5 Tips Menabung Bagi Pelajar Yang Patut Dicoba

5 Tips Menabung Bagi Pelajar Yang Patut Dicoba

kebanyakan pelajar memang memiliki pendapatan yang berasal dari orang tua. Cara membagikan uang antara orang tua satu dengan yang lain juga berbeda. Ada yang memberikan setiap hari, seminggu sekali dan ada juga yang sebulan sekali bahkan satu semester sekali. Untuk yang satu semester sekali mungkin anaknya sedang merantau di tempat yang jauh. Kali ini akan dibahas beberapa tips menabung bagi pelajar yang efektif.

Sebagai seorang pelajar memanglah harus pintar-pintar mengatur keperluan pribadi untuk makan, transportasi, dan biaya lainnya. Tetapi memiliki uang untuk jaga-jaga juga diperlukan. Uang tersebut digunakan untuk keperluan yang mendesak sewaktu-waktu. Dari pada meminta lagi kepada orang tua lebih baik menabung sendiri.

Maka dari itu  sebagai pelajar perlu mengetahui bagaimana tips menabung untuk pelajar. Apa saja tips nya, silahkan baca artikel berikut ini. Berikut beberapa tips nya:

1. Menabung Dengan Nominal Yang Kecil Dan Konsisten

Bagi seorang pelajar yang juga membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Tips menabung bagi pelajar yang tepat adalah dengan menabung menggunakan nominal yang kecil. Selain sering disepelekan juga terasa ringan dilakukan.


Misalnya sehari seribu rupiah atau dua ribu rupiah saja asalkan dilakukan secara konsisten setiap hari. atau bisa juga seminggu sekali dengan menambahkan nominalnya dari dua ribu per hari menjadi lima belas ribu untuk seminggu sekali.

2. Bawa Bekal

Dengan membawa bekal sendiri ke sekolah akan membuat para pelajar menjadi hemat tanpa membeli makanan. Selain hemat, membawa bekal sendiri juga lebih sehat karena tahu proses memasaknya dan juga bahan-bahannya. Misalnya harga makan siang di sekolah sepuluh sampai lima belas ribu rupiah.

Dengan uang tersebut dapat anda tambahkan ke dalam tabungan, dan bayangkan selama sebulan ke depan. Pasti sudah terkumpul lumayan. Uang tersebut dapat digunakan untuk keperluan yang jauh lebih penting dan juga mendesak tentunya.

3. Memiliki Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan bisa menjadi salah satu tips menabung bagi pelajar yang ingin mendapatkan uang dengan usaha sendiri. Dengan bisnis seorang pelajar akan belajar dengan sendirinya tentang pengelolaan uang dari pengeluaran dan pendapatan. Contoh jualan yang bisa dilakukan adalah dengan berjualan di kelas. Atau bisa juga dititipkan ke kantin sekolah.

Misalnya membeli satu gorengan dengan harga seribu lalu di jual dengan harga seribu lima ratus atau dua ribu. Bayangkan jika sehari dapat menjual lima puluh gorengan, sudah berapa keuntungan anda? Tentu sangat menggiurkan bukan.

4. Berbelanja Dengan Bijak

Banyak orang berbelanja tidak berdasarkan kebutuhan melainkan keinginan. Mungkin barang tersebut terbilang lucu, namun tidak terlalu dibutuhkan lebih baik jangan dibeli dulu. Utamakan barang yang dibutuhkan terlebih dahulu baru barang yang sekunder. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan harganya. hati-hati dengan diskon.

Dengan diskon memang membuat harga menjadi lebih murah, tapi sering membuat orang yang menjadi pembeli tidak sadar bahwa telah membeli begitu banyak barang yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Hingga pengeluaran membengkak dan uang saku menjadi habis tak bersisa.

5. Membagi Uang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips menabung bagi pelajar selanjutnya adalah dengan membagi-bagi uang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk biaya pulang pergi ke sekolah, uang makan, uang jajan, uang jalan-jalan, untuk membeli buku ,untuk keperluan yang mendesak. Dengan begini semua keperluan sudah memiliki anggaran masing-masing dan mudah untuk mengatur nya.

Demikian penjelasan mengenai tips menabung bagi pelajar yang mungkin dapat diterapkan sendiri sebagai seorang pelajar. Selain meningkatkan kemampuan dengan mengatur keuangan sendiri, menabung juga dapat membuat pelajar lebih mandiri.

 

Baca Juga :  Manfaat Investasi Reksadana, Cocok untuk Investor Pemula