinggi di beberapa perusahaan, beliau akan mempelajari industrinya dahulu.

Baca Juga :  Tips Sukses Investasi Reksadana bagi Investor Pemula

Pilihlah Saham Big Caps dengan Benar

Big caps atau blue chips adalah istilah yang digunakan untuk menyebut saham satu lapis, dimana permainan para pemodal besar tidak mempengaruhi permainan para pemula. Poin ini penting karena bisa menjadi salah satu acuan keberhasilan pemula di awal percobaannya.

Ajaibnya bahkan kapitalisasi pada jenis investasi ini bisa mencapai Rp 40 Triliun sehingga ketika sudah tahu mana saham satu lapis di pasaran. Untuk memahami lebih jauh mengenai hal ini, kamu harus lebih banyak membuka diri terhadap setiap pengetahuan terkait investasi.

Pilih Saham PER yang Rendah

PER atau price to earning ratio adalah rasio perhitungan saham suatu perusahaan dengan penghasilan tahunan yang didapatkan. Sejujurnya jika PER semakin tinggi mengindikasikan semakin terpercaya juga perusahaan tersebut di mata para investornya.

Baca Juga :  Reksadana Saham dan Investasi Saham Memiliki Beberapa Perbedaan Mendasar

Nilai atau batas ketentuan PER ini tidak dapat disebutkan karena bergantung pada emiten serupa. Perlu diketahui untuk harga PER yang sudah tinggi, bukan tidak mungkin sahamnya tidak akan naik lagi.

Berbagai tips di atas dapat membantu para pemula mencapai kesuksesan bermain saham. Usia bukan lagi alasan terlalu muda atau terlalu tua untuk mulai belajar. Siapa saja bisa sukses dengan menerapkan tips belajar saham secara benar dan mau terus berinovasi.

yang di cari pengunjung tanam saham pemula