5 Cara Pintar Menabung Ibu Rumah Tangga Sukses Bikin Bangga Suami

5 Cara Pintar Menabung Ibu Rumah Tangga Sukses Bikin Bangga Suami

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang dituntut untuk pintar dalam mengatur keperluan keluarga. Menabung memang menjadi salah satu strategi untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Supaya tidak membuang uang hasil kerja suami maupun hasil kerja sendiri untuk hal yang kurang penting. Dari sini seorang istri harus mengetahui cara pintar menabung ibu rumah tangga agar pengeluaran tetap dalam batas yang normal.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa cara pintar untuk menabung ibu rumah tangga yang mungkin dibutuhkan untuk investasi ibu rumah tangga dan keluarga ke depannya. Apa saja cara-cara tersebut, Berikut ulasannya. Diantara berbagai macam cara pintar seorang ibu mengelola keuangan keluarga. Setidaknya perlu mengetahui 5 Cara pintar menabung ibu rumah tangga berikut ini:

MENUJU TOPIK

1. Dengan Mengumpulkan Mang Receh

Cara ini memang memiliki nominal yang terbilang kecil. Namun jangan salah. Dengan mengumpulkan uang receh baik dengan pecahan lima ratus rupiah atau seribu rupiah sedikit demi sedikit akan menjadi banyak juga. Uang yang dikira tidak terlalu berharga yang mungkin berasal hanya dari kembalian belanja. suatu saat nanti akan menjadi berharga seiring bertambahnya jumlah uang dan waktu.

Caranya adalah dengan memasukkan uang receh ke dalam suatu tempat tertutup. Sedikit saran, agar tidak penasaran dengan jumlah uang yang sudah terkumpul di dalamnya. Maka disarankan tempat yang digunakan adalah tempat transparan agar tidak bolak balik membuka tempat tersebut.

2. Membuat Rekening Baru Khusus Tabungan

Dengan mempunyai rekening untuk tabungan sendiri. akan membuat uang yang ditabung tidak tercampur dengan berbagai uang yang ibu rumah tangga miliki. Langkahnya dapat menabung dengan nominal yang tidak terlalu besar tetapi dalam waktu yang rutin. Misalnya sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Dengan nominal yang kecil inilah, menabung tidak mengganggu keperluan rumah tangga yang lain. Dan hal ini dapat menjadi salah satu cara pintar menabung ibu rumah tangga yang lumayan mudah untuk dilakukan.

3. Membuat Batas Maksimal Pengeluaran

Batas pengeluaran perlu diatur dan ditetapkan sebelum berbelanja kebutuhan. Gunanya untuk menghindari pembengkakan pengeluaran yang melebihi anggaran yang ada. Dengan adanya batas pengeluaran ini akan membuat keuangan keluarga menjadi lebih tertata dari sebelum menggunakan batas maksimal.

4. Menyisihkan Dana di Awal Bulan

Cara pintar menabung ibu rumah tangga selanjutnya adalah dengan menyisihkan beberapa uang di awal bulan. Sebelum terpotong untuk belanja keperluan keluarga, ambillah terlebih dahulu untuk uang tabungan. Agar tidak memberatkan untuk nantinya.

Maka jangan ambil uang tabungan dengan jumlah yang banyak. Ambillah dengan jumlah nominal sedikit namun rutin akan lebih mudah dan ringan dirasakan. Jika dibandingkan dengan sebentar dalam jumlah yang banyak, namun harus berhemat parah. Akibatnya berhenti menabung karena merasa sudah tidak nyaman dan terpaksa.

5. Mencari Diskon Ketika Berbelanja

Dengan adanya diskon atau potongan harga ketika berbelanja akan membuat keuangan sedikit berhemat. Apalagi potongan harga yang ditawarkan lumayan banyak. Namun cara pintar menabung ibu rumah tangga yang ini memiliki kekurangan.

Diantaranya membuat mata menjadi silau akan berbagai diskon yang ditawarkan dan berakibat lupa diri. Yang tadinya hanya ingin membeli empat barang menjadi enam atau bahkan delapan barang. Tentu saja hal ini bukanya berhemat tetapi membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak.

Itu tadi ulasan cara pintar menabung ibu rumah tangga yang dapat dilakukan oleh setiap ibu. Jika keberatan dengan cara yang pertama, anda dapat memulai dengan cara kedua atau ketiga sesuai dengan keinginan anda. .

 

Baca Juga :  Investasi Saham Syariah Mulai Menarik Perhatian Investor