Mengetahui Perhitungan Biaya Pembuatan Ruko Minimalis 2 Lantai

Membangun ruko merupakan salah satu alternatif bagi para pemilik lahan perkotaan atau di pinggir kota yang akan memaksimalkan pendapatan yang mereka peroleh dari sebidang tanah yang dimilikinya. Akan tetapi, seringkali kita melihat adanya ruko yang mangkrak atau tidak terpakai hingga bertahun-tahun karena tidak ada peminatnya. Hal ini mungkin dikarenakan harga sewa atau harga jual yang terlalu tinggi. Atau dikarenakan desain ruko yang kurang menarik. Di bawah ini terdapat contoh cara menghitung biaya pembuatan ruko minimalis 2 lantai agar nantinya anda dapat menghitung harga jual atau harga sewa ruko anda.

Baca Juga :  Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi, Mudah Kok!

MENUJU TOPIK

Perhitungan Biaya Pembuatan Ruko Minimalis 2 Lantai

Hingga saat ini memang tidak terdapat ukuran standar atau ukuran baku yang ditetapkan dalam pembuatan bangunan. Sama halnya dalam pembuatan ruko atau toko. Terdapat banyak faktor penentu biaya dalam pembuatannya. Mulai dari luas lahan yang dimiliki, harga bahan bangunan yang dibutuhkan, biaya upah pekerja, dan lain sebagainya.

Bagi anda yang akan membangun ruko minimalis 2 lantai, di bawah ini beberapa estimasi biaya yang dapat anda perhitungkan.

Sesuai dengan pengamatan para ahli, biaya desain ruko dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas x 3.500.000. Desain ini hanya berlaku pada ruko kosong tanpa adanya furniture serta memiliki satu toilet pada wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga :  6 Cara Memulai Bisnis Thrift Shop, Dijamin Laku Keras

Selain itu juga, desain ini banyak digunakan oleh para provider untuk diterapkan pada jenis ruko dengan harga sewa per bulan yang berada di kota-kota besar.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Ruko Minimalis 2 Lantai

Sebelum membuat desain ruko, hal yang perlu anda perhatikan adalah luas dan bentuk lahan, jumlah unit ruko yang akan didirikan, dan luas masing-masing ruko. Sedangkan ruangan yang wajib dimiliki dalam satu unit ruko antara lain ruang usaha, kamar mandi, dapur, serta satu atau dua ruang yang tertutup. Desain ruko minimalis juga perlu mempertimbangkan adanya luas tempat parkir yang digunakan sebagai fasilitas para pelanggan dari pelaku usaha.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Properti Mudah Tanpa Modal

Unit ruko yang terletak pada lokasi yang kurang strategis seperti kurang terlihat dari jalan berpengaruh terhadap harga jual yang lebih rendah. Berbanding terbalik dengan ruko yang terletak pada lokasi yang strategis, maka harga jualnya pun akan tinggi.

Cara menghitung biaya pembuatan ruko minimalis 2 lantai yaitu berdasarkan per meter persegi mendekati kebenaran. Diumpamakan, anda akan membangun ruko minimalis 2 lantai dengan panjang 10 meter dan lebar bangunan sebesar 6 meter.

Baca Juga :  Panduan Cara Membuat Contoh Iklan Rumah Kontrakan

Maka, biaya pembuatan ruko minimalis 2 lantai per meter persegi berdasarkan pengalaman serta ilmu pasti sebesar Rp 2 juta. Untuk mengetahui jumlah total biaya pembangunan ruko tersebut adalah dengan menghitung luas ruko dikalikan Rp 2 juta rupiah. Luas ruko dengan desain minimalis 2 lantai 10 meter x 6 meter x 2 lantai. Luas tersebut sebesar 120 meter persegi.

Biaya pembangunan ruko per meter persegi sebesar Rp 2 juta, maka modal yang diperlukan dalam pembuatan bangunan ruko minimalis 2 lantai dengan seluas 120 meter persegi sebesar 240 juta yang diperoleh dari penghitungan 120 meter persegi x 2 juta. Demikianlah gambaran kasar mengenai penghitungan biaya modal membangun ruko minimalis 2 lantai.

Baca Juga :  Perhitungan Bisnis Telur Ayam, Cocok Dijadikan Acuan untuk Pebisnis Pemula

Perhitungan biaya pembuatan ruko minimalis 2 lantai diatas sebenarnya bukan perhitungan yang pasti, hal tersebut hanya perhitungan gambaran saja. Hal ini dikarenakan perhitungan biaya dipengaruhi dengan kualitas bahan yang digunakan. Jika anda menggunakan bahan bangunan yang berkualitas baik, tentu biaya bangunan ruko akan menjadi lebih tinggi. Begitu pula penggunaan bahan bangunan kualitas rendah atau standar, maka biaya bangunan ruko anda juga akan relatif rendah pula.