Jebakan Aplikasi Pinjaman KTA yang Harus Dihindari

 

Saat melakukan peminjaman online seringkali menghiraukan jebakan aplikasi pinjaman KTA yang memberatkan sebelah kepada penggunanya. Biasanya hal ini tidak disadari karena dalam keadaan mendesak atau mungkin sering dianggap sepele oleh banyak pengguna. Jebakan ini dapat membuat jumlah pembayaran semakin besar.

Penawaran untuk melakukan peminjaman tanpa jaminan memang sangat menggiurkan dan kini cukup populer. Sebelum mengenal cara ini banyak masyarakat yang tidak bisa melakukan peminjaman akibat banyaknya syarat. Ketika teknologi memasuki bidang ini semua menjadi lebih mudah dan masyarakat lebih merasa diuntungkan.

Mulai bermunculan aplikasi-aplikasi sebagai tempat meminjam tanpa agunan dengan berbagai fitur dan penawaran yang disediakan. Namun meskipun sudah sangat tergiur dengan keinginan untuk segera meminjam, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti jebakan aplikasi pinjaman KTA yang nantinya dapat memberatkan kamu ketika melunasinya.

Baca Juga :  Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik Untuk Kehidupan yang Lebih Tenang

Saat meminjam pengguna memang diwajibkan untuk melakukan jumlah pembayaran lebih besar karena terdapat beberapa biaya seperti suku bunga dan biaya admin. Namun kedua biaya tersebut seringkali tidak masuk akal dan membuat pembayaran jauh memberatkan kamu. Hendaknya dua jebakan di bawah ini harus kamu ketahui sebelum meminjam.

Tingkat Bunga dalam Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Jebakan aplikasi pinjaman KTA pertama dapat dilihat dari suku bunga yang ditawarkan. Semakin mudah kamu meminjam dana biasanya akan semakin tinggi suku bunganya. Memang dari semua beban yang harus kamu terima ketika melakukan peminjaman suku bunga menjadi paling tinggi.

Baca Juga :  Kenali Aplikasi Kredit Tanpa Jaminan ini sebelum Mengajukan Pinjaman

Apalagi ketika melakukan peminjaman kredit tanpa agunan sehingga membuat bunganya menjadi yang paling tinggi dari jenis peminjaman lainnya. Penawaran dari kredit tanpa agunan memiliki resiko lebih tinggi karena tunggakan yang mungkin tidak dibayarkan dalam beberapa waktu. Oleh karena itu dengan meningkatkan beban bunga dianggap dapat meng-cover masalah tersebut.

Meskipun beban bunga yang ditawarkan tinggi, bukan berarti jika ada aplikasi menawarkan beban bunga kecil kamu langsung menggunakannya. Salah satu contohnya adalah aplikasi yang memiliki beban bunga hanya sekitar nol koma persen. Ini seringkali dipromosikan oleh sales atau menjadi salah satu jebakan aplikasi pinjaman KTA.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Inilah Cara Mengurus Jasa Raharja Tabrak Lari

Kamu tidak boleh terkecoh karena ternyata ada beberapa hal dibalik murahnya beban bunga tersebut yaitu pertama, beban tersebut hanya hitungan secara sebagian atau pokok bukan secara keseluruhan. Karena jika dihitung secara keseluruhan jumlah beban bunga akan sama dengan kebanyakan aplikasi KTA lainnya.

Kedua, biasanya aplikasi yang menawarkan beban bunga rendah memiliki banyak persyaratan tersembunyi. Kebanyakan hal tersebut diiklankan guna menarik perhatian dari masyarakat untuk melakukan peminjaman padahal ketika membayar akan sangat terkejut dengan perhitungan jebakan tersebut.

Biaya Tambahan yang Harus Dibayarkan

Jebakan aplikasi pinjaman KTA selanjutnya yang tak kalah penting yaitu biaya. Kamu harus membayarkan beberapa biaya sesuai dengan permintaan dari aplikasi tersebut. Masalah yang sering terjadi adalah ketika penawaran suku bunga rendah namun pembayaran biaya tinggi sehingga ketika ditotal akan membayar jumlah besar.

Baca Juga :  Resiko Pinjaman Online Melalui Aplikasi Kredit Tanpa Agunan

Beberapa daftar biaya yang harus diperhatikan oleh peminjam dengan aplikasi kredit tanpa agunan yaitu:

  1. Biaya Administrasi

Aplikasi memberikan penawaran jumlah biaya administrasi yang berbeda-beda. Sehingga ini menjadi cukup penting untuk diperhatikan. Biaya administrasi ini juga harus disetujui di awal.

  1. Biaya Keterlambatan

Biaya ini akan dikenakan pada peminjam yang melakukan sanksi karena terlambat membayar cicilan setiap bulan dengan tenggat waktu tertentu. Jumlahnya juga cukup beragam dan akan semakin besar ketika semakin lama menunggak atau mangkir dari pembayaran.

  1. Biaya Asuransi

Biaya ini diperlukan ketika nasabah meninggal dunia, sehingga peminjaman harus dibayarkan oleh asuransi. Ini juga bertujuan agar tidak menjadi beban pada keluarga dan sanak saudara yang ditinggalkan oleh nasabah bersangkutan. Harus ada persetujuan dan syarat yang harus dipenuhi dalam biaya tersebut.

  1. Biaya Materai

Terakhir biaya materai yang dianggap cukup kecil namun memiliki arti besar pada semua dokumen ketika melakukan peminjaman di aplikasi KTA. Nasabah harus membayarkan ini guna mendapatkan keabsahan dari dokumen tersebut.

Baca Juga :  Cara Menutup Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan dengan Mudah

Nasabah atau peminjam harus mengetahui hal ini agar ketika membayar tidak merasa ditipu karena sebenarnya setiap persyaratan sudah disetujui oleh kedua belah pihak. Maka dari itu jebakan aplikasi pinjaman KTA ini tidak lagi bisa disepelekan.