rincian modal usaha cafe sederhana

Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana dan Kekinian

Cafe menjadi tempat yang paling nyaman bagi seluruh kalangan terutama anak muda saat ini untuk berkumpul bersama teman. Membuka usaha cafe akan menjadi ide bisnis yang bagus dengan menyalurkan kreatifitas penjual. Mengetahui rincian modal usaha cafe sederhana harus diutamakan agar bisa menentukan berapa modal yang harus disiapkan.

Membuat menu di cafe yang berbeda akan menjadi salah satu hal yang dapat menarik pelanggan. Selain menu dapat melakukan coworking space yang membuat pelanggan nyaman berlama-lama di cafe. Perhatikan apa saja yang dibutuhkan ketika membuka bisnis cafe yang menarik banyak pelanggan. Berikut ini rincian modal untuk cafe sederhana dan kekinian, antara lain:

MENUJU TOPIK

1. Sewa Tempat

Hal pertama yang harus dirincikan sebelum membuka sebuah cafe di tempat yang strategis ada baiknya mengetahui modal sewa tempat tersebut. Tempat tersebut dapat disewa sesuai dengan luas dan letak yang diinginkan penjual. Modal sewa tempat tersebut biasanya berkisar 8 juta rupiah sampai dengan 10 juta rupiah per tahunnya.

Tempat menjadi hal yang penting untuk membuat pelanggan dapat merasa nyaman ketika berada di cafe tersebut. Selain itu, pelanggan bisa mengunjungi cafe bersama temannya agar pembeli di cafe tersebut menjadi banyak.

2. Etalase

Etalase dibutuhkan untuk menaruh peralatan, perlengkapan, dan berbagai bahan yang akan dijual kepada pelanggan. Adanya etalase membuat barang menjadi lebih rapi dan mudah dalam menyiapkan sebuah pesanan pelanggan. Modal yang harus dikeluarkan untuk membeli etalase berkisar 1 juta rupiah sampai 3 juta rupiah sesuai dengan ukuran.

Etalase cafe menjadi cukup penting dan dapat diletakkan pada tempat yang hanya dijangkau oleh pemilik cafe atau karyawan. Pilih tempat yang tidak mengganggu pembeli ketika sedang berada di dalam cafe tersebut. Kenyamanan pembeli sangat penting agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang dan maju tanpa kehilangan pelanggan yang  pernah datang. 

3.  Perlengkapan

Selanjutnya salah satu bagian dari rincian modal usaha cafe sederhana yang harus dipersiapkan oleh pemilik cafe untuk perlengkapannya. Benda-benda yang dibutuhkan sangat banyak, mulai dari meja dan kursi, cangkir dan piring, dan lain-lain. Membuat perlengkapan sesuai dengan kebutuhan cafe mempermudah memenuhi pesanan pelanggan. Biasanya modal yang dikeluarkan minimum 5 juta rupiah.

4. Alat-alat

Peralatan harus tersedia karena dibutuhkan oleh pekerja dan pemilik kafe untuk memenuhi pesanan pelanggan dengan cara membuatnya terlebih dahulu. Ada banyak peralatan yang dibutuhkan sebuah cafe yang menyediakan menu sesuai dengan konsep cafe tersebut. Peralatan yang dimaksud dapat berupa mesin kopi, mesin jus, lemari es dan sejenisnya.

Memiliki peralatan untuk cafe sendiri akan membantu kinerja cafe lebih cepat dalam menghasilkan rasa yang diinginkan. Cafe harus mengeluarkan modal peralatan sebesar 3 juta rupiah hingga 8 juta rupiah sesuai dengan kebutuhan. Alat-alat yang lengkap dapat memudahkan karyawan dalam bekerja dan segala hal yang dikerjakan menjadi lebih mudah.

5.  Bahan Baku

Pada rincian modal usaha cafe sederhana selanjutnya yaitu modal untuk bahan baku. Pemilik cafe harus menyiapkan beberapa bahan baku awal untuk Grand Opening cafe tersebut. Bahan baku yang dibutuhkan sesuai dengan menu yang sudah dirancang oleh pemiliknya. Modalnya berkisar 3 juta rupiah hingga 5 juta rupiah.

Itulah rincian modal usaha cafe sederhana dan kekinian yang harus diketahui dan dapat dipersiapkan oleh pemiliknya. Mengetahui rincian modal dapat membantu keuangan cafe untuk saat ini maupun di masa depan. Tanpa melakukan rincian modal akan sulit dalam membangun bisnis cafe.