Cara Melihat Fundamental Crypto untuk Investor Pemula

Selama beberapa tahun terakhir popularitas cryptocurrency kian meningkat. Untuk pemula atau orang awam yang tertarik berinvestasi maka wajib mengetahui cara melihat fundamental crypto. Perlu diketahui, cara analisis fundamental pada crypto ini sebenarnya tergolong mudah dan tidak berbeda jauh dengan saham. Bagi yang penasaran terkait analisis fundamental pada cryptocurrency, ikuti terus pembahasan serta caranya  di bawah ini.

Apa Itu Analisis Fundamental?

Jika didefinisikan secara umum, analisis fundamental merupakan penyelidikan yang digunakan untuk mengetahui nilai dari suatu objek seperti bisnis, aset, dan lainnya. Tentu analisanya dengan mengacu pada banyak faktor baik internal maupun eksternal.

Target utama dari analisis fundamental pada crypto yakni untuk menentukan nilai wajar suatu aset. Informasi fundamental juga bisa digunakan sebagai strategi bagi para investor dan trader untuk masuk atau keluar dalam suatu instrumen investasi.

Cara Melihat Fundamental Crypto

Ada banyak cara yang bisa diperhatikan oleh para trader dan investor ketika ingin melihat fundamental suatu mata uang digital (cryptocurrency). Nah, beberapa di antaranya yakni mengamati keamanan, likuiditas, volume, tim pengembang, whitepapper, dan proyek yang dikembangkan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan dan cara-caranya di bawah ini.

1. Amati Keamanan

Perhatikan bagaimana sistem keamanan pada sebuah blockchain. Seharusnya blockchain memberikan kemudahan kepada pengembangan ekonomi dan teknologi dengan disertai sistem keamanan yang kuat. Sebab, sistem keamanan yang kuat bisa berpengaruh juga pada fundamental suatu aset crypto.

Selain faktor keamanan perhatikan juga bagaimana pengelolaannya. Sebab aset crypto ini tidak berkaitan dengan sekuritas dan tanpa bergantung pada satu pihak saja. Crypto ini bersifat desentralisasi (tidak ada perantara), di mana pemilik aset tidak bergantung pada developer, penerbit, atau apapun.

2. Perhatikan Liquiditas & Volume

Definisi singkatnya, likuiditas itu berkaitan dengan seberapa mudah suatu aset bisa ditransaksikan. Aset yang likuid tidak mempunyai kendala ketika ingin dijual. Ini tentu berkaitan pula dengan permintaan dan tawaran. Intinya, semakin banyak jumlah permintaan akan membuat aset crypto menjadi mudah untuk dijual.

Sedangkan volume perdagangan merupakan keterangan yang bisa membantu dalam menentukan likuiditas. Volume berkaitan dengan seberapa banyak transaksi jual beli dalam suatu periode. Likuiditas pun bisa membantu para investor dan trader dalam melihat minat pasar serta fundamental suatu aset crypto.

3. Cermati Komunitas atau Tim Pengembangnya

Salah satu sebab yang membuat crypto bertahan yakni komunitas atau tim pengembangnya yang kuat dan mempunyai investor yang setia. Ini merupakan aspek yang penting sebab bisa berkaitan dengan keberlangsungan aset crypto itu sendiri.

Rekam jejak para anggota yang ada pada tim pengembang juga perlu diketahui. Crypto yang bisa bertahan tentu mempunyai anggota yang sangat andal. Mulai dari pengalaman, keahlian, hingga keterampilan. Itu semua sangat diperlukan untuk mewujudkan proyek.

4. Baca Informasi pada Whitepaper

Cara melihat fundamental crypto yang selanjutnya yakni melalui whitepaper. Dokumen ini berisi uraian mengenai pengembangan proyek ke depannya. Whitepaper ini wajib dibaca sebelum berinvestasi di pasar crypto.

Di dalam buku putih ini terdapat informasi mengenai tujuan, proyek, roadmap, skema suplai, fitur baru, distribusi koin, token, dan lain-lain. Whitepaper ini sangat disarankan untuk dikaji bagi pemula atau orang yang ingin masuk dalam dunia crypto, sebagai bekal dalam berinvestasi.

5. Teliti Proyek Yang Dikembangkan

Investor harus cermat dalam melihat proyek yang dibuat oleh para pengembang aset crypto. Sebab ini akan berpengaruh pada prospek ke depannya. Contoh proyek yang bagus pada crypto yakni berupa token listrik.

Lihat apakah proyek yang ditawarkan tersebut bisa memberikan solusi dan berdampak besar terutama dari segi ekonomi ataukah sebaliknya. Proyek yang bagus tentu memiliki nilai guna dan bisa berdampak bagi semua bidang.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Kerugian Crypto untuk Investor Pemula

Itulah uraian terkait cara melihat fundamental crypto yang penting khususnya bagi investor pemula. Hanya investor dengan strategi terbaik yang kemungkinan besar bisa berhasil. Jadi, pastikan para investor crypto mempunyai bekal berupa ilmu, pengetahuan, serta wawasan dalam berinvestasi, termasuk teknik fundamental di atas!

yang di cari pengunjung https://www asetpintar com/2715/cara-melihat-fundamental-crypto html