Asuransi pendidikan anak terbaik

Inilah Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Mencari asuransi pendidikan anak terbaik merupakan cara orang tua dalam mempersiapkan dana sekolah anak yang mana dana tersebut selalu meningkat setiap tahunnya. Bagi orang tua dana pendidikan suatu hal yang membuat gugup sekaligus yang mendebarkan.

Semua itu karena jumlahnya yang tidak sedikit dan lumayan besar, menguras kantong. Namun semua orang tua juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik pada anaknya. Banyak perusahaan asuransi menawarkan jenis asuransi pendidikan anak seperti Prudential, Manulife, Allianz, sampai beberapa bank seperti BCA, BRI, Danamon dan lainnya.

Orang tua sebagai pemegang polis asuransi tentu harus banyak mencari informasi dan mendengar opini agar dapat memilih produk asuransi pendidikan anak yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut 5 tips memilih asuransi pendidikan  dengan baik dan berkualitas:

MENUJU TOPIK

1. Pahami Resiko Asuransi Pendidikan

Dalam asuransi pendidikan, nantinya perusahaan asuransi  akan menginvestasikan pembayaran yang dilakukan oleh orang tua ke dalam investasi. Resiko yang terjadi ini tergantung pada jenis instrumen yang dipilih oleh perusahaan.

Asuransi pendidikan terbaik tentu harus kemampuan memenuhi untuk menerima resiko, karena instrumen yang dipilih tersebut sesuai dengan prinsipnya  risk appetite yaitu mampu menerima resiko.

2. Sesuaikan Target Biaya Pendidikan Dengan Jumlah Uang

Fungsi mendaftar asuransi pendidikan untuk anak adalah supaya saat masuk sekolah kelak, orang tua mempunyai tabungan  dalam  membayar dana sekolah. Sebelum memilih asuransi pendidikan anak terbaik tentunya orang tua harus membuat perencanaan pendidikan anak, seperti sekolah yang dituju, menghitung biaya sekolah dari bulanan dan uang ujian nantinya.

3. Uang Pertanggungan Asuransi

Adanya asuransi pendidikan untuk anak membuat kelangsungan sekolah anak menjadi terjaga dan meyakinkan . Karena  perusahaan asuransi yang akan melanjutkan memberikan dana sekolah apabila terjadi resiko nanti.

Asuransi pendidikan anak yang bagus itu memberikan proyeksi uang jaminan yang memadai dan cukup. Namun sebagian orang tua tidak mencermati dengan  teliti mengenai jumlah uang jaminan ketika memilih asuransi. Orang tua hanya fokus terhadap dana yang dapat diambil dari asuransi tersebut

4. Jangan Mudah Terpancing Agen Asuransi

Dalam mencari asuransi pendidikan anak terbaik, orang tua dituntut untuk bersikap kritis dan skeptis kepada agen asuransi dan agen asuransi pendidikan.  Sebisa mungkin orang tua dapat menemukan informasi soal asuransi pendidikan anak sebagai bahan cross-checking. 

Semua itu karena sebagian besar agen memberikan informasi yang bagus sedangkan resiko yang dihadapi dalam perusahaan asuransi tidak dijelaskan secara gamblang.

5. Mencari Perusahaan Asuransi Terpercaya

Perusahaan asuransi tentu memiliki   kekurangan dan kelebihan sendiri. Untuk itu, dalam mencari perusahaan asuransi yang handal dan realistis  perlu memperhatikan besarnya kekuatan uang dalam perusahaan tersebut. Seperti aset,  dan bobot atau sifat tenaga kerja. Aset dapat dilihat melalui laporan keuangan yang biasanya diunggah di laman website milik perusahaan.

6. Memilih Polis  Terpercaya Sekaligus Menguntungkan

Asuransi itu berbeda dengan menyimpan uang di bank yang dapat diambil atau tarik kapan saja. Asuransi pendidikan ini merupakan asuransi dengan waktu yang panjang yang bisa diambil setelah anak mencapai usia yang cukup dan siap mendaftar atau masuk sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Sebagai pendamping anak maka harus memilih agen yang dapat dipercaya dan menguntungkan, yang dapat diambil setiap saat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Untuk memilih asuransi pendidikan tentu tidaklah mudah. Agar mendapatkan asuransi pendidikan anak terbaik maka perlu beberapa hal yang harus disiapkan dan direncanakan secara matang. Sifat asuransinya yang jangka panjang perlu kehati-hatian dalam memilih dan menentukan keputusan.

Asuransi pendidikan anak dengan kualitas terbaik adalah salah satu bukti bahwa orang tua sangat memikirkan dan mementingkan pendidikan anak.