Cara Menabung Untuk Naik Haji

Masih Muda Ingin Naik Haji? Lakukan Cara Menabung Untuk Naik Haji Ini Dari Sekarang!

Pergi Haji merupakan kewajiban setiap Muslim yang mampu dalam segala hal, baik biaya, mental, fisik, dan yang lainnya. Tidak sedikit orang yang memiliki mimpi dan keinginan pergi Haji ke Tanah Suci, tak terkecuali orang yang masih muda. Namun kebanyakan para orang muda memiliki berbagai alasan kenapa mereka belum mulai mewujudkan mimpi tersebut. Artikel kali ini akan memberi tips cara menabung untuk naik haji yang efektif.

Alasan yang dimiliki pun bermacam-macam, salah satunya kebutuhan masih banyak dan belum bisa menyisihkan uang untuk pergi Haji. Untuk itu, para orang muda perlu mengetahui cara menabung untuk berhaji berikut ini. Yang mungkin bisa menjadi referensi untuk para orang muda mewujudkan mimpinya menginjakkan kaki di Tanah Suci. Berikut ulasannya:

1. Mencari Teman Untuk Naik Haji Agar Menabung Lebih Semangat

Cara menabung untuk naik haji yang pertama adalah dengan mencari teman untuk Naik Haji bersama. Karena ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika punya teman bersama dalam Ibadah Haji. Selain dapat memicu semangat menabung. Memiliki teman saat berhaji juga sangat dibutuhkan bagi Muslimah yang ingin berhaji. Karena seorang Muslimah tidak boleh pergi Haji dalam keadaan seorang diri.

2. Pilih Jalur Reguler Karena Harga Yang Ditawarkan Lebih Murah

Jalur dalam perjalanan Ibadah Haji terbagi menjadi dua Jalur, yaitu Jalur Reguler dan Jalur Khusus. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada masing-masing Jalur. Jalur Reguler tidak memiliki fasilitas semewah Jalur Khusus dan waktu berada di negeri orang yang lumayan lama sekitar satu bulan.

Namun, bagi yang memiliki dana minim Jalur ini bisa menjadi pilihan karena harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau. Jika memilih Jalur Khusus tentu harga lebih mahal, waktu lebih singkat sekitar sepuluh hari saja. Dan fasilitas yang diberikan juga lumayan mewah.

3. Berhemat Dan Mulai Membuka Tabungan Khusus Naik Haji

Ambil saja contoh uang lima puluh ribu. Dengan uang lima puluh ribu yang biasanya dipakai hanya untuk makan, jalan-jalan atau sekedar foya-foya. Lebih baik mulailah dengan uang lima puluh ribu tadi untuk membuka tabungan khusus untuk Naik Haji.

Tidak perlu khawatir dengan potongan administrasi, karena dengan menabung di Bank Syariah bebas untuk biaya bulanan. cara menabung untuk naik haji ini dapat membantu untuk mengelola keuangan dan pengeluaran dengan lebih baik. Dari yang tadinya suka boros menjadi lebih irit dan hemat.

4. Komitmen Dalam Menabung

Jika sudah memiliki tabungan untuk Naik Haji. cara menabung untuk naik haji selanjutnya adalah dengan membuat kesepakatan dengan diri sendiri. Misalnya setiap bulan harus menabung sebesar dua ratus lima puluh ribu sampai lima ratus ribu secara disiplin.

Potong biaya untuk sekedar foya-foya dan hal yang kurang penting lainnya. Dengan menabung secara rutin akan membuat para orang muda lebih mudah mewujudkan mimpinya pergi ke Tanah Suci.

5. Cari Kerja Sampingan

Dengan semangat dan tenaga masih penuh yang dimiliki orang muda. Dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebelum menjadi tua dengan bekerja keras. Jika upah yang didapat masih terbilang kecil, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk mengurungkan niat untuk pergi Haji.

Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mencari pekerjaan sampingan misalnya dengan jualan online atau yang lainnya.

Demikian pembahasan mengenai Cara menabung untuk naik haji yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Baik muda maupun tua asalkan ada niat untuk Naik Haji pasti disitu juga ada jalan. Semoga sumber bacaan ini akan mengantarkan menuju ke rumah Allah. Semoga niat baik segera dikabulkan.

Baca Juga :  Berikut Keuntungan Investasi Reksadana untuk Mencapai Tujuan Finansial