5 Cara Menabung Uang Jajan 5000 yang Tidak Membosankan

5 Cara Menabung Uang Jajan 5000 yang Tidak Membosankan

Cara menabung uang jajan 5000 layak diketahui oleh kalangan anak muda. Pasalnya, nominal ini yang paling sering menghiasi dompet sehingga menjadi mudah ketika suatu saat ingin memiliki tabungan dengan nominal tersebut. Nah, karena masih banyak remaja tidak tahu cara menabung uang nominal ini, maka di bawah akan dijelaskan teknik menabung secara lengkap. Sebuah cara yang layak diajari orang tua kepada anak supaya lebih gemar menabung sejak dini. Ini cara yang dimaksud:

MENUJU TOPIK

1. Tabung Uang Langsung Jangan Menunggu Uang Sisa

Cara yang pertama adalah silakan tabung uang secara langsung beberapa saat ketika mendapatkan. Artinya jangan menunggu uang sisa sehabis membeli kue karena bisa dipastikan semangat untuk menabung tidak tinggi. Jika mendapatkan uang saku Rp10.000 dengan uang pecahan 5000 maka jangan dulu dibelanjakan tapi masukkan dulu Rp 5000 ke dalam celengan.

Jika ada uang baru Rp5000 yang kedua setelah yang ditabung tadi bisa dipakai untuk beli-beli. Sebaliknya kalau menunggu uang sisa bisa-bisa Rp10.000 itu habis saat itu juga. Apalagi ketika bertemu dengan kue harga Rp7.000 pasti jika membelinya sisa uang bukan lagi Rp5000 tetapi Rp3000.

2. Biarkan Celengan Disembunyikan oleh Orang Tua

Menabung Rp5.000 potensi nominal bertambah setelah satu tahun juga ada. Akan tetapi karena nominal yang ditabungkan kecil, potensi untuk membuka celengan sebelum satu tahun juga besar. Oleh sebab itu cara menabung uang jajan 5000 yang kedua adalah silakan minta bantuan orang tua atau saudara untuk menyembunyikan celengan tersebut.

Setelah ingin menabung kembali celengan bisa dikeluarkan. Sekalipun demikian nominal tabungan tetap harus dicatat dengan lengkap. Paling tidak si penabung menjadi tahu jumlah nominal sekaligus untuk meningkatkan semangat jika melihat nominal tabungan terus bertambah.

3. Biasakan Makan di Rumah Daripada Jajan di Luar

Menabung uang jajan 5000 bisa dilakukan jika kebiasaan jajan diluar bisa dihentikan. Caranya dengan membiasakan makan di rumah sampai kenyang sehingga seenak apapun penganan di luaran tidak akan menarik minat. Ini juga cara yang efektif sekalipun yang ditabung hanya Rp5000. Toh jika menabung setiap hari tentu selama satu tahun jumlah tabungan juga akan bertambah semakin banyak.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah harus ada tekad yang bulat untuk menghentikan kebiasaan jajan di luar. Tanamkan juga di dalam hati kalau segala macam makanan hanya enak di lidah. Toh ketika sudah masuk ke tenggorokan semua makanan rasanya sama saja.

4. Minta Uang Jajan Lebih dari Rp5.000

Cara menabung uang jajan 5000 yang berikutnya adalah silahkan minta uang jajan lebih dari Rp5000. Paling tidak ketika uang sudah di tabung masih ada sisa untuk pegangan di hari itu. Jika uang jajan habis hanya untuk ditabung tentu akan timbul rasa bosan dan malas karena harus mengekang keinginan membeli yang begitu terpaksa.

Akibatnya satu dua hari lancar tetapi di hari yang ketiga tentu tidak ada lagi keinginan untuk menabung. Oleh sebab itu, silahkan minta tambahan uang jajan minimal Rp10.000 setiap hari. Nah yang Rp5000 untuk tabungan sedangkan sisanya untuk pegangan di hari itu. Jika ini diterapkan tentu semangat menabung 5000 dengan rutin tetap ada.

5. Pilih Celengan yang Menarik dan Mahal

Cara yang terakhir adalah memilih celengan yang menarik dan mahal. Paling tidak yang potensi keinginan untuk memecahkannya tidak ada tetapi semangat untuk menabung dengan rutin justru bertambah besar. Untuk membuktikannya silahkan beli celengan Rp100.000 lalu mulai menabung Rp5000 hari ini.

Cara ini dijamin sekuat apapun keinginan untuk mengambil uang tersebut pasti si penabung tidak akan berani untuk memecahkan celengan. Sebab, tidak mungkin demi uang Rp5000 harus mengorbankan Rp100.000 hanya untuk  membeli kue. Ini contoh kecil bagaimana cara ini begitu efektif untuk dicoba.

Itulah beberapa cara menabung uang jajan 5000 yang bisa diterapkan oleh para remaja bahkan anak-anak. Dijamin jika cara diatas ditekuni dengan serius hasil tabungan pasti memuaskan.

yang di cari pengunjung cara menabung 5000 per hari,Menabung 5000,Cara menabung di rumah 5000,cara menabung uang 5000