Cara Menghemat Uang Setiap Hari, Simak Ulasan Berikut!

Cara Menghemat Uang Setiap Hari, Simak Ulasan Berikut!

Kehabisan uang di akhir bulan sering kali dialami. Padahal sudah merasa hemat dan tidak membeli sesuatu yang mahal namun tetap saja masih kebablasan. Tenang saja, ada beberapa cara menghemat uang setiap hari yang dapat dicoba agar bisa tetap memiliki uang diakhir bulan. 

Menghemat uang mungkin mudah saja jika sebatas direncanakan, akan tetapi sulit untuk dilakukan. Hal ini karena biasanya ada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu dilakukan namun sering diabaikan. Meskipun terbilang hanya pengeluaran kecil, namun jika sering dilakukan malah akan menjadi faktor yang membuat uang bulanan lebih cepat habis. 

Meskipun terlihat sederhana dan sering kali diabaikan, inilah beberapa cara menghemat uang setiap hari yang dapat dilakukan:

1. Membawa Air Minum Sendiri

Salah satu cara berhemat yang patut dicoba yaitu membawa air minum sendiri dari rumah. Daripada membeli minum di warung akan lebih hemat jika membawa air minum sendiri ketika hendak bepergian. Bayangkan saja, jika setiap hari harus membeli minum seharga 3 ribu sampai 5 ribu rupiah, artinya dalam sebulan uang untuk air saja sudah habis 90 ribu sampai 150 bahkan bisa lebih banyak lagi. Lumayan kan jika uang tersebut ditabung atau digunakan untuk hal lain?


2.Menggunakan Transportasi Umum

Jika belum memiliki transportasi sendiri, alih-alih menggunakan transportasi online, akan lebih hemat jika menggunakan transportasi umum. Dibandingkan transportasi online, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan transportasi umum jauh lebih murah. Apalagi jika jarak yang ingin dikunjungi jauh. 

Perhitungan jumlah bayaran menggunakan transportasi online biasanya berdasarkan seberapa jauh atau dekat, semakin jauh semakin besar pula biaya yang dikeluarkan. Sedangkan untuk transportasi umum, jumlah bayaran berdasarkan tempat pemberhentiannya. Sehingga akan lebih bijak jika menggunakan transportasi umum.

3.Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok biasanya akan sangat mempengaruhi keuangan. Bagaimana tidak, harga satu bungkus rokok terbilang cukup mahal. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika berhenti merokok, namun jika memang sangat sulit, bisa dilakukan dengan mengurangi sedikit- demi sedikit.

Sederhananya begini, anggaplah harga satu bungkus rokok sekitar 20 ribu rupiah. Jika setiap hari membeli sebungkus rokok, artinya dalam sebulan uang untuk rokok saja mencapai 600 ribu rupiah. Bagaimana jika lebih dari sebungkus, tentu saja akan lebih banyak lagi.

4. Kurangi Nongkrong di Kafe

Coba hitung-hitung, berapa kali dalam sebulan nongkrong di kafe? Berapa banyak yang dikeluarkan setiap kali nongkrong di kafe? Daripada terlalu sering menghabiskan uang untuk hal tersebut, lebih baik disisihkan untuk tabungan akhir bulan bukan?  Meskipun terlihat bukan sebuah masalah yang besar, tapi jika dilakukan terlalu sering maka akan membuat dompet lebih cepat menipis. Terlebih lagi jika dilakukan setiap hari.

5.Beli Barang Yang Memang Dibutuhkan

Belanja memang merupakan sesuatu yang bisa membuat siapa saja merasa senang. Bahkan karena terlalu senangnya sehingga  kalap dan lupa barang tersebut tak dibutuhkan dan sudah menghabiskan begitu banyak uang. Banyak orang yang membeli suatu barang bukan karena memang sedang dibutuhkan, akan tetapi hanya sekedar diinginkan. Mungkin saja hanya karena barang itu terlihat lucu padahal tak tahu akan digunakan untuk apa, alhasih hanya menjadi pajangan di lemari. 

Itulah 5 cara menghemat uang setiap hari uang bisa dilakukan agar uang diakhir bulan tetap tersedia. Dengan konsisten melakukan hal tersebut, tak perlu lagi khawatir hingga mengais-ngais saku celana untuk mencari recehan di akhir bulan. 

 

Baca Juga :  Masih Awam tentang trading? Lakukan Tips Sukses Ini