Cara Mengatasi Pinjaman Online yang Menumpuk

6 Cara Mengatasi Pinjaman Online yang Menumpuk agar Segera Lunas!

Kecanggihan teknologi memang memberikan kemudahan manusia dalam menyelesaikan setiap aktivitas hariannya. Salah satu contoh kemudahan adalah melakukan pinjaman online menggunakan perangkat hp melalui internet dengan jumlah nominal yang diinginkan. Namun bagaimana cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk agar tidak tambah pusing? Berikut langkah-langkahnya:

1. List Nama Pinjol dan Nominal Hutang

Langkah pertama sebagai cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk adalah dengan melakukan list pinjol dan nominal hutangnya. Pada tahapan ini, para peminjam akan dapat mencari terlebih dahulu mana yang jatuh tempo yang paling cepat. Setelah itu, carilah juga besarnya bunga yang terdapat pada pinjaman online tersebut.

Cara satu ini dapat dilakukan oleh peminjam yang memang hutangnya menumpuk dan banyak tempat pinjamnya banyak. Setelah membuat daftar terkait dengan daftar pinjolnya, maka langsung memulai membayarnya. Secara perlahan hutang akan mulai terlunasi sesuai dengan jatuh tempo pinjol yang telah dilakukan list sebelumnya.

2. Membayar Menggunakan Uang Ekstra

Menggunakan uang ekstra juga merupakan cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk agar bisa berkurang. Maksud dari uang ekstra ini dapat diperoleh melalui penjualan barang-barang bekas di rumah yang sudah tak terpakai. Melalui uang ekstra inilah dapat dijadikan sarana melakukan pembayaran utang sehingga nominalnya dapat berkurang.

3. Meminjam dalam Bunga Ringan

Langkah selanjutnya melunasi utang pinjol yang menumpuk adalah dengan mendatangi ke koperasi atau bank. Melalui bank atau koperasi itulah dapat meminjam uang dengan bunga rendah agar dapat digunakan membayar di pinjol yang telah menumpuk. Dengan begitu pinjaman online bisa segera terlunasi sehingga tidak semakin menumpuk sehingga bunga tidak bertambah banyak.

Namun hal perlu diperhatikan adalah harus ada terlebih dahulu sumber dana agar dapat dijadikan sarana membayar hutang di koperasi atau bank. Sumber dana bisa didapatkan melalui membuka usaha kecil-kecilan atau semacamnya. Dengan demikian melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya menjadi lancar tanpa kendala.

4. Berikan Prioritas Pembayaran

Supaya pinjaman online dapat berkurang, maka lakukanlah prioritas pembayaran yakni membayar dulu nominal hutang yang kecil. Sebisa mungkin harus melakukan pelunasan di hutang-hutang kecil terlebih dahulu di pinjol. Setelah hutang-hutang kecil tersebut lunas, maka bisa memulai melakukan pembayaran di hutang yang besar.

5. Mencari Pinjaman Tanpa Bunga

Mungkin cara ini sama saja seperti peribahasa gali lubang tutup lubang atau berhutang untuk membayar hutang. Namun dengan mencari pinjaman yang tanpa adanya bunga dapat membantu dalam melunasi menumpuknya hutang pinjaman online. Tentu saja setelah melakukan pembayaran dengan menggunakan uang pinjaman tanpa bunga, maka akan memberikan keringanan.

Selanjutnya tinggal melakukan pembayaran di hutang tanpa bunga secara perlahan sampai melunasinya. Hal ini memang sangat efektif mengingat pinjaman online terkadang memiliki bunga besar sehingga harus segera dilunasi. Dengan begitu tidak akan ada beban bunga hutang lagi ke depan dan fokus membayar pinjaman tanpa bunga.

6. Menggadaikan Barang Berharga

Cara ini memang sangat cepat dan simpel sekali dilakukan karena peminjam hanya menggadaikan barang berharga di tempat pegadaian. Uang hasil pegadaian tersebut bisa digunakan untuk melakukan pelunasan di pinjaman online. Setelah pinjaman lunas, maka bisa mencari dana agar dapat menebus barang berharga di tempat pegadaian.

Tentu saja cara ini harus dipikirkan matang-matang dalam menentukan barang berharga mana yang harus digadaikan. Banyak sekali barang berharga yang dapat digadaikan yakni mulai dari tv, kulkas, hp, kendaraan dan lain sebagainya. Dengan demikian akan cepat mendapatkan uang dan selanjutnya digunakan untuk membayar di pinjaman online.

Demikian tadi ulasan terkait dengan cara mengatasi pinjaman online yang menumpuk agar bisa berkurang. Namun sangat disarankan untuk jangan meminjam online dengan nominal yang sangat besar atau lebih baik meminjam di tetangga atau kerabat.

yang di cari pengunjung Mengatasi pinjaman online
Baca Juga :  Cara Daftar UMKM Online untuk Dapat Bantuan Rp 2.4 Juta