cara jualan online tanpa modal dan stok barang

5 Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang yang Tentu Mudah Dilakukan

Terdapat lebih dari 1,6 miliar situs web dan karena itulah membuat yang baru bisa jadi menakutkan. Apalagi jika ingin memulai usaha bisnis baru. Begitu pula saat ingin menjual produk secara online. Banyak orang ingin melakukannya tapi orang-orang itu tidak punya uang dan ruang untuk diinvestasikan. Oleh karena itu, banyak pula orang yang mencari cara jualan online tanpa modal dan stok barang.

Pada dasarnya, terdapat banyak cara dalam memulai suatu bisnis. Bahkan tanpa fokus yang terlalu tertuju pada stok barang dan modal awal, melainkan lebih fokus pada memulai bisnis itu sendiri. Berikut adalah cara jualan online yang dapat dilakukan tanpa modal dan stok barang. Simak dan coba praktekkanlah:

MENUJU TOPIK

1. Design Lalu Jual Barang Print-on-Demand

Print-on-demand menempatkan stok barang dan pengiriman sebagai tanggung jawab suplier atau pihak ketiga. Namun fokusnya tidak seperti droshipping, melainkan pada penyesuaian barang dengan design sendiri untuk menciptakan barang yang bernilai orisinal.

Case hp, kaos, hoodie, tote bage, topi, dan barang lainnya merupakan kanvas dari kreativitas penjual. Bahkan saat penjual bukan seorang designer, penjual dapat menemukan karyawannya di situs freelancer seperti Fiverr dan Upwork. Pemesanan percetakan disesuaikan dengan permintaan yang ada, sehingga penjual hanya perlu membayarnya tiap produk.

Meski harga penjualan tiap unitnya akan lebih tinggi daripada saat memesan untuk jumlah yang besar. Tetapi untungnya adalah saat design barang tertentu tidak laku, penjual belum terlanjur membayarnya (setidaknya hanya design-nya, ketika penjual melaksanakan outsourcing).

2. Launching Buku

Ketika penjual memiliki kreativitas atau ilmu tertentu, terdapat beragam macam buku orisinal yang dapat dibawa memasuki pasar. Misalnya, komik, novel, buku puisi, buku resep masak, bahkan e-book. Opsinya sungguh tidak terbatas. Namun cara ini merupakan cara jualan online tanpa modal dan stok barang yang mengandalkan kreativitas penjual.

Blurb dan Lulu xPress adalah platform yang populer untuk menciptakan, membuat, dan memasarkan buku sendiri dalam wujud digital maupun fisik. Penjual juga bisa menjualnya di pasar online seperti Amazon atau Powell’s. Merilis buku sendiri juga dapat menjadi ide bagus dalam mendapatkan uang dari blog.

3. Bergabunglah dengan Program Affiliate Marketing

Affiliate marketing mengacu pada taktik pemasaran berbasis kinerja di mana perusahaan membayar orang alias affiliate untuk mempromosikan dan menjual produknya. Setiap kali affiliate membawa pelanggan baru, maka akan menerima komisi dari perusahaan.

Affiliate dapat mempromosikan produk di blog, akun media sosial, situs web, atau komunitasnya. Bagi banyak orang, affiliate marketing adalah usaha sampingan berbiaya rendah yang berubah menjadi bisnis yang menguntungkan dari waktu ke waktu.

4. Mulai Bisnis Dropshipping

Mengelola stok barang adalah urusan yang cukup ribet ketika menjalankan bisnis. Dari sinilah dropshipping hadir sebagai ide berjualan online tanpa modal dan stok barang. Dropshipping merupakan model fulfillment di mana suplier pihak ketiga menyimpan dan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama pelaku dropshipper.

Dropshipping merupakan bisnis terbaik bagi pemula karena biaya overhead-nya yang rendah, hands-off, dan scalable. Dropshipper tidak harus menangani produk yang dijualnya sendiri dan hanya harus melaksanakan penjualan serta meneruskan order dari pembeli ke suplier-nya.

5. Jual Barang Digital

Barang digital seperti musik, foto, dan template adalah barang unik yang tentu bisa dijual. Namun berbeda dari yang lain, barang-barang ini tidak berwujud. Keuntungannya adalah penjual tidak perlu memikirkan biaya produksi dan biaya pengiriman, sehingga margin penjual dapat tetap tinggi.

Trik dari bisnis ini adalah menggali informasi tentang apa yang membuat barang digital bagus. Dapatkan informasi tentang barang apa yang cukup menarik dan membuat orang rela membayar untuk men-download-nya. Jadi, saat penjual sekiranya mempunyai bakat yang bisa disulap menjadi barang digital, kemaslah menjadi talang uang baru.

Itulah 5 cara jualan online tanpa modal dan stok barang. Semua orang bisa melakukannya dengan sangat mudah. Namun perlu diingat bahwa jualan online juga merupakan bisnis yang penuh dengan sepak terjal dan tidak semudah itu dilalui. Sebelum memulainya, kuatkan tekad dan tujuan. Pastikan bahwa apapun yang terjadi tidak akan ada kata menyerah di tengah jalan.