cara mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah
cara mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah

Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Dari Pemerintah

Cara mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah – Pandemic covid-19  masih menjadi perbincangan yang cukup hangat, pasalnya sudah lebih dari 1 tahun lebih virus ganas itu menyerang dunia baik di dunia kesehatan maupun dalam sektor ekonomi hingga saat ini belum menunjukkan tanda – tanda kapan virus covid-19 musnah dari peradaban. Usaha pemerintah pun cukup maksimal akan tetapi tetap saja berjatuhan korban di setiap harinya.

Pemerintah menganjurkan agar warganya selalu berada di dalam rumah dan menghindari kerumunan yang tak lain tujuannya guna memutus rantai penyebaran virus ganas tersebut. Anjuran tersebut mempunyai dampak yang cukup positif, tetapi disisi lain mereka mau tidak mau harus keluar rumah mencari pemasukan untuk bertahan hidup di tengah situasi yang genting saat ini.

Tak sedikit perusahaan menutup usahanya dengan alasan mencegah tertularnya virus covid-19 dan ada pula mereka yang masih bertekad membuka usahanya ditengah situasi pandemic saat iini tetapi tidak memperoleh keuntungan seperti hari – hari biasanya. Hal tersebut tak lain karena sedikitnya para pengunjung yang datang.

Kabar baiknya pemerintah menyiapkan program penyaluran bantuan melalui kemensos ( Kementrian Sosial ). Program itu bertujuan untuk membantu warga yang terdampak covid-19, dikutip dari laman media berita nasional setiap penerima mendapatkan nominal yang berbeda.


Program bantuan tersebut di salurkan secara bertahap yakni tahap 1 , 2 dan 3. Umumnya warga yang mendapat bantuan ini ialah seperti contoh pelaku usaha yang usahanya terdampak pandemic dan seorang karyawan swasta yang tak dapat kembali bekerja lantaran covid-19.

Baca Juga :  Syarat dan Cara Mendapatkan Bansos untuk Ibu Hamil dan Balita

Namun tak sedikit pula orang dengan kriteria seperti diatas tidak tersentuh oleh program bantuan ini atau mungkin kamu juga salah satunya ? jika hal itu benar lalu bagaimana caranya agar kamu mendapat bantuan dari kemensos? Atau mungkin kamu tidak layak untuk menerima bantuan tersebut, pemerintah menerapkan beberapa syarat yang harus di penuhi oleh calon penerima. Apa saja syaratnya? Yuk lanjut baca.

Cara dan Syarat Agar Menerima Bantuan Sosial Pemerintah

Dalam menjalankan program tersebut pemerintah tentunya tidak ingin terdapat kesalahan utamanya bagi penerima bantuan itu. Sebelum mengucurkan dana untuk penerima, pemerintah akan mengecek atau memeriksa apakah calon penerima layak atau tidak. Itu semua bertujuan agar program bantuan ini tepat sasaran. Berikut syarat-syarat yang perlu kamu penuhi..

Data Telah Terdaftar Di RT/RW Sampai Desa

Calon penerima ialah masyarakat yang telah terdaftar dalam pendataann lingkup RT/RW dan bahkan datannya harus terdaftar di desa.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Tunai 2021 Dari Kemensos

Lalu bagaimana jika datamu belum terdaftar di desa? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghubungi RT/RW setempat untuk bersedia membantu agar datamu terdaftar di desa dan perlu ingat, proses ini tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis.

Warga Yang Kehilangan Pekerjaan

Program bantuan ini memeng dikhususkan bagi warga yang kehilangan atau mata pencaharian mereka akibat terdampak pandemic covid-19 seperti mantan karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Jika kamu salah satunya termasuk karyawan yang terkenak PHK akibat atau kehingan sumber penghasilanmu, kamu dapat membantu miminta bantuan pemerintah tingkat desa tentang apa yang kamu alami, guna agar perangkat desa mendaftarkan datamu sebagai orang yang layak untuk mendapatkan bantuan social ini.

Memiliki NIK / KTP

Untuk dapat menerima bantuan ini kamu harus mempunyai NIK atau KTP karna proses pencairannya menggunakan KTP ataupun jika tidak ada kamu tetap dapat men klaimnya namun dengan cara yang cukup rumit, kamu bisa memminta bantuan aparat desa untuk mengatasi hal tersebut.

Belum Tersentuh Bantuan Lain

Pemerintah menetapkan beberapa syarat diantaranya yang harus di penuhi yaitu. Bagi calon penerima yang sebelumnya belum pernah tersentuh bantuan sama sekali dari program pemerintah.

Apabila yang tertera di atas telah kamu penuhi tetapi tetap belum mendapatkan bantuan, kamu dapat men klaim melalui bantuan perangkat desa.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Tunjangan Ibu Hamil 2021

Setelah membahas cara mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah saat pandemic untuk selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatur keuangan saat pandemic covid-19 seperti saat ini.

Tips Cara Mengatur Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Mengatur keuangan dalam kehidupan sehari-hari adalah aspek yang sangat penting Karena bertujuan agar dapat membantu memantau jalan keluar masuknya kauangan terutama di musim pandemic seperti sekarang ini.

Dalam keadaan seperti saat ini kita harus pintar-pintar mengatus keuangan untuk bertahan hidup dalam keadaan ekonomi yang sangat melemah seperti yang kita rasakan bersama saat ini. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan sedangkan saat ini tak dapat bekerja. Baik kami contohkan bagaimana cara kamu menghasilkan uang melalui rumah

Sudah 1 tahun lebih pemerintah menganjurkan untuk tetap berada dirumah jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Perlu kamu sadari di rumah bukan berarti kamu tidak dapat menghasikan uang, lalu bagaimana caranya?

Jawabannya tergantung bagaimana dan apa keahlianmu, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu dibidang apapun itu. Seperti contoh jika kamu ahli dibidang desain, kamu dapat membuja jasa edit foto, menarik bukan? Yah itu Cuma salah satunya, silahkan analisa sendiri apa keahlianmu