Cara mendapatkan bantuan sosial tunai
Cara mendapatkan bantuan sosial tunai

Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Tunai 2021 Dari Kemensos

Cara mendapatkan bantuan sosial tunai 2021 dari kemensos – Pandemic covid belum berakhir, pemerintah selalu sigap dalam membantu warga yang terdampak virus ganas tersebut. Salah satunya melalui bantuan social tunai (BST), program tersebut di salurkan oleh pemerintah melalui kementrian social (kemensos), adapun penyalurannya melalui beberapa tahap yakni tahp 1 dan tahap 2. Untuk nominalnya sendiri Rp.300.000. pada program tersebut pemerintah menargetkan kurang lebih untuk 10 juta kluarga yang terdampak.

Sejauh ini ada 3 jenis bantuan pemerintah yakni di antaranya BLT, BST, PKH dari ketiga program tersebut, namun hanya BST lah yang rata – rata sebagian orang dapat tersentuh, yakni warga yang kehilangan mata pencahariaannya atau sumber penghasilan akibat pandemic ini, seperti seorang karyawan yang tak bisa kembali lagi bekerja akobat terkena PHK.

Yang awalnya program BST hanya sampai pada bulan desember 2020, ternyata pemerintah kembali memperpanjang hingga tahun 2021 dalam meluncurkan program tersebut pemerintah telah menyiapkan alokasi dana anggaran sebesar 110 triliun Rupiah.

Program tersebut sangat berdampak positif bagi warga terutama bagi mereka yang kehilangan sumber penghasilan akibat pandemic yang sampai saat ini belum ada tanda – tanda menghilang dari permukaan. Faktanya pemerintah akan terus berupaya membantu meringankan kebutuhan warga di tengah suasana ekonomi yang sulit ini.


Baca Juga :  Cara Mendapatkan Bantuan Sosial Dari Pemerintah

Dilansir dari laman berita nasional BST (Bantuan Sosial Tunai) akan cair selama empat bulan yakni pada bulan Januari – april 2021, menurut info yang di kutip dari website resmi presiden Menteri kementrian Sosial ibuTri Rismaharini, akan mempercepat pencairan Bantuan Sosial bulan April 2021.

Syarat dan Cara mendapatkan bantuan sosial tunai 2021 dari kemensos

Dalam menyalurkan program tersebut kementrian sosial lebih selektfi dalam menentukan calon penerima, yang dia antaranya persyaratannya ialah calon penerima telah terdaftar di data kesejahteraan sosial (DTKS) dan beberapa persyaratan yang lain diantaranya.

  1. Warga Negara Indonesia, sudah jelas program tersebut hanya di tujukan bagi warga Indonesia dan tentunya tidak berlaku bagi imigran
  2. Data telah terdaftar dalam situs DTKS (Data Kesejahteraan Sosial) untuk mengetahuinya cukup mudah nanti akan kita bahas di sesi selanjutnya.
  3. Bukan warga yang terdaftar dan menerima program PKH “penerima bantuan PKH tidak akan mendapatkan bantuan BST”
  4. Data penerima di DTKS mencakup lansia dan penyandang disabilitas
Baca Juga :  Cek Data Penerima Bantuan Sosial Kemensos di sini

Cara Cek Data DTKS di dtks.kemensos.go.id

  1. Buka laman website dtks.kemensos.go.id melalui browser kesukaanmu
  2. Setelah terbuka, kamu akan di hadapkan dengan beberapa form yang di antaranya pilihan NIK, Kotak NIK, Nama dan Kode unik
  3. Pada pilihan NIK, pilih sesuai dengan ID yang kamu punya misalkan KTP, kamu hanya perlu memilih NIk dan mungkin kamu termasuk warga yang menerima bantuan PKH, kamu dapat memilih Nomor Peserta PKH
  4. Isi dengan NIK KTP mu
  5. Masukkan Nama sesuai yang tertera di KTP
  6. Pada kotak kode unik, masukkan kode yang tertera
  7. Klik tombol cari, tunggu hingga muncul detail mengenai datamu

Cukup mudah bukan? Kamu dapat melakukannya dengan hanya bermodalkan ponsel pintar dan koneksi internet serta tanpa bantuan siapapun.

Cara Pencairan BST 300rb

Pemerintah dalam menyalurkan program BST mempercayakan kepada petugas BST, jadi kamu dapat mencairkan melalui kantor pos terdekat dengan membawa surat identitas diri (KTP)

  1. Kamu dapat mencairkan setelah mendapatkan surat undangan pemberitahuan mengenai pencairan BST
  2. Kamu dapat langsung mengunjungi kantor pos terdekat dengan mengikuti protocol kesehatan serta mengikuti jadwal yang telah di tetapkan di surat undangan, hal tersebut guna menghindari terjadinya kerumunan.
  3. Membawa KTP asli dan tidak dapat di wakilkan
  4. Mengantri menunggu panggilan dari petugas pos
Baca Juga :  Syarat dan Cara Mendapatkan Bansos untuk Ibu Hamil dan Balita

Pertanyaannya bagaimana jika penerima sedang sakit atau lansia yang sudah tidak dapat pergi ke kantor? Tenang saja petugas POS akan mengantarkan ke rumah warga yang terpaksa tidak bisa datang hal tersebut guna memastikan bantuan tersebut sampai hingga penerima pertama.

Kementrian sosial berpesan agar bantuan BST di gunakan dengan bijak sehingga dapat membantu mengurangi beban di masa genting seperti saat ini, kamu dapat menggunakan untuk belanja kebutuhan sehari – hari.

Saya sudah memenuhi syarat, tapi belum dapet BST?

Sekali lagi, program tersebut menyasar ke 34 provinsi di Indonesia dan penyalurannya pun secara bertahap. Mungkin saja kamu akan terpilih di penyaluran tahap selanjutnya.

Perbedaan BLT dan BST

Setelah mengetahui apa itu BLT dan BST apa sih perbedaannya? Memang kedua program tersebut sama – sama program pemerintah tapi dari keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh di antaranya perbedaan Bantuan Sosial Tunai (BST) ialah bersumber dari Kementerian Sosial, sedangkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggarannya bersumber dari APBDes.