Penipuan Pinjaman Online dengan KTP

Waspada Penipuan Pinjaman Online dengan KTP? Simak Cara Mengamankan KTP Berikut

Pada masa sekarang, tidak dapat dimungkiri bahwa sebagian besar orang memutuskan untuk memanfaatkan bantuan dana yang berasal dari pinjaman online. Walaupun begitu, setiap orang perlu berhati-hati sejak awal karena sekarang semakin marak dan banyak jenis penipuan pinjaman online dengan KTP. Ditambah lagi, KTP dapat dikatakan sebagai jenis dokumen yang penting.

Secara garis besar, penipuan dalam bentuk pinjaman online yang menggunakan KTP dapat dicegah dengan melalui prosedur untuk mengamankan KTP masing-masing. Prosedur yang dimaksud tersebut dapat dipraktikkan melalui berbagai cara yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan yang dimiliki sejak awal. Secara lebih detail, silakan simak beberapa prosedur di bawah ini:

1. Memeriksa SLIK Secara Rutin

Pertama-tama, terdapat cara yang bisa dicoba oleh setiap orang yang tidak membutuhkan waktu yang lama namun perlu dilakukan secara rutin. Terdapat laman Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK yang disediakan oleh OJK dan tentu saja dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Silakan masuk ke laman SLIK yang sudah disediakan dan selamat mencoba.

2. Jangan Meminjamkan KTP Sembarangan

Terdapat cara lainnya untuk mengamankan identitas pribadi yang dimiliki termasuk dokumen seperti KTP dengan hanya tidak meminjamkan KTP secara sembarangan. Setiap orang perlu menjaga setiap KTP yang dimiliki dan menggunakan hanya untuk keperluan yang penting dan tentu saja resmi. Sementara itu, jangan memberikan KTP kepada orang lain apalagi orang asing.

3. Melakukan Seleksi Terhadap Email

Selanjutnya, setiap orang perlu melakukan pengecekan secara detail terhadap surel elektronik yang dimiliki untuk menghindari penipuan pinjaman online dengan KTP. Proses pengecekan juga dapat dilakukan secara fleksibel melalui perangkat handphone ataupun laptop tepatnya browser dan aplikasi email yang sudah ada. Selain itu, laporkan jika ada kotak masuk yang terasa mencurigakan.

4. Mengaktifkan Fitur Pemberitahuan Transaksi

Kemudian ada prosedur yang tidak kalah mudah untuk dipraktikkan dengan hanya memanfaatkan fitur berupa pemberitahuan transaksi yang disediakan oleh bank. Walaupun begitu, tidak semua jenis bank menyediakan jenis fitur tersebut sehingga sebaiknya cari referensi yang sesuai sejak awal sebelum memilih. Selain itu, prosedur tersebut dapat memberikan jenis informasi yang menjamin.

5. Melindungi Informasi Kode OTP

Jika memiliki keinginan untuk menghindari adanya penipuan pinjaman online dengan KTP, maka silakan coba cara yang kelima ini dengan tepat. Pada umumnya, setiap pemilik KTP membutuhkan dokumen tersebut untuk melakukan proses verifikasi yang kemudian dilengkapi dengan kode yang dikenal OTP. Jangan memberikan kode tersebut kepada orang lain yang tidak berkaitan.

6. Membuang Fotocopy KTP dengan Tepat

Sementara di sisi lain, tidak dapat dimungkiri bahwa dalam suatu kondisi, beberapa orang membutuhkan KTP untuk difotocopy sebagai persyaratan dokumen. Meskipun begitu, sebaiknya lakukan fotocopy KTP yang dimiliki dengan hati-hati sejak awal dan pastikan untuk tidak digunakan dengan tidak semestinya. Selain itu, buanglah dengan menyobek hasil fotocopy KTP terlebih dahulu.

7. Menghindari Pinjaman yang Mencurigakan

Terakhir, ada cara yang tidak kalah penting untuk diketahui dan dipahami dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba sesuai kondisi yang dimiliki. Walaupun biasanya opsi untuk melakukan pinjaman online termasuk ke dalam opsi yang mendesak, tetap diperlukan aspek kehati-hatian sebelum memutuskan pilihan. Ditambah lagi, diperlukan survei sederhana terkait dengan jenis pinjaman online.

Uraian tentang apa saja cara untuk mengamankan dokumen KTP di atas dapat dicoba untuk menghindari penipuan pinjaman online dengan KTP. Terdapat prosedur yang dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan melalui SLIK secara rutin ataupun melalui surel elektronik yang telah dimiliki. Selain itu, ada prosedur yang berkaitan dengan cara penanganan fotocopy KTP.

 

Baca Juga :  Penting! Ini Syarat Top Up Pinjaman FIF & Prosedur Yang Harus Dilalui
yang di cari pengunjung pinjaman online hanya dengan ktp language:id