tips menghindari kerugian crypto

5 Tips Menghindari Kerugian Crypto untuk Investor Pemula

Investasi kini menjadi trend tersendiri karena dinilai mampu memberikan keuntungan bagi pemegangnya. Salah satu aset yang banyak dilirik untuk berinvestasi yakni Crypto karena dinilai bisa memberikan laba hingga jutaan rupiah. Namun, tidak jarang pemilik aset Crypto juga mengalami kerugian karena kurang berhati-hati.

5 Tips Menghindari Kerugian Crypto untuk Pemula

Oleh karena itu, coba tips menghindari kerugian Crypto untuk investasi lancar dan menguntungkan berikut ini:

1. Cari Platform Investasi yang Credible

Semakin banyaknya peminat investasi Crypto, semakin banyak pula platform yang diciptakan dan menjadi wadah para peminat Crypto. Sebaiknya sebelum menentukan pilihan akan investasi Crypto di platform mana pastikan kredibilitas dari platform tersebut. Hal ini perlu dilakukan terutama bagi investor pemula yang masih awam soal investasi.

Perlu diketahui bahwa Crypto jika sudah untung akan sangat besar dan jika rugi juga rugi besar. Banyak platform investasi yang menggiurkan dengan iming-iming keuntungan besar. Namun jika tidak berhati-hati, hanya akan menimbulkan harapan palsu. Oleh sebab itu, sebelum memilih platform investasi perlu memperhatikan fundamental dan kredibilitasnya agar tidak terjebak dengan kerugian.

2. Sebaiknya Jangan Terburu-buru Membeli Investasi

Sebelum memutuskan berinvestasi sebaiknya jangan terburu-buru untuk memilih platform investasi atau terburu-buru membeli aset. Masalah tersebut biasa terjadi pada inevestor pemula yang hanya melihat investasi dari sisi keuntungannya saja, sehingga berani untuk langsung membeli aset. Namun, yang namanya investasi juga tidak lepas dari kerugian yang menjadi risiko utamanya.

Termasuk pada aset Crypto yang juga tidak lepas dari risiko kerugian besar, jika tidak dianalisis dengan baik. Tips menghindari kerugian Crypto yakni tidak terburu-buru untuk membeli aset meskipun harganya sedang turun, dengan harapan harga jual lebih tinggi. Karena hal ini bukanlah patokan untuk menghindari kerugian.

3. Lakukan Riset Riwayat Harga

Sebelum membeli aset Crypto perlu dilakukan riset harga terlebih dahulu agar terhindar dari kerugian besar. Sebaiknya pelajari situs-situs resmi yang membahas Crypto. Di sana akan tersaji informasi riwayat harga Crypto yang menjadi perbincangan hangat para investor Crypto. Sebaiknya pilih pula situs yang direkomendasikan untuk melakukan riset Crypto yakni yang resmi dan diawasi oleh BAPPEBTI.

4. Perhatikan Harga Fluktuatif

Crypto layaknya mata uang dengan nilai yang fluktuatif atau naik turun. Jadi tips menghindari kerugian Crypto yakni harus memperhatikan fluktuasi nilainya. Dalam Crypto istilah fluktuasi juga disebut dengan volatilitas. Volatilitas harga Crypto memiliki perbandingan yang signifikan antara kenaikan harga dan penurunan harganya.

Pada volatilitas harga Crypto inilah yang sering terjadi kenaikan dan penurunan harga secara signifikan sehingga harus dipantau dan diwaspadai. Jika tidak, maka bisa terjadi kerugian besar secara tiba-tiba. Risiko tersebut terjadi biasanya pada kebanyakan orang yang membeli banyak aset dengan harapan segera mendapatkan keuntungan.

5. Investasikan pada Aset Berbeda

Keuntungan investasi bisa datang dari mana saja terutama jika berani mencoba untuk melakukan investasi pada aset Crypto yang lain. Cobalah untuk menganalisa harga berbagai aset Crypto yang ingin dibeli. Carilah aset Crypto dengan keuntungan jangka panjang untuk menghindari risiko volatilitas harga.

Tips ini cocok untuk pemula atau yang sudah memulai investasi aset Crypto untuk menghindari kerugian. Jadi tidak hanya memiliki satu aset, tetapi juga beberapa aset lain yang bisa jadi andalan. Aset lain inilah yang akan diandalkan jika satu aset mengalami volatilitas sehingga investor tidak sampai kehilangan harapan.

Baca Juga: Cara Nambang Crypto Tanpa Listrik Besar Secara Praktis

Crypto memang banyak dilirik belakangan ini, baik oleh para pelaku investasi senior maupun bagi pemula yang ingin mencoba berinvestasi. Meski dengan segenap risiko investasi yang ada, memang tidak ada salahnya untuk berani mencobaanya. Namun ingatlah untuk menggunakan tips menghindari kerugian Crypto tadi untuk meminimalkan resiko yang bisa saja terjadi!