Cara daftar asuransi mobil

7 Cara Daftar Asuransi Mobil Paling Mudah dan Cepat

Bagi pemilik mobil sudah seharusnya untuk mendaftarkan kendaraannya ke perusahaan asuransi. Dengan begitu mobil bisa dapat perlindungan dari banyak resiko yang mungkin terjadi. Lagipula cara daftar asuransi mobil tidak seberapa sulit.

Pemilik mobil hanya perlu mengetahui dengan teliti terkait prosedur pendaftaran yang benar. Bagi yang penasaran bagaimana cara daftar asuransi mobil termudah, berikut informasi selengkapnya:

1. Pahami Tentang Asuransi Kendaraan Khususnya Mobil

Sebelum daftar asuransi mobil, ada baiknya pahami dengan benar informasi terkait hal tersebut. Mulai dari apa saja manfaat kepemilikan polis asuransi mobil, sampai kekurangannya. Calon pendaftar juga perlu mencari tahu tentang sejumlah biaya yang perlu ditanggung.

Mengetahui beberapa informasi di atas bukannya tidak diperlukan. Dengan memahami dengan benar tentang asuransi mobil paling tidak akan memberikan sedikit bayangan. Sehingga lebih yakin untuk segera mengasuransikan mobil yang dimiliki.

2. Pilih Salah Satu Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik

Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan perusahaan asuransi mobil. Calon pendaftar mungkin saja bingung untuk memilihnya. Cara menentukan perusahaan asuransi yang tepat adalah melakukan perbandingan. Pastinya setiap perusahaan asuransi menawarkan kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Coba pilih dari sekian perusahaan tersebut mana yang dirasa paling menguntungkan dan tak memberatkan. Jangan lupa juga untuk memastikan jika perusahaan asuransi mobil tersebut telah terdaftar di OJK supaya lebih terpercaya.

3. Ketahui Informasi Terkait Jenis-jenis Asuransi Kendaraan

Langkah selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan perusahaan asuransi. Pada umumnya asuransi mobil yang ditawarkan ada 2 jenis yaitu comprehensive (all risk) dan total lost only. Keduanya jelas punya perbedaan sendiri-sendiri. Perbedaan paling menonjol adalah terkait jumlah premi yang dibayarkan.

Calon pendaftar asuransi mobil boleh memilih salah satunya dengan memperhitungkan kemampuan finansial. Selain itu lingkungan tempat tinggal pun bisa dipakai bahan pertimbangan. Jika kebetulan tinggal di daerah perkotaan, padat penduduk, dan sering dilanda kemacetan, maka asuransi all risk lebih direkomendasikan.

4. Segera Lengkapi Dokumen Pendaftaran

Langkah dari cara daftar asuransi mobil selanjutnya yaitu segera melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. Biasanya dokumen yang dibutuhkan ini tidak jauh berbeda di perusahaan asuransi mobil satu dengan yang lainnya. Dokumen yang dimaksud seperti fotokopi STNK dan identitas diri.

Selain itu dokumen asli seperti SIM, KITAS untuk WNA, serta NPWP dan SIUP juga perlu disiapkan. Tidak hanya dokumen tersebut, calon pendaftar juga diharuskan untuk mengisi formulir yang nantinya akan diserahkan pada pihak perusahaan asuransi.

5. Biarkan Petugas Asuransi Melakukan Survey

Selanjutnya biarkan pihak perusahaan asuransi melakukan proses survey. Langkah ini dilakukan sebelum pengajuan asuransi pendaftar tadi diproses. Proses survey tersebut nanti akan menghasilkan laporan hasil survey.

Survey juga harus dilalui oleh pemilik kendaraan baru. Caranya dengan menunjukkan bukti serah terima kendaraan pada petugas survey.

6. Pembuatan Polis

Saat tahap satu hingga kelima sudah berhasil dilewati maka selanjutnya adalah pihak asuransi akan memproses pembuatan polis. Masing-masing perusahaan asuransi menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. Maka jangan lupa untuk membuat kesepakatan dahulu dengan pihak perusahaan asuransi yang dipilih.

Polis asuransi ini juga harus ditandatangani oleh pendaftar. Biasanya berkas dokumen asuransi akan dikirimkan langsung ke alamat pengguna. Jadi tidak perlu repot-repot pergi ke perusahaan asuransi mobil.

7. Membayar Premi

Polis sudah jadi, selanjutnya hanya tinggal lakukan pembayaran premi. Jumlah nominalnya sesuai dengan yang tertera pada polis. Cara bayar premi ini ada 2 langkah. Pertama bisa langsung datang ke perusahaan asuransinya atau melalui transfer bank.

Bagi pemegang polis, bukan berarti bisa menggunakan kendaraannya dengan ugal-ugalan. Tetap patuhi rambu lalu lintas. Pasalnya pihak asuransi mobil tidak akan menanggung kerugian yang disebabkan oleh tindak pelanggaran hukum.

Itu tadi ada 7 cara daftar asuransi mobil paling mudah. Jika diperhatikan setiap langkahnya tidak terlalu sulit untuk dijalankan bukan? Oleh sebab itu tidak perlu menunggu lama lagi, segera daftarkan mobil pada asuransi sehingga lebih terlindungi.

yang di cari pengunjung cara daftar asuransi mobil all risk
Baca Juga :  3 Cara Praktis Pembayaran Polis Prudential yang Mudah Dilakukan