Usaha Kos Kosan Sederhana

Mulai Usaha Kos Kosan Sederhana Untuk Investasi Masa Depan

Bisnis properti memang selalu menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan, salah satunya usaha kos kosan sederhana. Dengan mengutamakan konsep juga persiapan yang matang maka bisnis kos kosan ini bisa jadi ladang profit yang menjanjikan. Dimana usaha kos kosan tersebut sangat menarik juga sebagai investasi masa depan. Lalu bagaimana cara untuk memulainya?

1. Pahami Properti Untuk Kos

Pada saat akan mulai usaha sewa kos maka penting untuk memahami propertinya. Mulai dari pemilihan lahan hingga ukuran kamar kos yang akan jadi nantinya. Jika ada lahan yang bisa digunakan, misalnya sekitar rumah dan masih luas maka bisa digunakan. Memaksimalkan apa yang ada untuk bisnis kos juga bisa dilakukan dengan baik.

Atau bisa juga pilih bangunan yang sudah ada dengan melihat peluang, apakah bangunan tersebut memenuhi kriteria kos. Biasanya rumah yang besar dengan banyak kamar juga bisa jadi alternatif dipakai untuk kos. Perhatikan pula ukuran dan detail kamar kos, pasalnya ukuran ini penting agar bisa pas, efektif juga efisien.

2. Pilih Lokasi Ramai dan Strategis

Ketika mulai usaha kos kosan sederhana, lokasi ramai juga strategis merupakan hal utama. Pasalnya anak kos nantinya akan pilih lokasi yang tersedia banyak fasilitas. Misalnya saja tempat makan, pusat perbelanjaan, laundry, dekat kampus dan sebagainya. Dengan adanya lokasi yang ramai juga tempat yang strategis maka akan lebih memudahkan penghuni kost.

Adanya tempat ramai serta lokasi strategis juga akan berpengaruh pada passive income yang ditentukan. Dimana harga sewanya tentu akan lebih tinggi dengan fasilitas lokasi yang strategis tersebut. Jadi peluang mendapatkan keuntungan untuk harga sewanya akan lebih banyak. Dari segi peminat kos juga bisa membuka peluang yang lebih banyak lagi.

3. Buat Konsep Kos Yang Unik

Penting ketika memulai usaha kos adalah konsep yang unik dimana tampilan kos dari segi desainnya tampak menarik. Mulai dari bangunan luar, fasilitas yang diberikan bahkan desain ruang yang ditampilkan juga berpengaruh. Tentunya jika kos terlihat menarik maka akan memberikan kenyamanan kepada penghuninya.

Itulah kenapa konsep kos juga bagian dari hal yang penting dan menarik untuk dilakukan. Dimana fasilitas juga bagian dari pelayanan yang diberikan, seperti keamanan kos terdapat CCTV, ada WiFi dan sebagainya. Adapun kebersihan dari kos juga penting dengan menyediakan sistem kebersihan secara berkala.

4. Harga Yang Terjangkau

Biasanya usaha kos kosan sederhana ini juga tampak dari segi harganya yang terjangkau. Dimana harga tersebut juga harus bisa bersaing dengan properti kos lainnya. Untuk bersaing dari segi harga, maka pemilik kos juga menyajikan kemudahan dari segi layanan atau fasilitasnya yang ada. Seperti air, hemat listrik, kebersihan dan sebagainya.

Pasalnya harga yang terjangkau juga sangat menentukan pada harga persewaan kos nantinya. Dimana peminat kos tentu akan saling memperbandingkan harga dan memilih harga yang terjangkau. Dengan berbagai macam pertimbangan dan membandingkan segala fasilitasnya.

5. Pengelolaan Manajemen Kos

Penting pula saat punya kos harus melakukan kelola manajemen dengan baik, maka pantau pula berapa kamar kos yang dimiliki. Kemudian setelah tentukan harga sewa per kamar, maka bisa menghitung pasif income yang didapatkan. Apakah akan dipasang tarif per bulan ataukah tarif per tahun kepada peminat kos.

Dengan mengelola manajemen usaha kos kosan sederhana secara baik dan totalitas. Maka usaha yang dilakukan bisa lancar dan semakin berkemban. Dengan konsep dan harga yang bersaing, maka bisa membuka peluang peminat kos yang lebih banyak. Bahkan memberikan peluang untuk profit yang menjanjikan dari usaha kos tersebut.

 

Baca Juga :  5 Usaha Mainan Anak yang Lagi Trend Sangat Menguntungkan