Cara Melunasi Hutang Online, Ternyata Mudah!

Cara Melunasi Hutang Online, Ternyata Mudah!

Hutang online adalah pemberian pinjaman yang dilakukan secara online. Tentunya dengan syarat-syarat dan prosedur yang tidak begitu sulit.  Berikut ini akan dijelaskan mengenai  cara melunasi hutang online yang mudah. Cara-cara tersebut bisa langsung dilakukan oleh peminjam hutang online agar hutang online tersebut bisa cepat lunas.

MENUJU TOPIK

Bagaimana Cara Efektif Melunasi Pinjaman Online?

Untuk melunasi hutang online yang mudah, diperlukan beberapa cara efektif yang harus dilakukan peminjam hutang online. Adapun cara-cara efektif tersebut bisa disimak dalam pembahasan dibawah ini, diantaranya :

1. Melakukan Pinjaman Yang Menerapkan Bunga Kecil

Untuk cara melunasi hutang online  yang pertama adalah dengan melakukan pinjaman kembali kepada pihak lain yang menerapkan bunga kecil atau lunak. Ini memang cukup berisiko, karena bisa disebut gali lubang, tutup lubang. Namun jika ternyata tak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melunasi hutang online ini, maka cara ini cukup efektif. Dengan melakukan pinjaman kembali ke pihak lain untuk melunasi hutang online bisa dijadikan solusi. Hanya saja, yang perlu dipikirkan sebelum melakukan pinjaman kembali harus merupakan pinjaman berbunga kecil.

2. Memilih Pinjaman Tanpa Bunga

Jika memang ada pihak pemberi kredit yang menawarkan pinjaman tanpa bunga, maka ini bisa menjadi pilihan untuk mengajukan pinjaman dengan tujuan melunasi hutang online. Dengan cara ini setidaknya efektif, karena pinjaman yang diajukan tidak dibebani oleh penyertaan bunga. Sedangkan di sisi lain, hutang online bisa segera dilunasi. Meskipun hutangnya akan tergantikan oleh pinjaman atau hutang terhadap pihak lain, setidaknya pinjaman atau hutang kali ini tidak disertai pembayaran bunga.

3. Mengajukan Pinjaman Dengan Tenor Pembayaran Lebih dari Satu Tahun

Satu cara bisa dilakukan dalam mengajukan pinjaman ke pihak lain untuk melunasi hutang online, yaitu dengan mengajukan penawaran pelunasan dengan jangka waktu ( tenor ) lebih dari satu tahun. Setidaknya dengan jangka waktu pembayaran lebih dari satu tahun, tidak perlu lagi merasa terbebani dalam pembayaran cicilan yang terbilang singkat.

4. Menjual Aset atau Barang Berharga Milik Pribadi

Berikut cara melunasi hutang online selanjutnya adalah dengan menjual aset atau barang berharga milik pribadi yang hasil penjualannya bisa digunakan untuk melunasi hutang online. Pilihlah beberapa aset yang mempunyai harga jual tinggi Hal ini yang sekiranya dengan menjual satu asset saja bisa untuk melunasi hutang online.

Hal Yang Bisa Dilakukan Seandainya Terjerat Hutang Online

Bilamana seandainya terjerat hutang online, dan ternyata kewajiban pembayaran cicilan dirasa memberatkan, maka peminjam bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Meminta Pengurangan Bunga

Ini bisa dilakukan selama peminjam memberikan jaminan yang berupa kesediaan melunasi hutang dengan jangka waktu yang disepakati bersama, dengan catatan pembayaran cicilan maupun melunasi hutang online dengan tepat waktu.

2. Memohon Perpanjangan Jangka Waktu Pembayaran ( Tenor )

Jika dirasa waktu atau tenor pembayaran dirasa terlalu singkat, maka peminjam bisa melakukan pengajuan permintaan untuk menambah jangka waktu pembayaran  ( tenor ). Pada umumnya, tenor melunasi hutang online yang singkat akan disertai dengan jumlah angsuran yang besar, sedangkan untuk tenor yang lebih lama, besar angsuran terbilang lebih sedikit.

3. Bila Dalam Penagihan Disertai Dengan Hal-Hal Yang Tidak Menyenangkan, Bisa Melapor Ke Satgas Waspada Investasi

Umumnya dalam penagihan hutang online, pihak pemberi hutang online ini akan melakukan segala cara agar peminjam bisa melunasi hutang online tersebut, bahkan mungkin berujung kekerasan atau perbuatan atau tindakan yang tidak menyenangkan lainnya. 

Apabila situasi tersebut memang benar adanya, maka peminjam bisa melaporkan tindakan penagihan yang tidak menyenangkan tersebut ke pusat Satgas Waspada Investasi. Tentunya harus disertai dengan bukti-bukti yang kuat.

4. Perlu diingat, Bahwa Hutang Online Tersebut Harus Dilunasi

Seberat apapun pinjaman atau hutang online tersebut, tetap harus dibayar, seperti juga pinjaman yang lainnya. Apalagi jika hutang online ini umumnya menerapkan beban bunga yang besar. Artinya semakin lama menunggak, maka semakin besar bunga yang dibebankan.

Itu adalah beberapa cara melunasi hutang online yang mudah. Perlu diingat juga bahwa setelah melunasi hutang online tersebut, alangkah baiknya untuk menghapus aplikasi pinjaman online tersebut maupun aplikasi-aplikasi yang serupa agar tidak terjerat hutang online kembali. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat, khususnya bagi peminjam hutang online yang kesulitan untuk melunasi hutang online mereka.

 

Baca Juga :  Penting! Ini Cara Menutup Asuransi BNI Life