cara menghapus akun pinjaman online

7 Cara Menghapus Akun Pinjaman Online dan Data Aplikasi

Dewasa ini, memang semakin banyak orang yang memutuskan untuk memanfaatkan bantuan dari aplikasi pinjaman secara online dalam memenuhi variasi kebutuhan. Meskipun begitu, terkadang beberapa orang memutuskan untuk berhenti dan memerlukan cara menghapus akun pinjaman online beserta data aplikasi yang ada. Prosedur tersebut memerlukan aspek ketelitian dan kehati-hatian ketika memang dipraktikkan.

Secara garis besar, alasan utama yang dimiliki oleh beberapa peminjam online untuk berhenti menggunakan aplikasi adalah karena mengalami gangguan kenyamanan. Jenis gangguan tersebut biasanya berasal dari beberapa orang yang ditugaskan untuk melakukan penagihan terkait pembayaran cicilan yang terlambat untuk disetorkan. Secara lebih detail dan lanjut, simak ulasan di bawah ini:

1. Melakukan Pelunasan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap peminjam secara online adalah melakukan pelunasan setiap pinjaman yang dimiliki melalui aplikasi masing-masing. Setiap calon peminjam perlu melakukan pelunasan setiap nominal yang dipinjam online baik yang sudah terlambat ataupun yang mendekati masa tenggang. Selain itu, pastikan membayar setiap setoran yang ditambah dengan bunga.

2. Menonaktifkan Izin Akses Aplikasi

Setelah melakukan pelunasan pinjaman yang dimiliki secara online melalui aplikasi masing-masing, silakan melanjutkan dengan menonaktifkan izin akses aplikasi yang ada. Proses penonaktifan izin akses aplikasi yang termasuk ke dalam kategori pinjaman online perlu dilakukan agar mencegah data informasi pribadi terekspos. Selain itu, izin akses tersebut sebaiknya perlu diatasi sejak awal.

3. Menghubungi Layanan Customer Service

Jika memiliki rencana untuk tidak menggunakan lagi aplikasi pinjaman online, maka jangan lupa melakukan cara menghapus akun pinjaman online ini. Setiap peminjam secara online perlu menghubungi layanan customer service yang sudah disediakan oleh aplikasi yang dipakai setelah menyediakan cukup pulsa. Kemudian sampaikan secara detail terkait dengan penutupan akun aplikasi masing-masing.

4. Meng-Unistall Aplikasi yang Digunakan

Setelah menyampaikan permohonan melalui layanan customer service, setiap peminjam online dapat segera melakukan proses un-instalasi aplikasi pinjaman yang sedang digunakan. Proses un-instalasi aplikasi pinjaman secara online dapat dipraktikkan dengan mudah dan tentu saja memerlukan waktu yang tidak lama sesuai kondisi. Selain itu, proses tersebut dapat dilakukan melalui menu pengaturan handphone.

5. Menyiapkan Kartu SIM yang Baru

Kemudian untuk langkah yang selanjutnya, ada cara menghapus akun pinjaman online serta data aplikasi yang dimilikinya sebagai langkah yang penting. Setiap peminjam secara online perlu melanjutkan dengan melakukan pembelian kartu SIM yang baru dan dapat disesuaikan dengan selera yang dimiliki. Ditambah lagi, kartu SIM dapat dipilih sesuai dengan kondisi keuangan.

6. Menghapus Sementara Sosial Media

Terdapat prosedur berikutnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dilakukan untuk memastikan tetap adanya keamanan dari data informasi pribadi yang ada. Setiap peminjam secara online perlu menghapus secara sementara beberapa sosial media mulai dari Facebook hingga Twitter yang sudah dimiliki masing-masing. Selain itu, diperlukan sosial media lainnya seperti Instagram yang dihapus.

7. Melaporkan ke OJK Ketika Ada Masalah

Terakhir, ada prosedur yang dapat dilakukan sebagai finalisasi penghapusan akun pinjaman online serta setiap data yang ada dalam aplikasi tersebut. Jika ternyata memiliki permasalahan ataupun kendala ketika menghapus akun dan data lengkap dalam aplikasi, maka coba laporkan ke OJK. Selain itu, pelaporan ke OJK dapat dilakukan sesuai format yang ada.

Uraian tentang apa saja cara menghapus akun pinjaman online serta data aplikasi yang dimiliki di dalamnya perlu diketahui terlebih dahulu. Terdapat prosedur yang penting dilakukan sejak awal sebelum menghapus aplikasi pinjaman online yaitu dengan melakukan pelunasan pinjaman masing-masing secara total. Selain itu, ada pula prosedur dengan membutuhkan bantuan customer service.

 

Baca Juga :  Aplikasi KTA yang Mudah Digunakan dan Cepat Cair
yang di cari pengunjung cara menghapus data di aplikasi pinjaman online