asuransi barang mewah

Mengenal Asuransi Barang Mewah dan Urgensinya dalam Penjaminan Aset

Mempunyai barang mewah berupa perhiasan, fashion branded, mobil, atau lainnya barangkali bisa memberikan prestise yang besar bagi seseorang. Namun sayangnya, terkadang hal ini seperti pisau bermata dua yang sekaligus bisa mengantar pemilik keambang kerugian, akibat kerusakan, kehilangan, dan semacamnya. Karenanya, untuk mengantisipasi pemilik perlu mengikuti asuransi barang mewah sebagai proteksi.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan asuransi barang mewah ini? Dan apa saja urgensinya dalam kaitannya dengan penjaminan aset yang dipunyai seseorang? Agar tidak merasa bingung dan penasaran, maka sebaiknya ikuti penjabaran yang disajikan ini dengan seksama! Lantaran di sini, akan dijabarkan secara rinci mengenai layanan asuransi dan urgensinya, sebagai berikut:

Mengenal Asuransi Barang Mewah

Secara sederhana jenis asuransi untuk barang mewah merupakan sebuah program penjaminan yang ditujukan bagi orang yang punya koleksi benda berharga. Program ini akan memberikan perlindungan maksimal kepada barang yang ditanggung di dalamnya, sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan. Misalkan jaminan atas berbagai jenis kerusakan, resiko kehilangan, kebakaran, hingga aneka kondisi lainnya.

Biasanya jenis asuransi ini kerap dimanfaatkan oleh kalangan yang mempunyai benda-benda berharga fantastis. Mulai dari yang banderolnya puluhan jutaan, ratusan, atau bahkan di kisaran miliaran rupiah. Sebut saja di antaranya mobil mewah, properti mahal, aksesoris seperti jam tangan dan perhiasan berlian, bahkan hingga produk fashion seperti tas dan semacamnya.

Urgensi Asuransi dalam Penjaminan Aset Seseorang

Asuransi untuk barang mewah diyakini mempunyai banyak kelebihan yang membuatnya dipilih oleh banyak orang. Di antara semua kelebihan itu, yang paling dirasa mempunyai urgensi dan membuat pemilik harus segera mendaftarkan asetnya adalah:

1. Dapat Menciptakan Rasa Aman pada Pemilik

Hal pertama yang menjadikan pemilik tergiur untuk mendaftarkan asetnya pada program asuransi adalah karena mampu memberikan rasa aman. Lantaran, pada dasarnya ketika seseorang memiliki barang mewah maka harus siap dengan resikonya. Seperti kehilangan, kebakaran, kerusakan atau lainnya. Di sinilah asuransi berperan dalam memberi rasa aman pada pemilik atas resiko tersebut.

2. Bisa Memberikan Perlindungan yang Optimal

Ketika mengikutkan barang mewah yang dimiliki ke program asuransi maka pemilik akan mendapatkan layanan dan perlindungan dalam jangka panjang yang disepakati. Sehingga sederhananya, penjagaan atas barang mewah tersebut tidak hanya dilakukan oleh pemilik sendiri. Namun pihak asuransi pun turut serta, sehingga sebenarnya cukup meringankan sang pemilik dalam hal pengawasan asetnya.

3. Biaya Asuransi yang Terbilang Terjangkau dari Nilai Aset

Ketiga, aspek yang kerap dijadikan sebagai pertimbangan utama bagi pemilik barang mewah untuk mendaftarkan asetnya adalah biaya. Jika hal ini dibandingkan dengan nilai aset barang mewah yang dimiliki secara keseluruhan, maka biaya asuransi sangat terjangkau. Lantaran, secara umum nominalnya rata-rata kurang dari 1% dari nilai aset, sehingga terbilang aman di kantong.

4. Ada Jaminan Penggantian Atas Resiko

Lalu, keempat, hal yang lebih menarik adalah beberapa asuransi bahkan memberikan jaminan penuh atas aset yang didaftarkan. Umumnya jenis layanan ini dikenal publik dengan nama All Risk. Tentunya dengan layanan ini, sangat memungkinkan bagi pemilik barang mewah untuk memperoleh penggantian atas aset yang hilang atau rusak, dengan ketentuan khusus.

Jika ditelaah, sebenarnya asuransi memiliki fungsi laten dalam menjaga stabilitas ekonomi yang dimiliki oleh pemilik dalam jangka panjang. Karena, barang mewah mempunyai kisaran harga yang fantastis. Bayangkan saja, jika itu mengalami kerusakan, hilang, atau terkena resiko yang lainnya, tentu dapat sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi pemiliknya. Jika ini dicover asuransi, maka hal itu tidak perlu dirisaukan!

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Penyakit Kritis Terbaik 2021

Demikianlah informasi penting yang dapat diterangkan mengenai asuransi barang mewah berserta urgensinya dalam penjaminan aset yang dimiliki oleh seseorang. Mengingat keberadaan barang mewah tersebut seperti pisau bermata dua, yang dapat mendatangkan prestise dan juga resiko sekaligus, maka mendaftarkannya pada asuransi sangat dianjurkan. Agar pemilik bisa lebih tenang atas barang mewahnya!