Beberapa Tips Investasi Rumah Kontrakan Bagi Pemula

Terdapat banyak jenis investasi properti yang dapat anda jalankan. Salah satunya adalah investasi rumah kontrakan. Di bawah ini akan kita bahas mengenai beberapa tips dalam investasi rumah kontrakan bagi pemula.

Saat ini semakin banyak investor yang membangun usaha di bidang properti. Banyak sekali alasan yang diungkapkan, mulai dari segi keuntungan, aset yang tahan lama atau awet dalam jangka panjang, dan lain sebagainya. Properti merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan serta dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Tips Jitu Investasi Rumah Kontrakan Bagi Pemula

Bisnis rumah kontrakan merupakan salah satu ladang yang dapat digunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Apalagi saat ini harga tanah selalu naik setiap waktunya. Bahkan saat ini bisnis investasi satu ini cukup jadi incaran banyak orang dengan keuntungan yang diberikannya.

Baca Juga :  Kenali Apa Itu Saham dan Keuntungannya Bagi Para Investor

Kebutuhan akan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, maka dengan berinvestasi rumah kontrakan ini dapat menjadi peluang besar. Dalam setiap pintu kontrakan, ibarat mesin uang yang tidak hanya memberikan kebaikan secara finansial, akan tetapi juga merupakan pendapatan pasif yang dapat berdampak baik terhadap keadaan psikologis seseorang.

Bagi anda seorang pemula yang akan memulai bisnis ini tidak perlu khawatir dalam menjalankannya. Dalam menjalankan bisnis rumah kontrakan, dibutuhkan adanya keahlian khusus bagi para pemula. Keahlian tersebut antara lain mengetahui cara memilih rumah, lokasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit yang Hilang, ini Prosedurnya

Di bawah ini beberapa cara tepat dalam menjalankan investasi rumah kontrakan bagi pemula:

Tentukan Jenis Rumah Kontrakan

Langkah awal dalam berinvestasi rumah kontrakan yang tepat adalah dengan membeli tanah atau rumah yang kemudian mengontrakkannya. Cara ini merupakan langkah efektif daripada harus membeli tanah kemudian membangunnya menjadi sebuah kontrakan.

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah kualitas bangunan rumah yang dibeli. Anda dapat membeli rumah dari para developer yang terpercaya sesuai dengan anggaran yang anda miliki.

Baca Juga :  Cara Menabung Uang Jajan 10000 dengan Cepat dan Mudah

Namun lain halnya apabila anda membeli tanah kemudian membangunnya, maka anda dapat menentukan jenis bangunan rumah sesuai dengan keinginan anda. Anda juga dapat menggunakan jenis material bangunan berkualitas sehingga bangunan rumah dapat menjadi tahan lama tanpa harus sering melakukan renovasi ulang dalam kurun waktu yang singkat.

Lokasi Strategis

Investasi rumah kontrakan bagi pemula harus memikirkan pemilihan lokasi yang strategis. Sebab kebanyakan rumah kontrakan yang dipilih oleh orang adalah memiliki letak yang strategis.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Modal Usaha Secara Cepat

Hal ini berarti dapat menjangkau banyak tempat umum, seperti sekolah, rumah sakit, pasar, supermarket, dan lain sebagainya. Untuk itu, disarankan bagi anda untuk berinvestasi rumah kontrakan yang letaknya strategis dan terjangkau.

Desain Rumah Nyaman

Tidak hanya letak yang strategis saja, akan tetapi desain rumah yang nyaman juga sangat berpengaruh terhadap pemilihan rumah kontrakan.

Biaya Sewa

Biaya sewa menjadi faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan bagi para calon penyewa. Mereka pasti akan mempertimbangkan lokasi rumah, desain, dan yang lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai anda menetapkan harga sewa yang terlalu tinggi dibandingkan dengan harga pasaran kontrakan sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga :  Kenali Risiko Investasi Reksadana Online Agar Tidak Kaget

Dalam menentukan harga sewa, hendaknya anda memperhatikan beberapa hal penting seperti lokasi, luas rumah, serta siapa target rumah penyewa rumah kontrakan anda. Selain itu, sebelum menentukan harga, sebaiknya anda melakukan survey sekitar terlebih dahulu.

Selain beberapa tips investasi rumah kontrakan bagi pemula di atas, anda juga dapat melengkapi rumah kontrakan anda dengan beberapa fasilitas pelengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain adanya jaringan wifi, AC, atau TV kabel yang dapat menunjang rumah kontrakan yang anda miliki.